Beternak Itik Tanpa Air

- Juli 08, 2017

Beternak Itik Tanpa Air

 

Pada biasanya, ternak itik yng selama ini kita lihat di lakukan secara tradisional oleh para peternak. Itik digembalakan ketempat-tempat sumber pakan semisal sawah-sawah yng baru saja panen, ke sungai, situ ataupun danau secara berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari pakan serta melangsungkan perkawinan. Tentu saja yang dengannya tips ini biaya yng dikeluarkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan pakan memanglah kecil namun butuh waktu serta tenaga banyak sekali. Kondisi akan makin susah andai suatu daerah telah susah mencari sumber pakan, tak ada jalan lain kecuali membawa itik-itik ke tempat yng ada pakan. Maka tak heran kadang- kadang kita jumpai itik di angkut mempergunakan kendaraan beroda empat lantas di tempatkan serta dibuatkan sangkar sementara di sawah-sawah yng habis panen.
Kondisi yang telah di sebutkan tentunya tak efektif, selain memerlukan curahan tenaga serta waktu yng tidak sedikit, produktivitasnya pula tak stabil sesuai jenis pakan yng ada serta lantaran itik stress lantaran pergantian pakan yng terlalu Suka ataupun stress pada tatkala transportasi mencari sumber pakan serta menyesuaikan yang dengannya kondisi lingkungan yng baru.
Satu dari sekian banyaknya metode bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi banyak sekali masalah yang telah di sebutkan merupakan yang dengannya memelihara itik secara intensif ataupun yng biasa dikenal yang dengannya system beternak itik tanpa air. Maksudnya merupakan bukanya itik tak diberi air percis sekali akan tetapi penggunaan air sangatlah dibatasi. Air cuma dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebutuhan air minum, mencampur pakan, membersihkan sangkar, disiinfeksi sangkar ataupun disediakan secara dibatasi pada kolam yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk kawin pada pemeliharaan itik bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan menghasilkan telur tetas.
Beda halnya yang dengannya itik yng dipelihara bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan menghasilkan telur tetas, itik yng dipelihara cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasikan telur konsumsi taklah memerlukan kolam air bagi atau bisa juga dikatakan untuk kawin serta tak memerlukan itik pejantan lantaran tujuannya merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh telur infertil (tak dibuahi). Disamping itu, system ini pula Amat cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemeliharaan itik pejantan (pembesaran) ataupun ternak itik yng dipelihara khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan daging.

Satu dari sekian banyaknya model sangkar itik. Dikandangkan tanpa ada kolam air
Pemeliharaan itik tanpa air di lakukan yang dengannya mengandangkan itik selama pemeliharaan (tak diumbar). Pakan disediakan oleh peternak di dalam sangkar yang dengannya kandungan yng diformulasikan sesuai kebutuhan itik serta tujuan produksinya, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan telur ataupun daging. Yang dengannya demikian, biaya yng dikeluarkan peternak pula lebih besar, akan tetapi hasil nya pun sebanding yang dengannya biaya yng dikeluarkan lantaran adanya peningkatan produktivitas itik. Menjadi perbandingan, didasari hasil penelitian itik yng dipelihara secara tradisional bisa menghasilkan telur 130 butir/ekor/tahun sedangkan itik yng dipelihara secara intensif (tanpa air) bisa menghasilkan 200-250 butir/ekor/tahun.
Pertimbangan ekonomis lainya merupakan yang dengannya pemeliharaan secara intensif maka bisa menghemat waktu serta tenaga. Seorang peternak yang dengannya system penggembalaan cuma bisa atau mampu merawat/mengawasi paling banya 100 ekor itik, sedangkan system intensif seorang peternak bisa merawat 1000 ekor malah lebih andai benar-benar murni intensif dimana itik dikandangkan semisal halnya ayam ras petelur yakni yang dengannya system batre. Ferry Tamalluddin 12:56 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2014/11/beternak-itik-tanpa-air.html.

Seputar Beternak Itik Tanpa Air

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Beternak Itik Tanpa Air