Mengenal Ciri-ciri Kambing Kejobong

- Juli 13, 2017

Mengenal Ciri-ciri Kambing Kejobong

 
Ciri-ciri Kambing Kejobong - Kambing Kejobong merupakan satu dari sekian banyaknya jeniskambing lokal yng ada di Kabupaten Purbalingga Jawa Sedang. Asal kambing kejobong ini belum diketahui secara pasti dimana asalmulanya. Akan tetapi tidak sedikit para peternak berpendapat bahwasanya Kambing jenis kejobong merupakan hasil persilangan Kambing PE (Peranakan Ettawa) yang dengannya kambing kacang. Kambing ini memiliki bentuk tubuh bulat disertai tingkat pertumbuhan relatif lebih cepat. Kambing kejobong dipilih oleh pternak serta dipertahankan dari generasi ke generasi. Akhirnya, kambing kejobong ini memiliki warna mayoritas hitam. Oleh karena itu, kambing ini tidak jarang disebut menjadi kambing kejobong hitam. Bagi kamu yng akan berternak kambing kejobong, silahkan perhatikan ciri-ciri kambing kejobong ini.

Mengenal Ciri-ciri Kambing Kejobong


Karakteristik Roman Nose kambing yng ada di Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga yng Amat ketara merupakan berbentuk cembung (98,83 %). Barangkali lantaran hal tersebutlah menunjukan bahwasanya kambing local Kejobong memiliki karakteristik profil muka hampir mirip semisal kambing PE.

Karakteristik Kambing Kejobong

Kambing Kejobong
Kambing Kejobong
Didasari sumber yng kami peroleh di Purbalingga kambing kejobong ini telah tidak sedikit terdapat di wilayah Kecamatan Kejobong serta Kecamatan Pengadegan. Pendapat dari Data yng di ambil Akhmad sodiq tahun 2009, Total populasi kambing kejobong di wilayah Kecamatan Kejobongsetidaknya ada 15.317 ekor. Tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk peternakan kambing tersebar diseluruh desa (13 desa). Populasi kambing terbesar ada pada Desa Langgar sebesar 3.280 ekor (21,41%), diikuti Nangkod setidaknya ada 1.575 (10,28%) dan Kedarpan tidak lebih lebih 1.425 ekor (9,30%).
Andaikan ditinjau dari sudut pemeliharaannya, kambing lokal semisal kambing khas Kejobong tidak sedikit dipelihara serta diternakan secara tradisional yang dengannya manajemen pemeliharaan yng simpel jadi kualitas produksinya Amat beragam. Pertumbuhan dan produksi karkas tak cuma dipengaruhi oleh manajemen pemeliharaan pula dipengaruhi oleh bangsa ternak, besar kecilnya ukuran tubuh, umur ternak, bobot pada tatkala dipotong, pula kondisi tubuh yang telah di sebutkan.

Tanda serta Karakteristik Kambing Kejobong


Ukuran Tubuh
Ukuran Tubuh Kambing Kejobong lokal Kejobong secara umum lebih besar dibandingkan ukuran-ukuran tubuh kambing Kacang akan tetapi dibawah ukuran-ukuran tubuh kambing Peranakan Etawah (PE)
Pola Warna
Warna hitam merupakan warna mayoritas pada kambing kejobong. Urutan warna kambing pada peternak kelompok yakni hitam, hitam putih, coklat, hitam coklat, hitam putih coklat, putih coklat dan putih, sedangkan pada peternak individu merupakan hitam, hitam putih, hitam coklat, coklat, hitam putih coklat, putih dan putih coklat. Warna yng unik pada kambing Kejobong merupakan warna hitam yang dengannya belang putih diperutnya warga kejobong menyebutnya yang dengannya kambing kendik, pendapat dari para peternak tipe kambing ini Amat disukai dan tidak sedikit peminatnya serta tidak sedikit dicari bagi atau bisa juga dikatakan untuk kepentingan spiritual ataupun budaya istiadat.
Bobot Lahir
Rata-rata bobot lahir bagi atau bisa juga dikatakan untuk peternak kelompok mencapai 2,814 kg sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk peternak individu cuma mencapai 2,335 kg cuma ada selisih sekitar 0,479 kg, pengertiannya pemeliharaan peternak kelompok dan individu lebih besar peternak kelompok. Hal yang telah di sebutkan memanglah wajar lantaran bisa di pengaruhi oleh manajemen pemeliharaannya.
Bobot Sapih
Rata-rata bobot sapih bagi atau bisa juga dikatakan untuk peternak kelompok mencapai 16,141 kg sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk peternak individu cuma mencapai 14,080 kg ada selisih cukup signifikan yakni 2,061 Kg, dari hasil ini maka bisa disimpulkan bahwasanya peternak kelomok lebih baik dalam pola pemeliharaan kambing kejobong.
Bertahan Hidup
Bertahan hidup ataupun Suka disebut survival rate pada peternak kelompok memiliki nilai rata-rata 92,00% sedangkan pada peternak individu 76,63% terbisa selisih 12,37%.
Demikian berita menegnai " Mengenal Ciri-ciri Kambing Kejebong " yng bisa kami sampaikan. tidak lebih lebihnya mohon maaf. Mudah-mudahan memberikan manfaat bagi kita seluruh. Salam Peternak Indonesia. FS 11:01 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2017/03/mengenal-ciri-ciri-kambing-kejobong.html.

Seputar Mengenal Ciri-ciri Kambing Kejobong

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Mengenal Ciri-ciri Kambing Kejobong