PETERNAKAN SAPI POTONG, TIPS CEPAT DAN TEPAT MENAKSIR BOBOT SAPI POTONG

- September 11, 2017

PETERNAKAN SAPI POTONG, TIPS CEPAT DAN TEPAT MENAKSIR BOBOT SAPI POTONG

 
Pengukuran Lingkar Dada
Idealnya andai kita ingin membeli sapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan penggemukan ataupun dipotong, maka sebaiknya sapi ditimbang menjadikan menentukan harganya lantaran tinggal mengalikannya yang dengannya harga bobot hidup per kg yng berlaku tatkala itu. Akan tetapi, seringkali berlangsung di lapangan proses jual beli sapi potong taklah mempergunakan timbangan akan tetapi yang dengannya taksiran bobot badan. Apalagi tatkala menjelang hari raya Idul Adha ataupun Hari Raya Qurban tidak sedikit pedagang sapi di pingir-pingir jalan tak menyediakan timbangan ternak menjadikan bagi yng tak terbiasa membeli sapi mampu saja terkecoh membeli sapi terlalu tidak murah.
Pengetahuan menaksir bobot badan sapi pula butuh diketahui peternak, jangan hingga seusai menghabiskan waktu cukup lama bagi atau bisa juga dikatakan untuk memelihara sapi diluar dugaan tatkala dijual tak memperoleh untung lantaran menjual sapi terlalu yang dengannya harga rendah lantaran terkecoh “provokasi” bandar, tengkulak sapi ataupun pembeli yng lebih tau mengenai bobot sapi. Yang dengannya demikian pengetahuan menaksir bobot sapi, karkas serta daging butuh diketahui.
Tips gampang menaksir bobot sapi sangatlah gampang, cuma dibutuhkan tali serta kalkulator (mampu mempergunakan HP yng ada fasilitas kalkulatornya). Bobot sapi, berikut karkas (potongan daging tulang) serta malah dagingnya mampu ditentukan yang dengannya cepat.
Lingkar dada diperoleh yang dengannya melingkarkan seutas tali di belakang gumba melalui belakang belikat. Sementara panjang badan diukur dari bahu sampai-sampai penonjolan tulang duduk. Yang dengannya memperhatikan volume organ kepala, kaki, ekor, serta massa jenis daging ataupun jeroan bakal diperoleh pendekatan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan berat hewan sebetulnya.
Ada beberapa metode menentukan bobot badan ternak, yakni: 1. Rumus Schoorl, yakni Bobot Badan (kg) = dikuadratkan dibagi 100. 2. Rumus Winter, yaitu Bobot Badan (lbs) = dibagi 300. 3. Rumus Lambourne, yaitu Bobot Badan (kg) = dibagi 10840.
Didasari beberapa penelitian, rumus Winter serta Lambourne lebih mendekati berat real sapi sebetulnya yang dengannya tingkat kesalahan di bawah 10 %. Sedangkan rumus Schoorl tingkat kesalahannya mencapai 22,3 %.
Ilustrasi Pengukuran Pada Sapi
Perbedaan perhitungan berat pada mahluk hidup merupakan hal yng Amat wajar, lantaran bobot hewan Amat dipengaruhi situasi serta kondisi lingkungan, yaitu gelisah (stress), transportasi/pengangkutan, habis makan, tidak sedikit minum ataupun baru Buang feses, serta jenis sapi. Hewan yng ditimbang sekalipun, akibat tidak baik perlakuan serta pengangkutan bisa memicu susut tubuh 5-10%.
Yang dengannya mendapatkan angka taksiran bobot hidup, maka persentase karkas serta daging bisa segera diketahui. Karkas sapi berkisar 47-57 % dari bobot hidupnya serta daging 75 % dari karkas. Karkas merupakan potongan daging tulang tanpa kepala, kaki, kulit serta jeroan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk ternak lain semisal domba pula bisa dihitung yang dengannya tips ini. Domba persentase karkasnya sekitar 45 % serta dagingnya 75 % dari karkas.
Perhitungan ini Amat diharapkan lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan pengadaan hewan kurban menjadikan bisa memperkirakan jumlah daging dibandingkan jumlah mustahik (penerima daging qurban). Ataupun bagi pedagang serta peternak pula bisa dijadikan perbandingan harga apakah hewan yng dibeli terlalu tidak murah ataupun tak dibanding harga pasaran.
Cek Harga Sapi Hari Ini :
  • Harga Daging Sapi Hari Ini
  • Harga Sapi Limousin
  • Harga Sapi Simental
  • Harga Pedet Sapi Simental
  • Harga Sapi Brhman
Ferry Tamalluddin 4:22 PM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2015/01/peternakan-sapi-potong-tips-cepat-dan.html.

Seputar PETERNAKAN SAPI POTONG, TIPS CEPAT DAN TEPAT MENAKSIR BOBOT SAPI POTONG

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain PETERNAKAN SAPI POTONG, TIPS CEPAT DAN TEPAT MENAKSIR BOBOT SAPI POTONG