Cara Membuat Microorganisme Lokal (MOL) Dengan Bonggol Pisang

- Juli 03, 2017

Cara Membuat Microorganisme Lokal (MOL) Dengan Bonggol Pisang

 
Ternak Pertama - Cara Membuat Microorganisme Lokal (MOL) - Sebetulnya Amat gampang membuat Microorganisme Lokal (MOL) sendiri, berhubung tidak sedikit yng kirim email bagi atau bisa juga dikatakan untuk memposting tatacara pembuatan Mol yang dengannya Bonggol pisang ke ternakpertama.com ahirnya kami hari ini menulis tulisan atau artikel perihal Cara Membuat Microorganisme Lokal (MOL) Dengan Bongol Pisang. Semisal yng telah kami katakan diawal, Cara membuat MO sebetulnya simpel serta kamu mampu lakukanya sendiri yang dengannya gampang. Sebelum kita membahas Bagaimana membuat MOL, sebaiknya kita Perlu mengetahui Apa itu Microorganisme Lokal ataupun yng biasa disingkat MOL ini. Mikroorganisme lokal (MOL) merupakan mikroorganisme yng umumnya dimanfaatkan menjadi starter dalam pembuatan pupuk organik padat ataupun pupuk cair. Bahan utama yng butuh kamu persiapkan antara lain karbohidrat, glukosa, serta sumber mikroorganisme.
Bahan dasar bagi atau bisa juga dikatakan untuk fermentasi larutan MOL yng akan kamu genakan mampu berasal dari hasil pertanian, perkebunan, ataupun limbah organik keluarga. Mikroorganisme Lokal mampu berasal dari bermacam-macam bahan lokal, antara lain urin sapi, batang pisang, daun gamal, buah-buahan, nasi basi, sampah keluarga, rebung bambu, serta rumput gajah serta mampu berperan dalam proses pengelolaan limbah ternak, baik limbah padat bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan kompos, serta limbah cair ternak bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan bio-urine (Sutari, 2010).
Karbohidrat menjadi sumber nutrisi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mikroorganisme mampu diperoleh dari limbah organik misalnya semisal air cucian beras, singkong, gandum, rumput gajah, serta daun gamal. Sumber glukosa berasal dari cairan gula merah, gula pasir, menjadi sumber energi, air kelapa serta urin sapi menjadi sumber mikroorganisme.
Cara Membuat Microorganisme Lokal (MOL) Dengan Bonggol Pisang
Misalkan semisal, Waktu fermentasi MOL bonggol pisang yng paling optimal pada fermentasi hari ke-7 serta hari ke-14. Mikroorganisme pada MOL cenderung akan mengalami penurunan seusai hari ke-14. Faktor ini berhubungan yang dengannya keterdapatan makanan dalam MOL. Proses fermentasi yng lama memicu cadangan makanan bakal berkurang karena akan dimanfaatkan oleh mikrobia di dalamnya (Suhastyo, 2011).

Cara Membuat Microorganisme Lokal ( MOL ) Simpel


Larutan MOL yng telah mengalami proses fermentasi mampu dipakai menjadi dekomposer serta pupuk cair bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah kesuburan tanah serta sumber unsur hara bagi pertumbuhan tanaman. Mikroorganisme merupakan mahluk hidup yng Amat kecil, mikroorganisme digolongkan ke dalam golongan protista yng terdiri dari bakteri, fungi, protozoa, serta algae (Darwis, 1992)
Sumber karbohidrat pembuatan MOL pada materi ini yakni yang dengannya memakai bonggol pisang memiliki kandungan gizi yng lumayan tinggi yang dengannya komposisi yng lengkap, memiliki kandungan karbohidrat (66%), memiliki kandungan kadar protein 4,35%, sumber mikroorganisme pengurai bahan organik ataupun dekomposer (Munadjim, 1983 dalam Ole 2013).
Jenis mikroorganisme yng telah diidentifikasi pada MOL bonggol pisang antara lain Bacillus sp., Aeromonas sp., Aspergillus nigger, Azospirillium, Azotobacter. serta mikroba selulolitik. Mikroba ini dia yng biasa menguraikan bahan organik. Mikroba pada MOL bonggol pisang bakal bertindak menjadi dekomposer bahan organik yng akan dikomposkan penambahan urin sapi pada MOL dimanfaatkan menjadi sumber mikroorganisme, karena kotoran ternak memiliki kandungan mikroorganisme. Kotoran ternak sapi cair memiliki kandungan unsur hara yng lebih tinggi daripada kotoran ternak sapi padat (Wanapat, 2001).

Cara Membuat Microorganisme Lokal ( MOL ) Sendiri


Cara membuat Mol Simpel
Yang akan di sajikan kali ini merupakan Alat serta bahan yng butuh kamu persiapkan
Alat serta Bahan
  • Ember.
  • 5 kg bonggol pisang.
  • 1 kg gula merah atau juga tetes tebu.
  • 10 liter air kelapa.

Langkah-langkah Membuat Microorganisme Lokal MOL simpel :
  1. Bahan MOL (bonggol pisang) di tumbuk hingga halus lantas masukan pada ember.
  2. Campurkan gula merah yng telah kamu haluskan berlebi dulu.
  3. Tambahkan 10 liter air kelapa serta aduk hingga rata.
  4. Tutup yang dengannya kertas koran ataupun kamu mampu genakan bahan yng lain yng penting mampu rapat.
  5. Fermentasikan berjalan tidak lebih lebih selama14 hari. Selama proses fermentasi berjalan ini akan terbentuk gas, andai tekanan gas ini tidak mampu keluar maka mampu berlangsung ledakan. Menjadikan kamu mampu membuka penutup ember yang telah di sebutkan sebentar saja agar bisa gas yang telah di sebutkan mampu keluar.
Demikianlah tadi tulisan atau artikel singkat perihal Cara Membuat Microorganisme Lokal (MOL) Dengan Bonggol Pisang yang dengannya benar, mudah-mudahan memberikan manfaat bagi kamu seluruh. Salam Ternakpertama.com FS 9:36 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2016/10/cara-membuat-microorganisme-lokal-mol.html.

Seputar Cara Membuat Microorganisme Lokal (MOL) Dengan Bonggol Pisang

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Membuat Microorganisme Lokal (MOL) Dengan Bonggol Pisang