Obat Herbal Untuk Mengobati Penyakit Pada Kambing

- Agustus 06, 2017

Obat Herbal Untuk Mengobati Penyakit Pada Kambing

 
Ternak Pertama. Obat Herbal Untuk Kambing - Bagi peternak di pedesaan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati ternak yng sakit tentunya mengalami kesusahan, hal yang telah di sebutkan mampu berlangsung lantaran beternak di pedesaan jauh dari kota (toko obat) dan harga obat yng terlalu tidak murah menjadi masalah bagi para peternak.
Untuk menanggulangi masalah yang telah di sebutkan, kita menjadi peternak mebutuhkan solusi, tips yng mampu kita pakai di antaranya yang dengannya memakai obat tradisional ataupun obat herbal yng ada serta mampu di lakukan peternak serta harganyapun mampu disebut terjangkau. Akan tetapi bisnis pencegahan pula butuh kita lakukan yang dengannya melindungi kebersihan ternak serta lingkungannya, pemberian pakan yng cukup (yang dengannya memperhatikan kualitas serta kuantitas), bersih serta tidak beracun. Untuk menanggulangi beberapa penyakit yng Suka menyerang kambing kita mampu melakukan yang dengannya pengobatan tradisional ataupun yang dengannya mempergunakan obat herbal. Oleh lantaran itu di artikel ini ternak pertama akan menuliskan tulisan atau artikel wacana Obat Herbal Untuk Mengobati Penyakit Pada Kambing.
Obat Herbal Untuk Pengobatan Penyakit Kambing
Obat Herbal Untuk Mengobati Kambing Yng Stress
Menaikan stamina, daya tahan tubuh serta strees pada kambing penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk di awasi malah ditingkatkan. Ternak kambing yng habis dari perjalanan jauh, perubahan musim serta tetap dalam proses penyesuaian ataupun penyesuaian lingkungan baru kambing bakal mengalami penurunan stamina, daya tahan tubuh serta stress yng tinggi, jadi mampu memicu ternak kambing gampang terserang penyakit malah berdampak pada kematian.
Ciri Kambing Yng Stress: Kambing menjadi lesu serta tidak bergairah. Nafsu makan bertidak lebih malah hilang. Kambing terkesan tidak jarang duduk-duduk.
Pencegahan : Tempatkan kambing pada sangkar/tempat yng teduh. Hindari keramaian ataupun aktifitas kegiatan yng membuat ternak kaget. Memberikan pakan sesuai daerah asal (ramban yng sudah layu ± 3 jam).
Obat Herbal Yng mampu diberikan (Jamu) pada kambing Yng Stress :
  1. Larutkan gula merah ¼ kg dicampur asam jawa secukupnya. Jamu ini diberikan seusai kambing hingga di sangkar ataupun dari perjalanan jauh (pra droping), cuaca disekitar sangkar baik yng tidak lebih baik (terik panas/hujan) serta pada tatkala satu bulan pertama droping/adaptasi. Jamu ini diberikan 1 satu minggu satu kali serta dua hari berturut-turut beberapa saat seusai droping.
  2. Madu ¼ gelas dicampur yang dengannya kuning telur itik 1 butir. Berikan jamu ini yang dengannya tips diminumkan.
  3. Mampu pula Kambing di suntikkan neurobion / vit B komplek yng di jual di Apotek

Obat Herbal Untuk Menaikan Nafsu Makan Pada Kambing
Yang dengannya meningkatnya nafsu makan kambing maka produktifitasnya bakal meningkat serta ternak mampu terjaga stamina, daya tahan tubuh, strees serta penyakit. Untuk itu, upaya menambah nafsu makan Perlu selalu kita berikan. Adapun jamu yng mampu diberikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah nafsu makan antar lain :
  1. Daun talas 3 lembar serta garam dapur 3 sendok makan direbus selama 15 menit. Daun yng sudah matang diberika setiap ekor kambing.
  2. Kencur satu gelas yang dengannya takaran 1 ons, diparut serta dicampur kuning telur ayam 1 butir, Jamu ini diberikan setiap 3 hari sekali sampai-sampai kondisi makan kambing normal kembali.
  3. Daun buni, umbi lempuyang gajah serta terasi secukupnya ditumbuk sampai-sampai halus, lantas ditambah tidak banyak air matang. Ramuan ini diperas serta diambil sarinya serta airnya diberikan pada kambing.
  4. Mentimun 2 buah diparut, lantas dicampur garam dapur, asam jawa, terasi serta air secukupnya. Ramuan ini siap diberikan pada kambing bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu kali pemberian.
  5. Daun buni 5 lembar, lengkuas sebesar ibu jari, terasi serta garam dapur secukupnya ditumbuk sampai-sampai halus lantas ditambahkan air secukupnya. Ramuan ini diperas serta airnya disaring serta diberikan pada 2 ekor kambing.
  6. Pucuk daun durian 5 lembar, daun buni 5 lembar, daun dadap serep 5 lembar, terasi serta garam dapur secukupnya lantas bahan ini dihaluskan. Tambahkan tidak banyak air serta airnya diperas. Air perasan ini diberikan pada 2 ekor kambing.

Obat Herbal Untuk Perut Kembung Pada Kambing
Kembung (bloat) dikarenakan oleh penimbunan gas dalam perut dampak proses fermentasi berlangsung cepat. Tingginya akumulasi gas menekan organ dalan tubuh menjadikan menghasilkan kesakitan, pernapasan yang dengannya mulut terbuka ataupun frekuensi pernapasan tinggi, serta frekuensi Buang air besar serta kencing meningkat. Supaya hewan ternak kambing kamu tak mengalami perut kembung, hindari pemberian pakan kambing menjadi berikut :
  1. Pakan hijauan yng masih terlalu muda, tidak sedikit memiliki kandungan air ataupun terlalu basah, baik di kenai air hujan ataupun embun. Maka sebaiknya kambing diberi pakan hijauan yng sudah kering dari embun pagi.
  2. Pakan dari bahan pakan yng gampang serta cepat mengalami pembusukan semisal kol, lobak serta wortel secara berlebihan.
  3. Pakan biji-bijian yng tergiling halus terlalu tidak sedikit, akan tetapi kuarang mendapatkan hijauan berserat.
  4. Pakan leguminosa (daun kacang-kacangan) terlalu berlebihan. Bila kondisi memaksakan, hijauan sebaiknya diberi percikan minyak kelapa.

Ciri-tandaKambing Mengalami Perut Kembung antara lain:
  1. Kambing terasa gelisah, sakit, serta sulit bernapas. Perut tahap kiri mengalami pembesaran yng bila ditepuk akan berbunyi semisal bedug/gendang.
  2. Punggung membungkuk, denyut jantung melemah, selaput lender mulut kebiruan.
  3. Kambing jatuh serta sulit bangun lagi, bila dibiarkan ternak mampu mati tiba-tiba.

Pengobatan Herbal (Jamu) yng mampu diberikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kambing Perut Kembung antara lain:
  1. Minyak nabati (minyak kelapa, minyak kedelai, ataupun minyak sawit) tidak lebih lebih 100-200 ml (tidak lebih lebih ½ – 1 gelas) yang dengannya tips dicekok.
  2. Kambing dicekok 200 cc “Sprite/soda”, lantas perut yng kembung sebelah kiri dibalur yang dengannya bawang merah halus yng sudah dicampur yang dengannya minyak angina. Bila angina sudah keluar melewati anus, kedua kaki depan diangkat ke atas sembari sisi perut dijepit yang dengannya kaki kita. Mulut kambing Perlu dalam kondisi terbuka, yang dengannya tips mulut kambing disumbat yang dengannya kayu/paralon yang dengannya tips melintang serta usahakan kambing tetap berdiri. Yang dengannya tips yang telah di sebutkan seluruh timbunan gas dalam perut bakal keluar.
  3. Bagian anus kambing ditusuk yang dengannya tangkai daun papaya yng ujungnya sudah diolesi minyak goreng agar bisa tidak melukai dinding anus. Seusai itu kedua sisi perut kambing dijepit jadi gas akan keluar melewati tangkai daun papaya.
  4. Berikan Mylanta cair yang dengannya dosisi 1 ml / 1 kg bb, andaikan parah dosis mampu di tingkatkan 2 kali lipat. mylanta di campur yang dengannya air matang 1:10

Obat Herbal Untul Mengobati Scabies (Kudis) Pada Kambing
Kudis ataupun kurap pada kambing penyebabnya yaitu oleh tungau Sarcoptes scabei, Psoroptes communis var.ovis serta Chorioptes ovis. Tungau ini gampang menular ke ternak lain.
Ciri Kambing yng di kenai Scabies (Kudis) antara lain :
Kulit tampak bercak-bercak merah yng membentuk bisul menjadikan kulit akan mengalami kekakuan, penebalan serta bersisik. Kambing yng di kenai Scaboes ataupun Kudis akan menggosok-gosokkan bulunya ke dinding sangkar karena gatal serta akan menghasilkan bulu kambing akan rontok. Kambing yng di kenai Scabies lambat laun akan kurus, nafsu makan berkurang serta anemia/kekurangan darah dampkanya produksi susu menurun.
Pencegahan :
  1. Sanitasi sangkar serta penyemprotan pada sangkar yng tercemar penyakit kudisan sebelumnya.
  2. Hewan yng sakit dijauhkan dari yng hewan sehat serta hindari kontak langsung yang dengannya ternak sehat.

Penyebab Kambing Di kenai Scabies Ataupun Kudis (Kurap):
  • Parasit yng ada pada kotoran, hal itu berlangsung lantaran sangkar kambing kotor serta kambing yang telah di sebutkan tak pernah sempet dimandikan.

Ciri- ciri kambing yng di kenai scabies ataupun kurap (Kudis):
  • Kerak - kerak pada permukaan kulit, Kamning rutin menggesekan bagian kulit yng terserang kudis, bulu terlihat rotol, kulit menjadi tebal serta kaku

Obat Herbal Untuk Pengobatan Kambing Yng Di kenai Scabies (Kudis ataupun kurap):
  1. Cukur bulu kabing di daerah di kenai scabies, mandikan kambing yang dengannya disikat serta yang dengannya sabun antiseptic/deterjen. sampai-sampai bersih, lantas jemur sampai-sampai kering. Sesudah kering mampu diobati
  2. Permukaan kulit yng sakit digosogkan campuran serbuk belerang, kunyit serta minyak kelapa yng dipanaskan setiap 2 hari sekali digosokkan pada kulit yng sakit..
  3. Kulit yng sakit diolesi yang dengannya oli bekas secara teratur seminggu sekali. Pengobatan yang dengannya oli bekas dari kendaraan yng telah menempuh jarak 1.000 km paling manjur karena pertumbuhan bulu serta pembetulan kulit Amat baik dibandingkan yang dengannya memakai belerang (Balai Penelitian Veteriner/Balitvet).
  4. Jeruk purut digiling halus, ditambahkan garam dapur serta minyak kelapa. Gosokkan pada kulit yng terserang kudis.
  5. Lengkuas, daun ketepeng kerbau serta garam dapur dihaluskan serta dioleskan dibagian kulit yng terserang kudis.
  6. Kamper / kapur barus digerus, dicampur minyak kelapa serta dioleskan dibagian kulit yng sakit.
  7. Gerusan Kapur barus di campur gerusan belerang di campur minyak goreng bekas, lantas di salepi ke bagian yng di kenai.

Pencegahan:
  1. Kambing yng di kenai penyakit kudis tidak boleh bercampur yang dengannya ternak yng sehat.
  2. Kambing yng baru dibeli Perlu bebas dari penyakit kudis
  3. Mandikan ternak dua minggu sekali.
  4. Bersihkan sangkar seminggu sekali.
  5. Obat Herbal Untuk Mengobati Penyakit MYASIS Pada Kambing

Penyebab Kambing Di kenai Penyakit Myasis Antara lain:
Luka di bagian yng berdarah terinfeksi oleh lalat jadi lalat berkembangbiak (bertelur) serta menghasilkan larva belatung.
  1. Ciri-tanda Kambing Yng Di kenai Penyakit Myasis:
  2. Adanya belatung yng bergerak-gerak dibagian yng luka
  3. Bila belatungan pada kaki/teracak maka kambing akan terlihat pincang.

Obat Herbal Untuk Mengobati Penyakit Myasis Pada Kambing:
  1. Bersihkan luka dari belatung, lantas obati yang dengannya gerusan kapur barus ataupun tembakau.
  2. Luka dibungkus yang dengannya kain/perban bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjaga dari terjadinya luka baru ataupun kotoran.
  3. Pada hari selanjutnya luka dibersihkan, pengobatan diulang serta dibungkus kembali. Umumnya dua ataupun tiga kali pengobatan kambing akan sembuh.
  4. Bila belatung sudah terbasmi, pemberian yodium tinctur mampu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat pertumbuhan.

Obat Herbal Untuk Kambing Yng Di kenai Penyakit Cacingan
Penyebab Kambing Di kenai Penyakit Cacingan :
Cacing tubuh lantaran kondisi sangkar yng kotor ataupun padang pengembalaan yng kotor. Cacing yng tidak sedikit didapati pada kambing yng di kenai penyakit cacingan merupakan cacing Haemonchus contortusi. Cacing ini hidup menjadi parasit di daerah pencernaan kambing serta menghisap sari makanan, cairan tubuh serta darah, serta mengeluarkan racun yng berdampak pada kambing menjadi lemah serta lesu.
Ciri-tanda Kambing Yng Di kenai Cacingan :
  1. Kambing akan terlihat kurus, lemah, pucat, bulu berdiri serta kusam.
  2. Kambing mengalami diare, nafsu makan Amat berkurang, perut membesar serta produksi susu menurun.
  3. Daerah rahang terkesan membengkak Mati tiba-tiba

Obat Herbal Untuk Kambing Yng Di kenai Penyakit Cacingan:
  1. Buah pinang/jambe 2 buah yng sudah dijemur sampai-sampai kering serta ditumbuk halus lantas diaduk yang dengannya gula jawa serta dibentuk pellet/butiran. Pemberian ini diberikan yang dengannya tips dicekokkan.
  2. Daun tembakau 5 lembar dilumatkan, lantas dicampur air secukupnya serta disaring. Air saringannya diminumkan pada kambing yng sakit
  3. Serbuk getah papaya muda dicampur air yang dengannya perbandingan 1 : 5 sampai-sampai terbentuk suspensi. Suspensi getah papaya ini diminumkan ataupun dicekokkan yang dengannya memakai selang agar bisa langsung masuk ke dalam perut. Pemberian tidak lebih lebih1,2 gr/Kg berat badan.
  4. Tepung buah pinang dicampur yang dengannya nasi Anget dikepal-kepal lantas dipaksakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dimakan kambing. Sebaiknya kambing dianjurkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipuasakan berlebi dahulu.
  5. Daun kelor yng tua dibakar, lantas debunya dicampur air serta diminumkan. Pengobatan diulangi satu minggu lantas.

Pencegahan:
  1. Sangkar dibuat panggung serta bersih
  2. Pengaritan rumput seusai kondisi panas yakni pada jam 12.00-15.00 ataupun pengembalaan kambing pada siang hari jam 10.00-15.00.
  3. Jangan menggembalakan kambing pada daerah rawa, sungai serta sawah.
Obat Herbal Untuk Mengobati Kambing Yng Keracunan Makanan
Penyebab Kambing Keracunan Makanan antara lain:
  • Ternak kambing memakan rumput-rumputan ataupun daun-daunan yng memiliki kandungan zat racun.

Ciri-tanda Kambing Yng Keracunan Makanan
  • Mati tiba-tiba, mulut berbusa, kebiruan pada selaput lendir, pengelupasan kulit/eksim ataupun berlangsung pendarahan. mulut berbusa, kejang, kebiruan pada selaput lendir serta terkadang mati tiba-tiba

Obat Herbal Untuk Kambing yng Keracunan Makanan:
  1. Minyak kelapa 1 gelas diminumkan pada 1 ekor kambing serta kasih minum air kelapa setidak sebanyak-banyaknya
  2. Air kelapa dicampur yang dengannya asam jawa serta garam dapur secukupnya duminumkan pada kambing yng keracunan.
  3. Berikan Norit yng di gerus dicampur air matang.
  4. Bila ternak keracunan insektisida, kambing diberi air minum santan kelapa Anget 1 gelas.
  5. Ternak jangan diberi hijauan beracun semacam, daun singkong serta daun dadap serep.

Pencegahan:
  • Tak memberikan tanaman beracun ataupun menggembalakan kambing di daerah yng tidak sedikit tumbuh tanaman yng memiliki kandungan racun.

Obat Herbal bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kambing Yng Di kenai Belekan / Pink Eye
Kambing yng terserang belekan aktivitasnya bakal terganggu, ini dikarenakan oleh syok dampak tertusuk ujung rambut, debu serta duri. Mesikipun demikian penyakit ini mampu dikarenakan oleh bakteri, virus, Chlamidia serta Ricketsia.
Ciri Kambing Belekan :
Mata mengeluarkan air, tertutup serta berkedip-kedip. Mata membengkak, merah, lantas keruh serta muncul borok pada selaput bening hinga mengalami kebutaan.
Pencegahan :
Kebersihan sangkar di awasi/sanitasi, pisahkan ternak yng sakit. Pakan dipotong singkat agar bisa tidak melukai mata. Memandikan kambing 1 bulan 2 kali pada waktu cuaca cerah.
Obat Herbal Untuk Kambing Yng Belekan:
  1. Mata kambing dicuci yang dengannya air Anget. Semprotkan yang dengannya teh serta garam yng dilarutkan dalam air Anget. Penyemprotan di lakukan yang dengannya mulut kita. Seusai disemprot berikan obat tetes mata ataupun salep mata kita-kita. Pengobatan ini di lakukan sehari-hari sampai-sampai sembuh. Mampu pula mata yng sakit di teteskan OXYVET LA atau juga Erlamicetin
  2. Obat Herbal Untuk Kambing Yng Mencret Ataupun Diare
  3. Mencret berlangsung akibat adanya gangguan pada saluran pencernaan yng dikarenakan oleh bakteri, makanan rusak, serta lingkungan atau juga udara dingin.
Ciri-tanda Kambing Yng Mencret ataupun Diare:
Feses ataupun kotoran kambing berwarna hijau muda, hijau mengkilap, hijau kekuningan, hijau kemerahan atau juga hijau kehitaman. Ternak tampak lesu, lemah serta pucat.
Pencegahan :
  1. Hindari hijauan kacang-kacangan ataupun daun muda berlebihan.
  2. Jaga sanitasi sangkar.

Obat Herbal Untuk Pengobatan Kambing Yng mencret ataupun diare :
  1. Kambing yng sakit diberi larutan garam 10 gr serta gula pasir 10 gr serta air matang 2,5 liter.
  2. Kambing yng sakit diberi larutan oralit ataupun norit sebanyk 3 tablet.
  3. Air kelapa muda diminumkan secukupnya.
  4. Daun jambu biji 5 lembar dilumatkan bersama garam dapur serta diberikan pada kambing.
  5. Kambing tidak sedikit diberi hijauan daun jambu biji, daun bambu muda serta daun buni

FS 4:21 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2015/09/Obat-herbal-untuk-mengobati-penyakit-pada-kambing.html.

Seputar Obat Herbal Untuk Mengobati Penyakit Pada Kambing

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Obat Herbal Untuk Mengobati Penyakit Pada Kambing