Cara Beternak Murai Batu Untuk Pemula

- Agustus 07, 2017

Cara Beternak Murai Batu Untuk Pemula

 
Ternak Pertama - Cara Beternak Murai Batu Untuk Pemula - Pada peluang di artikel ini ternak pertama akan menuliskan tulisan atau artikel mengenai "cara beternak murai batu". mudah-mudahan tulisan atau artikel kami mampu membatu kamu yng tengah mencari berita tatacara beternak ataupun budidaya burung murai batu menjadi bisnis ternak kamu. Sebelum kita bahas ihwal murai batu ada baiknya kita kenal berlebi dahulu ihwal burung kicau satu ini. didasari info dari wikiedia.org. Murai batu ataupun Kucica hutan (Copsychus malabaricus), pula dikenal menjadi Murai batu adalah burung pengicau yng keadaanya terancam akibat perburuan. Salah satunya ke dalam famili Muscicapidae ataupun burung cacing. Tersebar di seluruh pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia, serta sebagian pulau Jawa. Beberapa pakar menganggap ras dari Kalimantan Utara Kucica Alis-putih (Copsychus malabaricus stricklandii) menjadi spesies tersendiri.
beternak murai batu
Cara Beternak Murai Batu Untuk Pemula

Di tempat asal aslinya Kucica Hutan ataupun Suka di sebut Burung murai batu cenderung memilih hutan alam yng rapat ataupun hutan sekunder. Murai batu adalah kelompok burung yng dikenal menjadi teritorial serta Amat kuat dalam mempertahankan wilayahnya (Thruses). Burung murai batu mempunyai bunyi kicauan yng tidak jelek alias bagus menjadikan mendapatkan penghargaan paling baik atas nyanyian nya yng Amat indah pada tahun 1947 (The Best Song Birds – Delacour, 1947). Burung murai batu adalah kelompok burung yng di gemari di kalangan para pecinta kicauan lantaran mempunyai bunyi ataupun spesifikasi kicauan yng Amat baik.
Untuk daerah Sumatra khususnya, ramai sekali di temukan burung jenis murai batu, semisal burung murai batu aceh, burung murai batu medan , burung murai nias serta murai batu lampung.

Cara Berhasil Beternak Murai Batu Bagi Pemula


Bagi kamu para penggemar burung kususnya burung kicau tentunya tidak asing mendengar barung satu ini, burung yng diberi label Murai Batu yng Amat terkenal di kalangan penggemar burung, dimana burung murai batu yng bernama latin Copychus malabaricus dari keluarga Turdidae telah Amat terkenal yang dengannya tanda khas kicauan burung yng Amat merdu, bervariasi, serta bernada indah, tidak heran andai para peternak burung murai batu ini memlilih murai batu menjadi satu dari sekian banyaknya pilihan bagi atau bisa juga dikatakan untuk di ternak ataupun dibudidayakan. Tak cuma bersuara merdu, burung Murai batu pula terkenal yang dengannya gaya bertarung yng hebat, tangguh serta tangkas di setiap performanya. tidak cuma itu saja burung kicau satu ini pula mempunyai warna yng Amat indah menjadikan tidak sedikit dari pecinta burung menjadikan burung ini menjadi koleksi semata. bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu kesempatan usaha bagi atau bisa juga dikatakan untuk jual beli barung murai sungguh mempunyai prospek yng menjanjikan. kemudian bagaimana tatacara beternak burung kiacau ini? gampang ataupun tak bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemula? baiklah simak serta baca tulisan atau artikel kami ini yang dengannya seksama!
Cara Menjodohkan Burung Murai Batu
Cara Menjodohkan Burung Murai Batu

Beternak Murai Batu

Kamu akan beternak burung murai batu? bagi atau bisa juga dikatakan untuk beternak burung muara batu sebetulnya sangatlah gampang yng penting kamu mengerti serta mengenal tatacara beternak burung murai batu yang dengannya benar serta baik, lantaran memanglah tidak sedikit pula para peternak yng berupaya menangkarkan burung ini serta menemui kegagalan semisal berupaya mengawinkan burung murai batu yang dengannya tatacara asal-asalan, tak mempergunakan teknik yng sesuai. Bukannya anak burung yng didapatkan bahkan mampu membunuh indukan burung murai batu yang telah di sebutkan. Budidaya murai batu memerlukan pengetahuan dasar serta teknik yng pas serta sesuai bagi kamu para peternak pemula agar bisa sukses serta berhasil dalam beternak burung murai ini. Ikuti langkah-langkah yng akan kami tulis dibawah ini yang dengannya seksama.
Yang akan di sajikan kali ini Cara serta tips Berhasil Ternak Murai Batu Bagi Pemula.
Persiapan Sangkar
Dalam beternak burung muai batu langkah pertama yng adna lakukan adlah menyiapkan sangkar tentunya sangkar yng sesuai prosedur serta pengalaman peternak. Untuk ternak burung Murai Batu pastinya kamu butuh sangkar burung, dimana sangkar burung yang telah di sebutkan didesain yang dengannya ukuran yng cukup luas serta jangan terlalu sempit dan mempunyai sikulasi udara yng baik. Adapun bagi atau bisa juga dikatakan untuk penempatan sangkar, sebaiknya ditempatkan pada tempat yng aman yng jauh dari jangkauan anak-anak, serta jauh pula dari kebisingan dan memiliki sirkulasi udara segar yng baik.
Selain itu Sangkar burung murai batu pula sebaiknya terpisah yang dengannya beberapa jenis burung pengganggu semisal merpati serta sebagainya,hal ini lantaran murai Batu salah satunya pemalu andaikan melihat burung tipe lain-lainnya yng mampu membuat burung kicau satu ini tidak berkicau. Lantas sangkar burung murai batu pula Perlu di kenai cahaya matahari yng pas pada pagi hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh vitamin D, serta pula Perlu mempunyai tempat teduhan disaat sinar matahari sudah terlalu panas bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung Murai Batu.
Adapun bagi atau bisa juga dikatakan untuk persiapan bagi atau bisa juga dikatakan untuk isi sangkar, mampu kamu siapkan tempat tenggeran burung, tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk kawin, tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk telur, serta sangkar sebaiknya memiliki 2 pintu agar bisa burung tak terasa terganggu andaikan kamu hendak memberikan sesuatu pada kandangnya. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk atap sangkar sebaiknya dibangun 1/2 tertutup serta 1/2 terbuka agar bisa tidak memperhalang sinar matahari yng masuk sekalian menjadi tempat berteduh burung Murai Batu, serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk lantai sebaiknya memakai bahan alamiah semisal tanah yng pula mampu memberikan pakan tambahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung Murai Batu.

Kandang Murai Batu Yang Baik
Sangkar Murai Batu Yng Baik

Cara Memilih Indukan Murai Batu

Pemilihan indukan murai batu yng mempunyai kualitas serta unggul bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikawinkan benar-benar penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh anakan yng berharga juga, adapun tips tatacara memilih indukan murai batu yng baik menjadi berikut :
  1. Pilihlah indukan yng telah jinak serta bersahabat yang dengannya keberadaan kita-kita, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari stress pada burung yang telah di sebutkan.
  2. Plihlah indukan jantan yng berumur 2 tahun lebih, serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk betina berumur 1 tahun lebih dimana orang-orang lebih matang serta siap berproduksi.
  3. Pilihlah indukan yng tak mempunyai cacat semisal pada kaki, sayap, kepala, serta bulu yng baik.
  4. Pilihlah indukan yng memiliki nafsu makan yng baik serta lincah.

Cara memberikan Pakan Murai Batu yng benar

Pakan alamiah serta organik merupakan pakan yng paling baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk ternak burung murai batu dimana pakan yang telah di sebutkan memiliki nilai asupan nutrisi serta vitamin bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan serta kelincahan burung murai batu, adapun pakan murai batu mulai dari Kroto ataupun semut rangrang, jangkrik, ulat serta berikan pakan tambahan semisal Voer.
Pertama kali yng Perlu kamu lakukan dalam penjodohan burung murai yakni antara burung murai batu jantan serta murai batu betina dijauhkan disangkar ataupun sangkar yng berbeda dikarenakan bila langsung dalam satu sangkar burung akan berkelahi yng akan mengakibatjan burung betinanya akan mati.
Dalam penjodohan mampu memakan waktu 3 hari , 1 minggu , 1 bulan malah mampu lebih, itu seluruh bergantung dari masa birahi burung yang telah di sebutkan
Langkah-langkah Penjodohan Burung Murai Batu
  • Jarak antara sangkar burung murai batu jantan serta betina tidak lebih lebih 1 meter.
  • Kasih EF ( Extra Fooding ) yang dengannya perbandingan hari pertama bagi atau bisa juga dikatakan untuk pejantan 10 ekor jangkrik serta betina 9 ekor. Kasih EF setiap harinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung betina tidak lebih lebih satu ekor serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk jantan tetap 10 ekor jangkrik.
  • Mandikan burung sehari-hari serta sesekali burung murai betina betina serta jantan dicampurkan 1 kramba (tempat mandi burung) pantau keadaan burung bila burung pejantan serta betina tetap menyambar ataupun berkelahi cepat segera pindahkan burung betinanya . Itu berguna burung belum jodoh. Namun bila antara burung jantan serta betina tidak berkelahi serta kedua burung saling bercumbu berguna burung sudah berjodoh.
Demikian Tulisan atau artikel yng mampu kami tulis bagi atau bisa juga dikatakan untuk kamu ihwal "Cara Beternak Murai Batu Untuk Pemula" mudah-mudahan memberikan manfaat bagi kamu seluruh. Silahkan share supaya seluruh peternak burung berhasil! Salam Peternak Indonesia!
Lihat pula :
  • Cara Berhasil Beternak Burung Lovebird Yang dengannya Modal Yng Minim
  • Cara Beternak Jangkrik

Tag :
tatacara beternak murai batu, tatacara beternak murai batu bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemula, tatacara beternak murai batu ekor panjang, tatacara beternak murai batu di sangkar gantung, tatacara menternak murai batu, beternak murai batu di sangkar minimalis, sangkar ternak murai batu ideal, ternak murai batu sangkar gantung, sangkar ternak burung murai. FS 9:11 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2016/07/cara-beternak-murai-batu-untuk-pemula.html.

Seputar Cara Beternak Murai Batu Untuk Pemula

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Beternak Murai Batu Untuk Pemula