BIOGAS MURAH DAN PRAKTIS

- Juli 04, 2017

BIOGAS MURAH DAN PRAKTIS

 
Praktisnya instalasi Biogas Portable

Bagi kamu yng terasa selama ini harga gas tidak murah lantaran selalu naik serta naik lagi, barangkali kamu Perlu membaca tulisan atau artikel yng satu ini. Namun syaratna, kamu Perlu cinta peternakan lantaran gas ini berasal dari kotoran ternak. Selain murah meriah, bio gas Amat aman. Berukut ulasanya. Biogas merupakan campuran beberapa gas yng diperoleh dari proses penguraian bahan-bahan organik oleh mikroorganisme pada kondisi tanpa oksigen (anaerob). Biogas umumnya dipakai menjadi bahan bakar gas (BBG) bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasak, pemanas, penerangan serta penggerak generator pembangkit energi listrik. Produksi biogas dari kotoran sapi serta kerbau mencapai 0,0230,080 meter kubik per kilogram per hari yang dengannya produksi kotoran sehari-hari 10-25 kilogram per ekor per hari. Produksi biogas dari kotoran babi sebesar 0,04-0,11 meter kubik per kilogram yang dengannya produksi kotoran sehari-hari 1,2-3 kilogram per ekor per hari. Kotoran ayam menghasilkan biogas 0,0650,126 meter kubik per kilogram per hari yang dengannya produksi kotoran 0,12-0,15 kilogram per ekor per hari. Andai dikonversikan, satu meter kubik setara yang dengannya 0,46 kilogram elpiji, 0,62 liter minyak tanah, 0,52 liter minyak solar, 0,8 liter bensin, 1,5 meter kubik gas kota serta 3,5 kilogram kayu bakar.
Selama ini masih tidak banyak peternak skala keluarga yng mengaplikasikan teknologi biogas. Padahal proses memproduksi biogas cukup gampang. Alat pembuat biogas (biodigester) pun tidak sedikit tersedia. Ada dua tipe digester yng telah umum di warga atau juga bisa dikatakan masyarakat yaitu tipe tetap serta tipe floating. Bahan yng dipakai pun bermacam-macam dari beton, plastik, metal ataupun plat besi serta fiberglass.
Biodigester yng ada selama ini tergolong masih tidak murah dalam pembuatannya, misalnya yng terbuat dari beton. Selain itu biodigester dari plastik, daya tahannya masih rendah menjadikan sulit bagi atau bisa juga dikatakan untuk diaplikasikan.
Biogas bisa menyalakan bunga api yang dengannya energi 6.400-660 kilokalori per meter persegi, menjadikan bisa dijadikan sumber energi pengganti yng ramah lingkungan serta terbarukan. Melihat besarnya potensi yng dimiliki biogas, peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Ir. Salundik, M.Si dari Departemen Ilmu Produksi serta Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan melakukan inovasi yang dengannya membuat biodigester (alat pembuat biogas) portable skala keluarga.
“Rancang bangun biodigester portable skala rumah tangga yang kami bangun ditujukan untuk menghasilkan biogas bagi keluarga petani yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar gas. Biodigester portable ini murah, mudah dan ringan dibawa. Selain itu mudah dipasang (tidak perlu membeli bahan dari luar untuk memasang, karena sudah menjadi satu). Kualitas lingkungan juga menjadi lebih baik karena terolahnya limbah ternak,” ujarnya.
Tersedianya energi terbarukan yng murah bagi petani/ peternak ini mampu menaikan produktivitas pertanian yang dengannya pemanfaatan limbah. Tersedianya teknologi aplikatif bagi petani ini akan makin menaikan kesejahteraan warga atau juga bisa dikatakan masyarakat yang dengannya memperoleh energi murah.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebutuhan keluarga dibutuhkan biogas sebanyk 2,5 meter kubik per hari yng bisa diperoleh dari biodigester yang dengannya kapasitas 3,5 meter kubik. Kapasitas ini diperoleh dari 2-3 ekor sapi.
http://ipbmag.ipb.ac.id
Ferry Tamalluddin 4:26 PM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2014/12/biogas-murah-dan-praktis.html.

Seputar BIOGAS MURAH DAN PRAKTIS

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain BIOGAS MURAH DAN PRAKTIS