Cara Sukses Budidaya Tomat Organik Bagi Pemula

- September 15, 2017

Cara Sukses Budidaya Tomat Organik Bagi Pemula

 
Ternak Pertama - Cara Budidaya Tomat Organik - Pendapat dari Wikipedia.org : Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) merupakan tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Sedang serta Selatan, dari Meksiko hingga Peru. Tomat adalah tumbuhan siklus hidup singkat, bisa tumbuh setinggi 1 hingga 3 meter. Tumbuhan ini mempunyai buah berawarna hijau, kuning, serta merah yng biasa dipakai menjadi sayur dalam masakan ataupun dimakan secara langsung tanpa diproses. Tomat mempunyai batang serta daun yng tak bisa dikonsumsi lantaran masih sekeluarga yang dengannya kentang serta Terung yng mengadung Alkaloid.
Tomat merupakan buah yng Amat tidak sedikit memiliki kandungan nutrisi yng dibutuhkan oleh tubuh kita. Malah, kandungan vitamin C dari tomat ini jauh lebih tidak sedikit dibandingkan yang dengannya apel maupun jeruk. Akan tetapi, bila kita ingin mendapatkan manfaat yng maksimal dari buah tomat ini, kita wajib mengkonsumsi tomat organik. Kamu tentu tak butuh mikirin bagaimana membelinya, kamu mampu membudidayakan tomat organik dikebun kamu sendiri. Yang akan di sajikan kali ini kami akan menuliskan bagaimana tatacara budidaya tomat organik kusus bagi pemula. Tidak cuma dikonsumsi saja namun kamu mampu menjual hasil budidaya kamu dipasaran, lantaran semisal yng kita tahu buah tomat adalah buah yng Amat tidak sedikit dicari sehinga mempunyai nilai ekonomi yng baik. Mudah-mudahan Goresan pena yng akan kami tulis gampang dipahami oleh bapak/ibu sekalian.
Cara Budidaya Tomat Organik
Cara Budidaya Tomat Organik

Cara Budidaya Buah Tomat Organik

Pemilihan Bibit Langkah pertama yng butuh kamu lakukan dalam budidaya tomat merupakan yang dengannya memilih bibit tomat yng mempunyai kualitas. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Bibit tomat sendiri kamu mampu mendapatkanya yang dengannya membeli di toko-toko pertanian. Umumnya, orang-orang menyediakan bibit tomat dalam satu kantong ataupun dipasarkan (dijual) per gram. Bila kamu membeli bibit pohon tomat, kamu mampu memakai tatacara ini dalam menentukan tidak sedikit ataupun tidaknya bibit yng kamu butuhkan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk 100 sampai-sampai 150 gram bibit, kamu mampu memakainya bagi atau bisa juga dikatakan untuk lahan seluas 1 hektar.
Pemilihan Lahan Sesudah kamu telah memperoleh bibit tomat yang telah di sebutkan langkah kedua yng butuh kamu perhatikan merupakan lahan. Lahan adalah Tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam tomat organik, pemilihan lahan pula Amat penting dalam proses bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan tomat organik supaya menghasilkan hasil panen yng tidak jelek alias bagus. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanah yng paling baik serta tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanam tomat organik merupakan tanah yng tidak berair. Tanah becek serta memiliki kandungan tidak sedikit air mampu membuat buah tomat cepat basi serta pohon tomat akan gagal tumbuh sempurna. Tak cuma itu, tanah pula wajib mempunyai kadar pH sebesar 5,5 sampai-sampai 6,5. lebih baiknya lagi, bila lahan yng akan kamu tanami telah kamu kasih pupuk sangkar ataupun kompos yng akan mempermudah dalam menanam tomat organik.
Proses Pembibitan Proses pembibitan diawali yang dengannya merendam benih tomat organik dalam 1 liter air yng telah dicampur yang dengannya 1 – 10 ml mikroba dan molase. Lantas, sediakan polybag yng diisi yang dengannya tanah serta bokhasi yang dengannya perbandingan 1:1. Masukkan satu biji benih ke tiap polybag. Pakaikan karung bagi atau bisa juga dikatakan untuk menutupi polybag yng sudah ditanami oleh benih tomat serta jangan tidak ingat taruhlah ditempat yng teduh. Sesudah bibit telah terlihat mulai tumbuh (tidak lebih lebih 7 – 10 hari), penutup karung yng menutupi polybag dibuka. Biarkan benih tomat tumbuh hingga tinggi tidak lebih lebih 10 cm. Umumnya waktu yng dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk ini tidak lebih lebih 3 minggu. Lantas, Sesudah ini tomat siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipindahkan dan ditanam di lahan yng telah kamu sediakan.
Penanaman Benih tomat yng tumbuh serta sudah siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditanam dipindahkan dari polybag ke tanah yng telah kamu siapkan tadi. Butuh kamu catat, Proses penanaman ini di lakukan pada sore hari agar bisa bibit tomat tidak layu. Butuh diperhatikan pula tatacara menanam bibit tomat supaya bibit tak rusak. Pertama, buat celah di lahan yng akan kamu tanami tomat organik yang telah di sebutkan. Pindahkan bibit dari polybag yang dengannya tatacara hati-hati, perlahan serta jangan hingga akar tomat muda rusak. Masukkan bibit tomat ke dalam celah di lahan anda yang dengannya tatacara tegak. Tutupi celah tomat yang dengannya tanah dan tekan tidak banyak agar bisa padat.
Pemeliharaan Sesudah kamu berhasil pada tahap penanaman, langkah selanjutnya yng amat penting yaitu proses pemeliharaan. Ada aneka macam teknik budidaya tomat organik serta pemeliharaan yng butuh kamu lakukan, agar bisa tomat organik yng kamu tanam menghasilkan buah yng begus serta mempunyai kualitas baik. Yng pertama merupakan penyiraman. Tomat adalah tanaman yng tak suka yang dengannya pemberian air yng terlalu banya, jadi penyiraman sebaiknya di lakukan pada pagi dan sore hari saja. Penyulaman pula penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk di lakukan, agar bisa tomat mampu tumbuh yang dengannya baik serta menghilang-kan bagian yng rusak yng mengganggu pertumbuhan buah tomat. Sebaiknya proses ini kamu lakukan selama 7 hingga 10 hari sesudah bibit telah dipindahkan dari polybag. Selain itu, tanaman tomat pula memerlukan pemasangan ajir. Faktor ini diperlakukan agar bisa tomat mampu tumbuh yang dengannya tegak serta membuat mudah proses pemanenan. Lakukanlah proses ini sesudah tanaman tomat berusia 1 minggu. Pasang ajir dan ikat ujung-ujungnya agar bisa membentuk segitiga. Sesudah tomat berusia 3 – 4 minggu, butuh melakukan proses pengikatan pada ajir. Hal ini butuh kamu lakukan seminggu sekali hingga pertumbuhan batang berhenti. Tunas-tunas baru diketiak daun pula butuh dipangkas agar bisa pertumbuhan terkonsentrasi pada tunas penghasil buah tomat.
Selanjutnya, kamu butuh pula melakukan teknik budidaya perempelan daun. Daun yng mendekati tanah ataupun terlalu lebat dipotong agar bisa penerimaan sinar matahari optimal. Pemupukan pula butuh kamu lakukan agar bisa tomat mendapatkan seluruh nutrisi yng dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tumbuh. Pupuk yng kamu genakan merupakan pupuk organik, semisal pupuk sangkar ataupun kompos. Selain itu pula berikan pupuk pelengkap cair (PPC) setiap 10 hari sekali. Selanjutnya merupakan proses penyiangan. Cara gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan proses ini, genakan tangan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencabuti gulma pengganggu. Dan proses pemeliharaan terpenting merupakan pengendalian hama. Karena kamu memakai teknik menanam tomat organik, maka pestisida yng kamu genakan pula wajib organik serta aman. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu, genakan pestisida nabati yng berasal dari ekstrak ataupun fermentasi tanaman. Proses penyemprotan pestisida ini sebaiknya di lakukan pada sore ataupun malam hari, karena pada waktu itu, hama yng menyerang flora tomat Amat aktif.
Tomat Organik
Tomat Organik

Panen Sesudah seluruh tahapan telah kamu lalui yang dengannya baik, maka selanjutnya merupakan proses yng kita tunggu yaitu PANEN. Sesudah tanaman tomat organik telah berusia tidak lebih lebih 75 hari, proses pemanenan telah mampu kamu lakukan. Ada aneka macam tip yng mampu kamu pakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memanen tomat. Pertama, pilih buah yng sudah bewarna kekuningan serta bagian tepi daun serta batang mengering. Pegang buah yang dengannya ditelapak tangan serta patahkan batang tomat yang dengannya tangan kamu lain-lainnya. Proses ini Amat baik di lakukan pada tatkala cuaca cerah serta mampu kamu lakukan setidak tidak banyak 16 kali setiap 3 sampai-sampai 4 hari sekali.
Tulisan atau artikel lainya :
budidaya tomat organik pdf, tatacara budidaya tomat dalam polybag, tatacara menanam sayuran organik di rumah, tatacara menanam sayuran organik di pekarangan rumah, tatacara menanam sayuran organik dirumah, tatacara budidaya tomat yng baik serta benar, tatacara menanam tomat dari biji, menanam tomat di musim hujan FS 10:31 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2016/07/cara-budidaya-tomat-organik.html.

Seputar Cara Sukses Budidaya Tomat Organik Bagi Pemula

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Sukses Budidaya Tomat Organik Bagi Pemula