http://ternakjopertegal.blogspot.com/2016/12/cara-memberi-pakan-ayam-kampung-yang.html

- Agustus 01, 2017

http://ternakjopertegal.blogspot.com/2016/12/cara-memberi-pakan-ayam-kampung-yang.html

 

Tatacara Memberikan Pakan Ayam Kampung Yng Baik. Melakoni bisnis ataupun beternak ayam kampung sebetulnya susah-susah gampang, dari tips perawaran sampai-sampai dalam pemnberian pakan. Serta didalam setiap tahap yang telah di sebutkan tentu tatacaranya tak sembarangan, Perlu di lakukan yang dengannya pola, prosedur serta tata tips yng benar. Bagaimana andai dalam pemberian pakan ayam kita tak benar? Hal ini akan memicu ayam kampung mempunyai pertumbuhan badan yng tidak lebih optimal. Serta dari situlah akan membuat waktu pemeliharaan ayam kampung akan makin lama serta tentunya akan memakan biaya yng lebih.
Cara Memberi Pakan Ayam Kampung Yang Baik Dan Benar
Ilustrasi
Masalah ini Suka sekali di derita oleh para peternak ayam kampung ataupun yng lain-lainnya. Serta disini saya akan berupaya memberikan solusi kepada kamu khususnya para peternak ayam kampung bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi hal yang telah di sebutkan. Serta dibawah ini merupakan tatacaranya bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan pakan ayam kampung supaya peternakan ayam kita produksinya makin maksimal :
1. DOC Ayam Kampung Umur 1-21 Hari
Tatkala ayam telah menetas serta mulai memasuki har-hari ke hidup-an orang-orang, tips pemberian makan yng baik merupakan secara kontinyu ataupun terus menerus. Yang dengannya tips ini diharapkan doc ayam kampung akan mendapatkan asupan yng optimal sesuai yang dengannya pertumbuhannya. Memanglah tips ini terkesan tidak banyak merepotkan lantaran kita di tuntut bagi atau bisa juga dikatakan untuk terus memberikan makanan kepada doc ayam kampung kita namun telah tidak sedikit peternak ayam yng memperlihatkan tips ini Amat efektif sekali serta membuat pertumbuhan ayam lebih optimal. Mempergunakan tips diatas pula membuat kita bisa atau mampu mengecek kondisi doc ayam supaya cepat di lakukan tindakan bila berlangsung masalah pada pertumbuhannya (kontrol setiap tatkala).
Dalam hal jenis makanan kita mampu mempergunakan pakan jenis pre-starter berbentuk mesh ataupun tepung (BR1 yng dihaluskan). Lantaran makanan jenis satu ini akan gampang dicerna oleh anak ayam.
2. Ayam Kampung Umur 21 Hari-3 Bulan
Pada masa usia umur 21 hari - 3 bulan di rekomendasikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan pakan basah serta kering pada waktu pagi hari serta pakan kering pada sore hari. Yang dengannya tips diatas kita tak butuh lagi memberikan makan secara terus menerus lantaran waktu pemberian makan cuma pada pagi hari serta sore hari, hal ini selain efektif bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam pula akan menghemat waktu kita.
Dalam hal ini jenis pakan yng dipakai merupakan mempergunakan jenis starter yng berbentu butiran kecil ataupun scrumble.
3. Ayam Dara
Pada ayam ini usahakan tatkala kita memberikan makanan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempergunakan wadah serta pola makan ayam diatur yakni 2x sehari. Percis semisal tatkala ayam berumur 21 hari-3bulan, waktu pemberian makan ini yakni pada pagi hari serta sore hari.
Dalam hal ini jenis pakan yng dipakai adalaj pakan finisher berupa campuran biji-bijian serta pelet.
4. Ayam Indukan/Petelur
Pada ayam indukan, tips memberikan makannanya merupakan yang dengannya selalu menyiapkan makanan di segala sudut sangkar. Hal ini lantaran pada ayam indukan/petelur orang-orang cuma makan selama 1x sehari serta rata-rata itu cuma pada pagi hari saja.
Selain cara serta tips memberikan pakan pada ayam kampung, dibawah ini saya pula akan memberikan tips tatkala memberikan pakan pada ayam kampung supaya ayam terhindar dari macam-macam serangan penyakit :
1. Berikan Pakan Yng Masih Fresh
Dalam memberikan pakan ayam kampung kita diwajibkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk selalu memberikan makanan yng masih baru/fresh. Jangan hingga kita memberikan pakan yng telah berjamur serta berbau akibat penyimpanan pakan yng terlalu lama. Makanan yng telah berjamur serta berbau akan menurunkan kadar vitamin yng ada dalam pakan ayam yang telah di sebutkan. Serta hal ini akan berpeluang memicu penyakit pada ayam. Selain memicu penyakit makanan yng telah berjamur akan memicu bau yng tak sedap serta hal ini akan menurunkan nafsu makan ayam, serta ini dia yng Suka membuat ayam rentan terkenan serangna macam-macam penyakit.
2. Memberikan Pakan Sesuai Nutrisi
Tatacara kedua merupakan yang dengannya memberikan ayam yang dengannya nutrisi yng cukup. Hal ini akan mempersingkat waktu pemeliharan ayam serta tentunya akan mengurangi/menghemat biaya prosukdi peternakan.
3. Kasih Pakan 3/4
Maksudnya merupakan kita memberikan pakan pada ayam yang dengannya kadar 3/4 dari batas ketinggian tempat makan. Selain hal ini baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan ayam, hal ini akan mencegah pakan ayam gampang tumpah kemana-mana serta cuma akan membuang-buang pakan serta pembengkakan biaya pakan.
4. Kasih Pakan Sesuai Yang dengannya Porsi
Dalam memberikan pakan kita tak boleh sembarangan, kita Perlu tau porsinya. Lantaran andai kita terlalu banyal memberikan pakan kepada ayam kita maka bahkan akan membuat nafsu makan ayam berkurang pada pemberian makan selanjutnya.
5. Kedisiplinan Peternak
Selai kualitas jenis makanan kedisiplinan peternak dalam memberikan pakan pula memberi pengaruh kebugaran atau kesehatan serta pertumbuhan ayam. Dibawah ini saya akan memberikan beberapa sikap yng Perlu dimiliki oleh peternak :
a. Dalam memberikan makan Perlu sesuai jadwal, jangan hingga kita tidak ingat serta telat memberikan pakan ayam. Jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk selalu memeriksa kondisi ayam khusunya pada perut ayam.
b. Dalam memberikan pakan kepada ayam ternak kita, kita tak boleh tergesa-gesa apalagi sembrangan. Kita Perlu tenang serta telaten tatkala memberikan pakan kepada ayam ternak kita.
c. Andai kamu tengah sakit pakailah masker supaya penyakit kamu tak menular ke ayam-ayam kamu. Ataupun kamu mampu menyuruh orang lain yng lebih sehat bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan pakan pada ayam-ayam ternak kamu. Hal ini penting sekali lantaran penyakit kita-kita pula mampu menular ke ayam-ayam ternak kita.
d. Dalam memberikan pakan kepada ayam usahakan di waktu pagi serta sore hari. Kamu pula mampu memberikan pakan ayam sebanyk 3x sehari.
Dalam melakoni bisnis peternakan ayam kesabaran serta kedisplinan merupakan faktor utama yng memberi pengaruh sukses tidaknya kita dalam beternak. Lantaran dalam beternak ayam kampung merupakan karkas serta daging ayam yng menjadi faktor paling utama maka telah selayaknya kita memberikan pakan yng baik, benar serta cukup supaya tercapai tujuan usaha dari ayam kampung yang telah di sebutkan.
Sekian tulisan atau artikel perihal Tatacara Memberikan Pakan Ayam Kampung Yng Baik mudah-mudahan bisa menambah wawasan bagi kita seluruh khususnya bagi kita yng tengah mengeluti usaha peternakan ayam kampung. Salam Berhasil..!!!

Sumber rujukan dan gambar : http://ternakjopertegal.blogspot.com/2016/12/cara-memberi-pakan-ayam-kampung-yang.html.

Seputar http://ternakjopertegal.blogspot.com/2016/12/cara-memberi-pakan-ayam-kampung-yang.html

Advertisement

1 komentar:

Herbal Tradisi mengatakan...

Terimakasih informasinya, bocoran nya mas nama merk pakan yang bagus untuk ayam di bawah 21 hari

Kunjungi juga
Obat Tradisional Kista Baker

Obat Kista

Obat TBC

Obat Batu Empedu

Obat Batuk Darah

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain http://ternakjopertegal.blogspot.com/2016/12/cara-memberi-pakan-ayam-kampung-yang.html