PAKAN AYAM BROILER, PAKAN PABRIK ATAU MENYUSUN SENDIRI?

- September 15, 2017

PAKAN AYAM BROILER, PAKAN PABRIK ATAU MENYUSUN SENDIRI?

 

Tak bisa disangkal bahwasanya harga harga pakan broiler makin meningkat lantaran bahan penyusun pakan sebagian besar masih di datangkan dari luar negeri (import). Meningkatnya biaya transportasi menjadi dampak meningkatnya harga BBM otomatis menghasilkan peningkatan harga bahan baku pakan. Akibatnya, mau tak mau harga pakan pula menyesuaikan ataupun naik.
Kondisi yang telah di sebutkan berpengaruh terhadap membengkaknya biaya pakan yng berguna membuat besar juga biaya pokok produksi pemeliharaan broiler. Olehkarena itu, peternak (lebih-lebih peternak berdikari) dituntut bagi atau bisa juga dikatakan untuk dua hal, yakni menaikan performance serta sekalian menurunkan biaya pakan. Dari kondisi yang telah di sebutkan lantas muncul ide bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyusun pakan sendiri. Harapanya merupakan harga pakan menjadi lebih rendah dibandingkan yang dengannya membeli pakan jadi.
Menyusun pakan sendiri tentunya memerlukan pengetahuan yng cukup mengenai kandungan nutrisi bahan pakan dan menguasai teknik penyusunan pakan yng baik. Andai tak, terkadang menyusun pakan sendiri mampu jadi bahkan lebih tidak murah lantaran bahan yng dipakai tak cukup tersedia. Selain itu, konsentrasi peternak pula akan terpecah antara mencari bahan penyusun pakan serta memelihara ayam. Dalam skala besar, penyusunan pakan tentunya butuh investasi lebih lantaran memerlukan investasi perlengkapan pengolah pakan.
Baca Pula :
  • Ayam Petelur
  • Harga Telur
  • Harga Ayam
Akan tetapi, bagi yng telah sukses menyusun pakan yang dengannya baik yng ditunjukkan yang dengannya performa ayam yng baik yang dengannya harga pakan yng lebih rendah, tentunya bisnis mampu dikembangkan menjadi usaha baru yng Amat potensial yakni usaha pembuatan pakan yng berorientasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan pakan komersial. Asalkan pakan yng diperoleh mempunyai harga lebih rendah, kualitas baik yng ditunjukkan yang dengannya pertumbuhan serta FCR ayam baik.
Tentu pilihan ada di tangan peternak bagi atau bisa juga dikatakan untuk memutuskan apakan akan mempergunakan pakan jadi (pabrikan) ataupun menyusun sendiri. Ada beberapa keuntungan serta kekurangan dari pilihan yang telah di sebutkan. Apapun pilihannya, baik pakan jadi ataupun menyusun sendiri, yng penting merupakan bahwasanya pakan yng dipakai bisa mendukung pertumbuhan ayam menjadikan bisa atau mampu mencapai performa produksi optimal. Sia-sia pakan murah lantaran membuat sendiri kalau diluar dugaan performa ayam tidak bagus ataupun sayang membeli pakan tidak murah (pabrikan) andai mampu membuat pakan yang dengannya harga lebih murah serta kualitas sebanding. Ferry Tamalluddin 5:40 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2014/12/pakan-ayam-broiler-pakan-pabrik-atau.html.

Seputar PAKAN AYAM BROILER, PAKAN PABRIK ATAU MENYUSUN SENDIRI?

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain PAKAN AYAM BROILER, PAKAN PABRIK ATAU MENYUSUN SENDIRI?