Budidaya Joper

- Juli 02, 2017

Budidaya Joper

 
Ayam kampung biasa dibudidayakan oleh peternak di Indonesia yang dengannya tips diumbar, ataupun ayam dibiarkan berkeliaran serta mencari makan sendiri. Akan tetapi tips ini dipandang tidak lebih mempunyai nilai ekonomis andai tujuan pemeliharaan bagi atau bisa juga dikatakan untuk profit oriented. Pola pemeliharaan ayam kampung secara intensif adalah tips yng mampu mendatangkan keuntungan menjadi sebuah usaha. Permintaan daging ayam kampung yng cukup besar memberikan kesempatan usaha yng menggiurkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya ayam kampung secara intensif.
Perawatan ayam kampung yng dipelihara secara intensif mempunyai tidak banyak perbedaan yang dengannya perawatan ayam kampung tips tradisional. Selain memerlukan perhatian yng ekstra pula masalah pemberian makanan Perlu lebih diatur. Memelihara ayam kampung secara intensif mempunyai keungulan, yakni lebih gampang melakukan kontrol terhadap penyakit. Supaya dalam bisnis budidaya ayam kampung super secara intensif ini mampu sukses, diharapkan manajemen serta tata kelola yng baik serta benar. Ada beberapa faktor yng menjadi penentu kesuksesan bisnis budidaya ayam kampung secara intensif. Faktor-faktor yng penting diperhatikan dalam bisnis budidaya ayam kampung secara intensif antara lain : A. PEMILIHAN BIBIT PADA AYAM KAMPUNG
Bibit ayam kampung ataupun lebih dikenal yang dengannya DOC adalah hal yng penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk diperhatikan. Andai tujuan pemeliharaan ayam kampung bagi atau bisa juga dikatakan untuk tujuan diambil daging, maka memilih DOC dari keturunan ayam yng bertubuh besar serta pertumbuhan yng cepat diprioritaskan. Selain itu waktu penetasan bibit ayam kampung (DOC) Perlu tepat waktu(21 hari) tak terlalu cepat ataupun terlalu lama. Tanda-ciri DOC yng mempunyai kualitas tidak jelek alias bagus antara lain berdiri tegap, sehat serta tak cacat, mata bersinar, pusar terserap sempurna, bulu bersih serta mengkilap. Jangan tidak ingat memberikan vaksinasi sesuai usia DOC. B. MASALAH PAKAN PADA AYAM KAMPUNG
Pakan pada ayam kampung memegang peranan yng cukup penting dalam menentukan pertumbuhan ayam kampung. Walau demikian sebetulnya pakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam kampung taklah serumit pakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam lain semisal broiler, ayam petelur serta lain-lain. Bahan pakan yng mampu diberikan antara lain : konsentrat, dedak, jagung. Selain makanan pabrikan yang telah di sebutkan mampu pula diberikan pakan pengganti semisal sisa dapur/warung, roti BS, mie instant remuk, bihun BS, dan juga lain-lainya. Pakan pengganti yang telah di sebutkan cukup mampu menghemat biaaya produksi menjadikan keuntungan bisnis ayam kampung mampu meningkat. Yng terpenting dalam menyusun ransum bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam kampung Perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi ayam kampung yakni protein kasar (PK) sebesar 12% serta energi metabolis (EM) sebesar 2500 Kkal/kg. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Jumlah pakan yng diberikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam kampung disesuaikan yang dengannya usia ayam kampung itu sendiri, semisal berikut:
  • 7 gram/per hari hingga umur 1 minggu
  • 19 gram/per hari hingga umur 2 minggu
  • 34 gram/per hari hingga umur 3 minggu
  • 47 gram/per hari hingga umur 4 minggu
  • 58 gram/per hari hingga umur 5 minggu
  • 66 gram/per hari hingga umur 6 minggu
  • 72 gram/per hari hingga umur 7 minggu
  • 74 gram/per hari hingga umur 8 minggu
Selain makanan, ayam kampung memerlukan minuman. Minuman diberikan secara tak dibatasi, disediakan wadah bagi atau bisa juga dikatakan untuk minuman, andai habis ditambahkan lagi. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung kesuksesan budidaya ayam kampung, PT Natural Nusantara (NASA) mengeluarkan serangkaian produk vitamin yng Amat memberikan manfaat bagi peningkatan produktivitas peternakan ayam kampung, baik dari segi kualitas, kuantitas, serta efektivitas. Produk yang telah di sebutkan di antaranya VITERNA, POC NASA, HORMONIK. Viterna Plus adalah suplemen khusus ternak yang dengannya kandungan :
  1. Mineral-mineral yng penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan tulang, organ luar serta dalam, pembentukan darah serta lain-lain.
  2. Asam-asam amino utama semisal Arginin, Histidin, Isoleucine, Lycine, Methionine , Phenylalanine, Threonine, Thryptophan, serta Valine menjadi penyusun protein bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembentukan sel, jaringan, serta organ tubuh.
  3. Vitamin-vitamin lengkap, yakni A, D, E, K, C serta B Komplek bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan serta ketahanan tubuh.
Pemberian POC NASA yng memiliki kandungan banyak sekali mineral penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan ternak, semisal N, P, K, Ca, Mg, Fe serta lain-lain dan dilengkapi protein serta lemak nabati, bisa atau mampu menaikan pertumbuhan ternak ayam kampung, ketahanan tubuh babi, mengurangi kadar kolesterol daging serta mengurangi bau kotoran. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk hasil lebih optimal, pemberian POC NASA disarankan ditambahkan yang dengannya Hormonik.
Hormonik berperan menjadi zat pengatur tumbuh, di mana keberadaannya akan Amat penting dalam membantu menaikan pertumbuhan ternak babi. Menjadikan budidaya ternak ayam kampung mampu di lakukan dalam waktu lebih singkat akan tetapi tetap memperoleh hasil yng optimal.
Pemakaian VITERNA Plus, POC NASA, serta HORMONIK mampu di lakukan menjadi campuran air minum yng diberikan sepanjang hari. Mampu juga dicampurkan menjadi pembasah pada pakan konsentrat. C. SISTEM KANDANG AYAM KAMPUNG
Ada tiga jenis sangkar, yaitu sangkar box, sangkar postal serta sangkar baterai. Sangkar box menjadi tempat pemeliharaan anakan ayam kampung unggulan ataupun DOC. Disebut sangkar box lantaran bentuknya yng memanglah kotak. Dalam kadang box ukuran 1 x 1 m bisa diisi sebanyk 40 -45 DOC. Lama pemeliharaan DOC dalam sangkar box +- 20 hari. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kehangatan sangkar diberikan lampu pada sangkar box yang dengannya suhu 30 – 32 derajat celcius. Memasuki hari ke-21 ayam kampung dipindah ke sangkar pembesaran ataupun sangkar postal. Ukuran sangkar postal menyesuaikan yang dengannya jumlah ayam kampung yng dipelihara. Sangkar postal ukuran 5 x 20 m mampu diisi sebanyk 1200 ekor ayam kampung unggulan. Lama pemeliharan dalam sangkar postal ini merupakan disaat ayam kampung unggulan berumur 21 hari hingga waktu panen. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk sangkar baterai diharapkan menjadi sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk indukan ataupun ayam kampung petelur. Tempat sangkar yng ideal merupakan mempunyai jarak yang dengannya permukiman minimal 5 m, tak lembab, sinar matahari pagi bisa masuk serta sirkulasi udara cukup baik. Sebaiknya memilih tempat yng agak rindang serta terhalangi oleh bangunan ataupun tembok lain supaya angin tak berhembus langsung ke dalam sangkar. Sebelum sangkar diisi yang dengannya ayam kampung, butuh di lakukan penyucihamaan yang dengannya disinfektan yng tak rawan bagi ayam. D. PENGENDALIAN PENYAKIT AYAM KAMPUNG
Penyakit pada ayam kampung kerap kali memicu masalah serta kerugian yng besar. Lantaran itu pengendalian serta pencegahan penyakit penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk di lakukan. Beberapa tindakan yng mampu di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah penyakit antara lain:
  1. Melindungi sanitasi lingkungan sangkar, perlengkapan sangkar serta manusianya
  2. Pemberian pakan yng fresh serta sesuai kebutuhan ternak
  3. Melakukan vaksinasi secara teratur
  4. Pemilihan tempat peternakan di daerah yng bebas penyakit
  5. Manajemen pemeliharaan yng baik
  6. Kontrol terhadap binatang lain.


Sumber rujukan dan gambar : http://ternakjopertegal.blogspot.com/2016/12/budidaya-joper.html.

Seputar Budidaya Joper

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Budidaya Joper