Cara Uji Kadar Toksin Bahan Pakan Ternak Ayam, Bebek, Puyuh

- Juli 24, 2017

Cara Uji Kadar Toksin Bahan Pakan Ternak Ayam, Bebek, Puyuh

 
Ternak Pertama - Lampu ultra violet model portable memakai battery AA 4 buah, mampu dipakai menjadi tester kadar toksin (racun) di dalam pakan serta bahan baku pakan (jagung, katul dll). Alat ini murah serta praktis. Peternak profesional wajib memilikinya.
Tester toksin ini cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui ada ataupun tak adanya toksin di dalam pakan serta bahan baku pakan. Kalau ada, cuma mampu diketahui secara kualitatif saja : tidak banyak, tengah ataupun tidak sedikit. Kriteria kadar toksinnya tidak banyak bila didapati sinar flourescent hijau metalik 3 – 5 titik pada permukaan pakan serta bahan baku pakan yng diperiksa seluas kertas A-4. Kriterianya tidak sedikit bila nampak sinar flourescent dalam jumlah ramai sekali hampir setiap 1 cm.
Bila dari hasil tes pakai sinar ultra violet didapati pakan ataupun bahan baku pakan yng memiliki kandungan toksin, tindakannya :
1. Bila parah, tampak sinar flourescent hijau metalik dalam jumlah tidak sedikit, maka pakan ataupun bahan baku pakan yang telah di sebutkan pantas ditolak, lantaran tak layak pakai (reject);
2. Bila tengah, tampak sinar flourescent hijau metalik dalam jumlah tak tidak sedikit, maka masih mampu dipakai yang dengannya catatan, pemakaiannya Perlu dicampur yang dengannya pakan serta bahan baku pakan lain yng sehat, tanpa toksin, yang dengannya porsi maksimum 10% (1 bagian bertoksin + 9 bagian yng sehat) serta tambahkan toxin binder yang dengannya dosis maksimum;
3. Bila ringan, tampak sinar flourescent hijau metalik dalam jumlah tidak banyak, 1 – 2 titik, maka masih bisadipakai yang dengannya catatan, pemakaiannya Perlu dicampur yang dengannya pakan serta bahan baku pakan lain yng sehat, tanpa toksin, yang dengannya porsi 20% (1 bagian bertoksin + 4 bagian yng sehat) serta tambahkan toxin binder yang dengannya dosis minimum hingga tengah.
Catatan :
1. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui kadar toksin secara kuantitatif ataupun jumlahnya, tentu saja Perlu diperiksakan ke laboratorium;
2. Pakan yng memiliki kandungan toksin > 30 PPB (Part Per Billion = bagian per milyar), bukan PPM (part per million = bagian per sejuta), akan berakibat Amat mengganggu kebugaran atau kesehatan organ-organ ayam dari mulut, tembolok, ampela, usus, liver, paru serta immuno-suppresive. Performance jadi tidak bagus. Amat merugikan.
Sumber : Arboge FS 7:34 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2015/10/cara-uji-kadar-toksin-bahan-pakan.html.

Seputar Cara Uji Kadar Toksin Bahan Pakan Ternak Ayam, Bebek, Puyuh

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Uji Kadar Toksin Bahan Pakan Ternak Ayam, Bebek, Puyuh