Cara Beternak Jangkrik Bagi Pemula

- Agustus 04, 2017

Cara Beternak Jangkrik Bagi Pemula

 
Ternak Pertama. Beternak Jangkrik - Jangkrik merupakan satu dari sekian banyaknya serangga yng saat ini tidak sedikit di dijadikan pakan burung, ikan dan reptil. Permintaan pasar akan jangkrik makin tinggi seiring yang dengannya naiknya ketertarikan warga atau juga bisa dikatakan masyarakat bagi atau bisa juga dikatakan untuk merawat burung, ikan dan reptil. Cara ternak jangkrik lumayan gampang dijalankan baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk skala kecil ataupun besar.
Sebelum mengulas mengenai Cara beternak jangkrik, ada baiknya kamu mengetahui berlebi dahulu tipe dan sifat bintang satu. Nama ilmiah jangkrik Gryllus Sp., tergolong dalam keluarga Gryllidae. Pendapat dari catatan tersedia lebih dari 1000 spesies jangkrik yng nasib di daerah tropis.
Beternak Jangkrik
Di Indonesia, setidaknya sudah mengenal 100-an spesies jangkrik. Akan tetapi belum semuanya terpetakan yang dengannya yang dengannya lengkap. Jenis spesies yng tidak sedikit dipelihara bagi atau bisa juga dikatakan untuk ternak jangkrik komersial merupakan Gryllus mitratus dan Gryllus testaclus.
Jangkrik merupakan hewan herbivora. Di alam bebas serangga ini memakan daun-daunan muda semisal rerumputan. Dalam lingkungan budidaya, bisa diberi pakan sayuran hijau yng tidak sedikit memiliki kandungan air semisal sawi, bayam, selada, mentimun dan daun pepaya.
Tahapan Dalam Beternak Jangkrik
Persiapan sangkar
Sangkar Jangkrik
Langkah pertama yng butuh kamu lakukan dalam berternak jangkrik yakni yang dengannya menyiapkan sangkar jangkrik ataupun tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya jangkrik. Sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk ternak jangkrik bisa dibuat dari beberapa bahan semisal kardus, papan ataupun triplek. Pada peluang hari ini, ternak pertama akan memberikan cara tips pembuatan sangkar jangkrik dari kayu serta kasa yng tidak jelek alias bagus.
  1. Tampilan sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk ternak jangkrik kotak semacam peti, bisa terbuat dari papan ataupun tripleks. Berikut foto sangkar jangkrik kotak tunggal.
  2. Kotak terbuat dari papan ataupun tripleks yang dengannya tulang dari kayu kaso/kayu reng. Ukuran panjang 100 cm, lebar 60 cm dan tinggi 30-40 cm.
  3. Genakan lem pada setiap sambungan serta aspek peti. Gunanya agar bisa jangkrik yng baru menetas tidak keluar lewat lubang sambungan. Ukuran jangkrik baru menetas Amat kecil.
  4. Permukaan atas Perlu bisa dibuka tutup yang dengannya memakai engsel
  5. Pada sesi muka serta belakang diberi lubang ventilasi. Ukuran lubang ventilasi 50 x 7 cm, posisi lubang tidak lebih lebih 10 cm dari atas (lihat foto). Ventilasi ditutup yang dengannya kasa kawat ukuran halus agar bisa jangkrik kecil tidak bisa kabur.
  6. Pada sesi samping diberi lubang ataupun cantelan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pegangan. Gunanya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempermudah membawa ataupun menggeser peti.
  7. Pada sekeliling sesi permukaan dalam, kira-kira 10 cm dari atas, diberi isolasi plastik. Gunanya agar bisa jangkrik tidak merayap ke atas.
  8. Pasang kaki-kaki pada keempat sudut peti, kira-kira tingginya 10 cm. Keempat kaki-kaki yang telah di sebutkan nantinya diletakan pada mangkung yng diisi air ataupun cairan lain. Gunanya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah hama semisal semut masuk ke dalam sangkar
  9. Sangkar jangkrik pula bisa dibangun bersusun, misalnya tiga susun bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghemat tempat dan efisiensi budidaya. Sangkar jangkrik sebaiknya diletakkan di dalam ruangan yng gelap, tidak di kenai sinar matahari langsung.
Selain terlindung dari sinar matahari langsung, ternak jangkrik pula butuh ketenangan. Sebaiknya pilih ruangan yng memiliki angin cukup, gelap, jauh dari hiruk pikuk dan lantas lalang aktifitas kita-kita.
Persiapan Bibit Jangkrik
Bibit jangkrik
Tahap kedua yng butuh anda sekalian persiapkan merupakan memilih bibit jangkrik yng mempunyai kualitas. Semisal yng sudah kami sampaikan, bibit bagi atau bisa juga dikatakan untuk ternak jangkrik yng biasa diternakan merupakan dari tipe G. miratus serta G. testaclus. Bibit yang telah di sebutkan bisa dibeli dari toko pakan yng menyediakan pakan.
Sebetulnya tipe jangkrik lain bisa pula diternakan, ada banyak sekali spesies yng bisa di ternakan akan tetapi lambat dalam perkembangbiakkannya.
Bibit ataupun indukan ternak jangkrik sebaiknya diperoleh dari tangkapan alam ataupun andai kamu mengalami kesulitan, setidaknya bibit jangkrik jantan didapat dari alam. Karena umumnya indukan jantan hasil tangkapan alam lebih proaktif.
Tanda-ciri indukan jangkrik yng tidak jelek alias bagus:
  • Sungut ataupun antena tetap panjang, seluruh anggota badan lengkap, bisa melompat jauh serta gesit, badan dan berwarna mengkilap.
  • Jangan memilih jangkrik yng bila dipegang mengeluarkan cairan baik dari mulut ataupun duburnya.
  • Induk jantan mengeluarkan derikan yng keras. Permukaan sayap ataupun punggungnya bergelombang serta kasar.
  • Induk betina ada ovipositor dibagian ekornya, ekornya ada tiga bagian yaitu bagian sedang merupakan ovipositor. Ukurannya besar.
Cara Membedakan Jangkrik Jantan serta Betina
Cara membedakan jangkrik jantan serta betina yng paling gampang merupakan yang dengannya melihat ekornya. Jangkrik jantan cuma memiliki dua helai ekor sedangkan betina memiliki 3 helai ekor. Sebetulnya ekor bagian sedang merupakan ovipositor.
Cara Ternak Jangkrik Bagi pemula
Keadaan sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk ternak jangkrik Perlu memperhatikan tingkat kelembaban serta binatang pengganggu. Kelembaban sebaiknya Suka kamu kontrol, khususnya saat ini musim kemarau, Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kelembaban bisa di lakukan yang dengannya penyemprotan ataupun menutup sangkar yang dengannya karung goni basah.
Musuh ataupun hama ternak jangkrik lumayan tidak sedikit, diantaranya tikus, kecoa, semut serta laba-laba. Tak cuma itu, jangkrik bisa menjadi kanibal bila keterdapatan makanan dalam sangkar tidak mencukupi.
Tahapan dalam Beternak Jangkrik
Mengawinkan jangkrik
Tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawinkan jangkrik sebaiknya terpisah yang dengannya tempat pembesaran anakan. Kondisi sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawinkan sebaiknya dibuat semirip barangkali yang dengannya yang dengannya daerah asal jangkrik di alam. Dinding sangkar bisa diolesi tanah liat, semen putih serta diberi daun-daun kering, semisal daun jati, daun pisang atau juga serutan kayu.
Jangkrik yng akan dikawinkan Perlu berasal dari spesies yng percis. Bila indukan jantan serta betina tidak percis spesiesnya, perkawinan tidak akan berlangsung. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawinkan jangkrik masukan indukan betina serta jantan yang dengannya perbandingan 10:2.
Dalam sangkar perkawinan, siapkan bak pasir ataupun tanah menjadi tempat peneluran. Selama masa perkawinan jangkrik jantan akan mengeluarkan bunyi derik makin menerus. Jangkrik betina yng sudah dibuahi lantas akan bertelur. Telur umumnya diletakkan dalam pasir ataupun tanah.
Selama masa perkawinan jangkrik Perlu mendapatkan asupan pakan yng cukup. Semisal pakan yng mampu kamu berikan merupakan kubis, sawi, kangkung, bayam, daun pepaya serta jenis sayuran hijau lain-lainnya. Yng butuh kamu ingat merupakan selaku cek makanan yang telah di sebutkan, Buang pakan yng tersisa sehari-hari, jangan hingga sisa makanan jangkrik yng ada di sangkar membusuk.
Peternak Jangkrik umumnya ada yng memberikan ramuan khusus bagi jangkrik yng tengah dikawinkan. Semisal : bekatul, tepung ikan, kuning telur bebek yng sudah direbus serta dihaluskan, serta banyak sekali vitamin. Hal yang telah di sebutkan di lakukan supaya telur yng diperoleh mampu tidak sedikit serta berharga. Apakah ramuan yang telah di sebutkan yang telah di sebutkan manjur? belum ada ujinya cuma didasari dari pengalaman diberikan peternak saja.
Cara Menetaskan Telur Jangkrik
Menetaskan Telur Jangkrik
Telur jangkrik akan menetas setelah 7-10 hari, terhitung sejak perkawinan. Maksimal 5 hari seusai induk betina bertelur (sebelum menetas), pisahkan telur-telur yang telah di sebutkan. hal yang telah di sebutkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari si induk memakan telurnya sendiri.
Pindahkan ke dalam sangkar penetasan telur yng pula sekalian pembesaran anakan. Warna telur yng sudah dibuahi akan berganti dari bening menjadi keruh. Seusai sekitar 4-6 hari umumnya telur menetas.
Pada masa penetasan, kelembaban sangkar Perlu makin kamu jaga, tatacaranya yang dengannya penyemprotan air, ataupun menutup sangkar yang dengannya karung goni basah.
Cara Pemberian Makan Pada Jangkrik
Pemberian pakan
Seusai telur menetas, langkah selanjutnya merupakan memberikan pakan. Jangkrik yng baru menetas, berusia 1-10 hari diberi pakan ayam (voor), yng terbuat dari kacang kedelai, beras merah, serta jagung kering yng dihaluskan.
Seusai lewat dari 10 hari, anakan jangkring bisa dikasih makan sayur-sayuran serta Jagung muda, Selanjutnya, pakan yang telah di sebutkan bisa ditambahkan singkong, mentimun ataupun ubi.
Cara Pemeliharaan Sangkar Jangkrik
Pemeliharaan Sangkar Jangkrik
Penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi sangkar supaya tetap higienis serta bersih, serta terhindar dari gangguan hama. Hal lain yng butuh kamu jaga merupakan kondisi sangkar agar bisa tetap lembab serta gelap. Tak cuma itu yng butuh anda sekalian perhatikan merupakan makanan jangkrik, andai makanan yang telah di sebutkan habis serta kamu tak mengetahuinya mkan jangkrik yang telah di sebutkan akan menjadi kanibal, saling memangsa di antara orang-orang.
Buang pakan yng tersisa sehari-hari, jangan hingga sisa makanan jangkrik yng ada dikandang hingga membusuk. Sangkar yng sudah kamu buat sebaiknya dicuci dahulu, jangan hingga tercium bau vinil bila sangkar yang telah di sebutkan dari tripleks. Tatacaranya, lumuri permukaan sangkar yang dengannya lumpur sawah lantas dijemur sampai-sampai kering.
Periksa air yng ada pada mangkuk ataupun kaleng pada kaki-kaki sangkar. Tambah ataupun ubah bila cairan yang telah di sebutkan habis. Cairan yng bisa dipakai yaitu air, minyak tanah, ataupun jenis cairan lain yng bisa mencegah hama masuk ke dalam sangkar.
Cara Memanen Jangkrik yng benar
Pemanenan
Ada dua hasil yng bisa dipanen dari ternak jangkrik, yakni jangkrik dewasa serta telur jangkrik. Telur jangkrik umumnya dipasarkan lebih tidak murah dari jangkrik itu sendiri. Telur umumnya dipasarkan terhadap para peternak jangkrik pembesaran.
Ternak jangkrik sudah bisa dipanen setelah mencapai umur tidak lebih lebih 30 hari. Terhitung sejak telur mulai menetas. FS 11:15 PM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2015/09/Cara-beternak-jangkrik.html.

Seputar Cara Beternak Jangkrik Bagi Pemula

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Beternak Jangkrik Bagi Pemula