TRIK MEMBASMI HAMA BENIH IKAN

- Agustus 09, 2017

TRIK MEMBASMI HAMA BENIH IKAN

 

Hama ikan merupakan hewan yng berukuran lebih kecil, percis/lebih besar serta bisa atau mampu memicu gangguan pada ikan. Hama yng paling tidak sedikit di jumpai di kolam-kolam warga atau juga bisa dikatakan masyarakat antara lain Ucrit, Kini-kini serta Bebeasan.
1. Ucrit
Hama benih ikan yng dikenal yang dengannya nama ucrit ini adalah larva dari Cybister ataupun kumbang air. Bentuknya memanjang semisal ulat, berwarna ke hijauan, serta mempunyai panjang sekitar 3-5 cm. Ikan-ikan yng Suka menjadi mangsa ucrit merupakan benih ikan ukuran 1–3 cm. Tatacara kerja ucrit merupakan mula-mula ikan di tangkap kemudia dilumpuhkan yang dengannya ujung ekor yng bercabang dua serta tajam. Akibat tusukan ekornya yang telah di sebutkan, ikan menjadi tak berdaya. Sembari terus di genggam erat, mangsanya di makan tidak banyak demi tidak banyak yang dengannya tatacara di gigit. Pencegahan Genakan system filter (saringan) air masuk pada kolam pembenihan ataupun kolam penderan supaya ucrit serta induk kumbang tak ikut masuk ke dalam kolam bersama peredaran air.
Hindari penebaran benih ikan pada kolam yng telah di genangi air lebih dari satu minggu.
Genakan benih ikan yang dengannya ukuran tak terlalu kecil, makin kecil maka makin gampang dimangsa para predator ikan.
Padat penebaran jangan terlalu tinggi.
Hindari penumpukan bahan organik di sekeliling kolam. Andai pemupukan yang dengannya pupuk organik usahakan jangan mengumpul di satu tempat (misal di dalam karung) lantaran tempat yang telah di sebutkan disukai ucrit.
Genakan sumber air yng kira-kira tak memiliki kandungan hama. Pemberantasan Walaupun ucrit ataupun kumbang air susah di basmi di kolam akan tetapi upaya penaggulangan Perlu di lakukan. Beberapa tatacara yng bisa di lakukan antara lain: Secara mekanis, yang dengannya mempergunakan alat tangkap berupa seser. Penggunaan seser sebetulnya cukup efektif lantaran andai yang dengannya tangan akan susah di lakukan lantaran mampu meloloskan diri malah bisa menggigit tangan. Ucrit yng tertangkap dikumpulkan serta segera dimusnahkan.
Yang dengannya bahan kimia, Pengendalian ucrit adalah langkah yang terakhir andai pengendalian secara mekanis susah di lakukan. Bahan yng di pakai merupakan minyak tanah. Tidak sedikit pembudidaya melakukanya yang dengannya tatacara menyiramkan/menyemprotkan minyak tanah ke permukaan air kolam. Pertimbangannya merupakan lantaran sifat minyak tanah yng mengapung di air. Yang dengannya demikian, ucrit tak bisa mengambil oksigen dari udara bebas menjadikan pada akhirnya pun akan mati. Penggunaan minyak tanah tak rawan pada ikan lantaran biasanya ikan ada di dalam air. Akan tetapi, penggunaan pada ikan lele taklah tepat lantaran ikan lele Suka muncul kepermukaan. Seusai ucrit mati, masukan air baru ke dalam kolam serta buka pembuangan air menjadikan ucrit yng mati ikut terbuang bersama minyak tanahnya.
2. Kini kini
Kini kini hidup di bawah permukaan air serta berasal dari capung (Odonanta). Kini-kini Amat lihai sekali dalam mengkap ikan. Ikan yng tertangkap akan dihisap darahnya serta lantas akan memakan mangsanya secara bertahap. Kemampuannya menangkap serta memangsa Amat tinggi serta dalam waktu yng singkat. Hewan ini Amat menyenangi jenis ikan yng lembek, lebih-lebih benih ikan karper semisal ikan mas.
Pencegahan
Memperhalang capung supaya tak mampu bertelur di permukaan air kolam. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi frekuensi peneluran capung dianjurkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menutup sebagian permukaan air yang dengannya tumbuhan air mengapung ataupun menutup seluruh bagian atas bak kolam mampu mempergunakan jaring (net). Selain itu, kurangi padat penebaran.
Pemberantasan
Percis sulitnya semisal memberantas uncrit serta kumbang air lantaran kini-kini hidup di permukaan air serta dosis (insektisida) yng aman bagi benih belum tentu efektif bagi atau bisa juga dikatakan untuk mematikan kini kini.
3. Notonecta
Noctonecta ataupun andai didaerah Jawa Barat lebih dikenal yang dengannya sebutan bebeasan adalah predator benih ikan dari kelompok serangga air yng berukuran kecil. Bentuk ataupun ukuran badan Notonecta persis semisal butiran beras serta seluruh bagian bawah tubunhya berwarna putih. Hewan ini membunuh mangsanya yang dengannya alat penusuk yng sekalian berfungsi menjadi alat penghisap cairan tubuh ikan yng di serang. Sasarannya larva serta benih ikan ukuran 1 – 2 cm dan telur-telur yng tengah di tetaskan. Akibat tusukannya, telur gampang terinfeksi jamur Achlya serta Saprolegnia. Seekor notonecta bisa atau mampu membunuh 10 ekor benih ikan cuma dalam waktu tidak lebih dari 12 jam. Pencegahan Pemasangan saringan pada lubang pemasukan air. Saringan bisa dibuat dari kawat halus ataupun kasa. Selain itu, bisa pula dibuat dari ijuk. Tujuannya merupakan supaya bebeasan tak mampu masuk ke dalam kolam. Secara periodik saringan dibersihkan supaya saluran air tak tersumbat. Pembersihan saringan di lakukan yang dengannya mencuci di air bersih yng mengalir. Dianjurkan melakukan penetasan telur secara terkontrol di dalam hapa Pemberantasan Percikan minyak tanah ke seluruh permukaan air kolam sebanyk 500 cc (0,5 Liter) per 50-100 M2 luas permukaan air. Notonecta akan mati lantaran stigmanya (alat pernafasannya) kemasukan minyak tanah. Supaya efektif sebaiknya tatkala diberi minyak tanah lubang pengeluaran ditutup. Seusai seluruh bebeasan mati, maka tutup di buka kembali serta lubang pemasukan di aliri air menjadikan minyak tanah serta bebeasan yng mati keluar/terbuang.
Penyemprotan kolam mempergunakan insektisida yang dengannya dosis 0,5 – 10 ml/m2 air serta biarkan selama tidak lebih lebih 24 jam. Akan tetapi ini beresiko terhadap benih ikan serta telur yng akan ditetaskan.
Perhatian!!! Video mengenai bagaimana ucrit melumpuhkan mangsanya mampu di download di menu Area DownloadVideo
Ferry Tamalluddin 4:35 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2014/12/trik-membasmi-hama-benih-ikan.html.

Seputar TRIK MEMBASMI HAMA BENIH IKAN

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain TRIK MEMBASMI HAMA BENIH IKAN