Kenali Ciri dan Jenis Sapi Brahman Untuk Usaha Ternak

- Agustus 19, 2017

Kenali Ciri dan Jenis Sapi Brahman Untuk Usaha Ternak

 
Ternak Pertama. Kenali Ciri Sapi Brahman Untuk Usaha - Sapi brahman adalah keturunan sapi Zebu ataupun Boss Indiscuss. Asli berasal dari India lantas masuk ke Amerika pada tahun 1849 dan berkembang pesat di Amerika, Di Amerika serikat, sapi Brahman dikembangkan dan diseleksi dan ditingkatkan mutu genetiknya. Seusai sukses, jenis sapi ini diekspor ke banyak sekali negara. Dari Amerika serikat, sapi Brahman ini langsung menyebar ke Australia. Di Amerika terdapat perkumpulan pembibit yng di namakan American Brahman Breeder Association, sedangkan organisasi di Australia bernama Australian Brahman Breeder Association. Sapi Brahman masuk ke Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda.
Sapi Brahman
Sapi Brahman
Bagi para peternak nama sapi Brahman tentu telah tak asing lagi terdengar di pendengaran, sapi potong tipe ini adalah satu dari sekian banyaknya jenis sapi yng terbilang paling baik dari jenis sapi potong yng ada. Sapi ini adalah saingan dari sapi terkenal lain-lainnya yakni sapi limosin dan sapi bali. Andai kailian lihat dari namanya pasti anda sekalian telah mampu menebak asal sapi brahman ini, ya benar semisal yng telah dijelaskan diatas kalau sapi ini berasal dari india. Sapi Brahman adalah hasil dari peranakan sapi zebu yng pula dari India.
Ciri dan Jenis Sapi Brahman
Ciri dan Jenis Sapi Brahman

Ciri Ciri Sapi Brahman Yng Butuh Kamu Tahu


Ciri tanda Sapi Brahman - Tidak lengkap andai kita membahas mengenai sapi Brahman tanpa mengetahui tanda cirinya, bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu ternak pertama akan menuliskan tanda ataupun karakteristik Sapi Brahman dari banyak sekali Sumber
  • Ciri-ciri sapi Brahman memiliki punuk besar, bertanduk, pendengaran besar dan gelambir yng memanjang berlipat-lipat dari kepala ke dada. Sapi Brahman selama berabad-abad mendapatkan kondisi kekurangan pakan, serangan serangga, parasit, penyakit dan iklim yng ekstrim (Turner, 1981).
  • Karakteristik Sapi Brahman berukuran tengah yang dengannya berat jantan dewasa antara 800 s/d 1100 kg, tengah betina 500-700 kg. Berat pedet yng baru lahir antara 30-35 kg, dan bisa tumbuh cepat yang dengannya berat sapih kompetitif yang dengannya jenis sapi lain-lainnya. Persentase karkas 48,6 s/d 54,2%, dan pertambahan berat harian 0,83 - 1,5 kg (Turner,1981).
  • Sapi Brahman memiliki sifat pemalu dan cerdas dan bisa mengikuti keadaan yang dengannya lingkungannya yng bervariasi. Sapi ini suka mendapatkan perlakuan halus dan bisa menjadi liar andai mendapatkan perlakuan kasar. Konsekuensinya penanganan sapi ini Perlu hati-hati. Akan tetapi secara keseluruhan sapi Brahman gampang dikendalikan. Sapi Brahman warna-nya bervariasi, dari abu-abu muda, merah hingga hitam. Kebanykan berwarna abu muda dan abu tua. Sapi jantan warna-nya lebih tua dari betina dan mempunyai warna gelap di daerah leher, bahu dan paha bawah. Sapi Brahman bisa mengikuti keadaan yang dengannya baik terhadap panas, orang-orang bisa bertahan dari suhu 8-105 oF, tanpa ganguan selera makan dan produksi susu (Gunawan et al, 2008).
  • Sapi Brahman memiliki sifat-sifat yng cuma dipunyai oleh beberapa bangsa sapi tertentu, yakni ketahanannya terhadap kondisi tatalaksana yng Amat minimal, toleransi terhadap panas, kemampuannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengasuh anak, daya tahan terhadap kondisi yng tidak bagus. Kelemahan yng dimiliki oleh bangsa sapi ini merupakan intoleransi terhadap suhu udara yng rendah, dan rendahnya fertilitas (Blakely dan Bade 1992), memiliki sifat tahan terhadap bermacam-macam kondisi lingkungan dan beberapa penyakit parasit, memiliki sifat keibuan yng baik, kelemahan sapi ini merupakan angka reproduksinya rendah dan kecepatan pertumbuhan yng tidak lebih baik (Hardjosubroto dan Astuti 1994).

Jenis Sapi Brahman

Sapi Brahman Amerika


Sapi Brahman Amerika merupakan satu dari sekian banyaknya jenis sapi Brahman yng unggul dan menjadi favorit bagi peternak tatkala ini, salah satunya peternak indonesia. Negara negara pengimpor terbanyak sapi jenis ini merupakan Eropa dan pula Australia. Sapi ini pendapat dari para peternak layak dijadikan persilangan ataupun sapi cross di banyak sekali belahan negara di dunia. Para peternak yakin akan kualitas dari Sapi Brahman Amerika lebih-lebih dari segi kualitas daging dan pula daya tahan tubuh yng baik andai dibandingkan yang dengannya sapi manapun. Adapun kepopuleran sapi Brahman Amerika ini pertama kali tatkala pada tahun 1850-an dimana ada seorang peternak dari Amerika yng sukses berupaya melahirkan sapi brahman yang dengannya kualitas unggul, menjadikan bisa disebut itu merupakan kesuksesan membudidayakan sapi Brahman paling berhasil sepanjang sejarah di dunia. Kamu mampu hayalkan bahwasanya sapi yang dengannya jenis anakan F-1 dan pula betina dari Sapi Brahman menjadi salah stu hal yng diperebutkan disana-sini. Sementara di Indonesia sendiri, kamu akan susah menjumpai sapi yang dengannya kualitas Brahman ini. Berat badan maksimal dari sapi Brahman asli dari Amerika sendiri mampu mencapai 1,1 ton bagi atau bisa juga dikatakan untuk pejantan dan pula 700kg bagi atau bisa juga dikatakan untuk berat betinanya. Akan tetapi sampai-sampai kini tak ada yng berupaya memecahkan rekor ataupun mendaftarkan sapi brahmannya menjadi sapi yang dengannya berat badan yng terbesar di dunia.

Sapi Brahman Cross


Sapi Brahman Cross - Dari Sapi Brahman Amerika yng sudah menuai keberhasilan, muncul juga variasi lain dari Sapi Brahman ini di Australia. Sapi Brahman Cross ataupun yng biasa disebut yang dengannya sapi BX adalah hasil persilangan Sapi Brahman Amerika yang dengannya sapi sapi dari Australia yng mempunyai jenis Hereford dan Shorthorn. Selain kedua jenis tadi, terdapat peternak lain yng berupaya menyilangkan sapi brahman yang dengannya varietas sapi Droughmaster. Para peternak di Australia ini sendiri berupaya peruntungannya yang dengannya berupaya menyilangkan sapi brahman yang dengannya varietas lain-lainnya supaya mampu memperoleh manfaat dari darah sapi Brahman yng Amat baik menjadikan anakan hasil nya bisa mencapai tingkat 80% tingkat kemiripan yang dengannya sapi brahman Amerika itu. Adapun proses ini meliputi pengambilan darah sapi brahman yng diternak dan bertujuan agar bisa anakan nantinya bisa mempunyai karakter yng percis yang dengannya sapi Brahman dan pula mampu tahan terhadap segala kondisi alam, selain itu pula mampu mempunyai daya tahan tubuh terhadap penyakit yng tak mampu terbantahkan.

Harga Sapi Brahman

Bagi Kamu yng berminat bisnis sapi brahman dan ingin mengetahui berapa harga sapi brahman tatkala ini, yang akan di sajikan kali ini kami tuliskan harga sapi brahman bagi atau bisa juga dikatakan untuk kamu. Mudah-mudahan mampu di jadikan refrensi bagi kamu yng akan mengawali usaha peternakan sapi.
Daftar Harga Sapi Brahman Terkini dan Terupdate
Jenis Sapi BrahmanHarga Sapi BrahmanKeterangan
Bibit Sapi Brahman (BX)Rp. 16.000.000,- s/d Rp. 18.000.000,-Bakalan bobot 200 – 400kg hingga umur 2 tahun
Sapi Brahman DewasaRp. 35.000.000,- s/d Rp. 40.000.000,-Usia Siap Potong

Cek Harga Sapi Hari Ini :
  • Harga Daging Sapi Hari Ini
  • Harga Sapi Limousin
  • Harga Sapi Simental
  • Harga Pedet Sapi Simental
Bagi Bapak/ibu yng tengah mencari Sapi Brahman bagi atau bisa juga dikatakan untuk konsumsi, bisnis maupun usaha peternakan sapi mampu memesan/membelinya di ternakpertama.com melalui :
  1. Email : ternakpertamaku@gmail.com
  2. SMS/WA : 089515248576
  3. PIN BB : 5FC2289D
Format Pemesanan :
  • Ketik NamaLengkap#Alamat Lngkap#Jumlah#Spesifikasi

Semisal Bapak Budi Santoso#jln angrek no 62 Kel/Desa Antapani Kidul Kec Antapani/cicadas Kota Bandung Provinsi Jawa Barat # 100ekor#bobot 300Kg
Note :
*WAJIB Menyebutkan Nama dan Alamat Lengkap *Kami tak mendapatkan Telephone ( andai telah mufakat di Email, SMS/WA ataupun PIN dan Telah Pasti membeli kami yng akan telp/menghubungi bapak/ibu ) *Ternakpertama.com cuma mempergunakan Email, SMS/WA maupun PIN BB yng tertera diatas.
Demikian tulisan atau artikel yng mampu kami tulis mengenai "Kenali Ciri dan Jenis Sapi Brahman Untuk Usaha Ternak ". mudah-mudahan berguna bagi anda sekalian seluruh. Salam peternak Indonesia!!
Baca Pula :
  • Harga Daging Sapi Terbaru
  • Manajemen Perkawinan Domba/Kambing
  • Penyakit Paling Suka Berlangsung Pada Kambing/Domba
FS 7:01 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2016/04/kenali-ciri-dan-jenis-sapi-brahman.html.

Seputar Kenali Ciri dan Jenis Sapi Brahman Untuk Usaha Ternak

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Kenali Ciri dan Jenis Sapi Brahman Untuk Usaha Ternak