Cara Memilih Bibit Itik Atau Bebek Yang Baik dan Berkualitas

- Juli 07, 2017

Cara Memilih Bibit Itik Atau Bebek Yang Baik dan Berkualitas

 
Ternak Pertama - Bebek ataupun Itik merupakan nama umum bagi atau bisa juga dikatakan untuk beberapa spesies burung dalam famili Anatidae. Bebek biasanya merupakan burung akuatik yng sebagian besar berukuran lebih kecil dibandingkan kerabatnya, angsa dan angsa berleher pendek, dan bisa didapati pada perairan air tawar ataupun air laut.
Bebek kadang-kadang disamakan yang dengannya beberapa burung air yng berhubungan jauh akan tetapi mirip dalam penampilan, misalnya loon, grebe, gallinule, dan coot.
Beberapa jenis bebek pula bisa melakukan kawin silang, akan tetapi menghasilkan keturunan yng steril dan tak mampu mempunyai keturunan. Semisal persilangan antara serati dan bebek pelari bisa menghasilkan keturunan steril, brati dan tiktok.(Sumber : wikipedia)
Cara memilih bibit Itik

Sebelum kamu mengawali bisnis dibidang ternak kususnya ternak itik ataupun bebek langkah pertama yng kamu butuh ketahui merupakan mengenal dan memahami jenis itik ataupun bebek apa yng akan kamu pilih bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibudidaya ataupun di ternak, untuk itu kami sarankan kamu bagi atau bisa juga dikatakan untuk membaca tulisan atau artikel kami wacana :
  • 3 Jenis Itik Yang Baik Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Bisnis Ternak
Sesudah tahap pemilihan jenis itik ataupun bebek telah kamu tentukan maka proses selanjutnya yng sangatlah merupakan pemilihan bibit itik ataupun bebek yng baik dan mempunyai kualitas pula butuh kamu pahami yang dengannya benar dan telaah lantaran proses ini adalah satu dari sekian banyaknya elemen yng menentukan kesuksesan kamu dalam beternak itik ataupun bebek. (Lihat pula : Cara Membuat Sangkar Itik Yang Benar)


Proses Pemilihan Bibit Itik Atau Bebek


Memilih bibit itik yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya - Semisal yng telah kami jelaskan diatas, Sebelum kamu melakukan budidaya itik kamu Perlu menentukan tipe itik yng akan kamu pelihara bagi atau bisa juga dikatakan untuk usaha ternak itik ataupun bebek kamu.
Pembibitan itik ataupun Suka kita dengar yang dengannya sebutan DOD, Bibit itik yng di lakukan yang dengannya tatacara intensif taklah sebanyk semisal pada pembibitan ayam (DOC), yng ada cuma penetasan telur yng diperoleh dari beberapa peternak yng lantas ditetaskan oleh peternak kecil menengah (rumahan). Indukannya pun umumnya bukan berasal dari hasil seleksi. untuk itu kita Tak heran andaikan saat ini sulit menjumpai bibit itik unggul dalam jumlah besar dan umurnya seragam.
Menjadi berita, Daerah pusat peternak itik dan penghasil bibit itik (Day Old Duck/DOD) dan itik siap dibesarkan ataupun itik siap bertelur (Meri) merupakan di Alabio-Kalimantan Selatan, Cirebon, Cimalaya-Jawa Barat, Tegal-Jawa Sedang, dan Mojosari-Jawa Timur.
Bagi peternak itik petelur butuh memperhatikan pemberian pakan tatkala itik berusia 1-6 hari guna pertumbuhan kerangka cadangan kapur bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembuatan kulit cangkang telur. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu jauh lebih baik andaikan merawat itik petelur dari DOD daripada membeli bibit itik petelur yng siap bertelur. Akan tetapi agar bisa lebih efisiensi waktu dan biaya, membeli indukan siap bertelur dari peternak pula tak ada salahnya, asalkan mengetahui tips memilih itik yng pas.
DOD Itik

Walaupun tak ada perbedaan total telur yng diperoleh antara itik yng dipelihara dari DOD ataupun Meri. Yang akan di sajikan kali ini kriteria memilih DOD ataupun itik siap bertelur/dibesarkan yng butuh kamu ketahui :

Kriteria DOD Unggul

  • Bobot tidak lebih lebih 38-40 gram.
  • Berbulu tidak jelek alias bagus dan kering.
  • Kedua matanya terbuka/melek.
  • Anak itik bergerak lincah.
  • Pusarnya sudah kering dan duburnya bersih.
  • Tak ada cacat pada kaki (pengkor).
DOD Itik Pedaging
DOD Itik Pedaging

Kriteria Itik Siap Bertelur/Dibesarkan

  • Umur tidak lebih lebih 5 bulan.
  • Tak cacat.
  • Bobot sudah mencapai 1,4 kg ataupun tidak lebih lebih 1,3 kg bagi atau bisa juga dikatakan untuk bebek Mojosari dan 1,4-1,5 kg tipe Alabio.
  • Berat badan wajib seragam agar bisa telur yng diperoleh seragam juga.
  • Beli dalam jumlah dibatasi 200-300 ekor.
  • Tulang pubis (pantat) yng berada ditempat saluran keluar telur tatkala menuju ke kloaka melebar denga ukuran 3 jari tangan.

Cara Memilih Bibit Itik Pedaging

Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit pembesaran itik pedaging pilih bibit pejantan umur 10 minggu yng bobotnya 0,9 kg ataupun itik betina afkir.
Berikut beberapa tipe itik pedaging beserta perdiksi bobot akhir penggemukan.
  • Itik Muskovy (Entok atau juga itik manila), berat tubuh mencapai 3 – 3,5 kg/ekor, daya mengeram baik.
  • Itik Serati, persilangan entok betina yang dengannya itik lokal (itik alabio atau juga itik tegal), berat tubuh mampu mencapai 2,5 – 3 kg.
  • Itik Peking, berat tubuhnya mencapai 4,5 – 5 kg/ekor.
Memilih DOD itik yng baik merupakan satu dari sekian banyaknya kunci sukses beternak itik.
Yang akan di sajikan kali ini Kesimpulan Cara memilih DOD Itik ataupun Bebek yng baik dan mempunyai kualitas.
  • Memiliki bulu bersih, tidak jelek alias bagus, dan kering,
  • Mata jernih, kedua matanya terbuka dan pastinya tak buta,
  • Bergerak lincah,
  • Kaki kokoh dan tak cacat pada kaki (pincang),
  • Bobot minimal 40 gram,
  • Tubuh gelap, nafsu makan yng baik,
  • Bebas dari penyakit unggas, semacam Avian Influenza (AI) Fowl cholera; Fowl pox; Avian chlamydiasis; Salmonellosis dan penyakit lalinnya.

Memilih DOD itik berjenis kelamin jantan


Memilih DOD itik berjenis kelamin jantan yng tidak jelek alias bagus pula sangatlah penting karena laju pertumbuhan itik jantan lebih cepat dari pada itik betina. Jadi berat badan akhir pada umur pemeliharan antara itik jantan dan betina tak percis. Oleh karena itu, merawat DOD itik bagi atau bisa juga dikatakan untuk tujuan potong sebaiknya di pilih satu tipe kelamin saja yakni itik jantan saja bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai keseragaman hasil akhir.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari DOD jantan taklah sulit karena produsen DOD itik sudah menjual itik yang dengannya tatacara terpisah antara jantan dan betina. Butuh kamu ketahui, pemeliharaan itik jantan pula lebih menguntungkan lantaran harga DOD itik jantan jauh lebih terjangkau daripada DOD itik betina.
Berikut Cara bagi atau bisa juga dikatakan untuk membedakan DOD itik jantan dan Betina yng butuh kamu ketahui.
  • DOD jantan memiliki paruh lebih mengkilap daripada paruh betina
  • Ukuran badan DOD jantan lebih besar daripada ukuran badan betina
  • Bunyi DOD jantan bersuara lebih serak (parau) dari pada DOD betina
  • DOD jantan mempunnya leher lebih singkat Ekor DOD jantan ataupun lebih naik daripada ekor DOD betina.
Sesudah memilh bibit yng baik, langkah selanjutnya yakni melakuan pemeliharaan itik yang telah di sebutkan yang dengannya baik. bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu kami sarankan kamu baca lagi tulisan atau artikel kami wacana itik ataupun bebek. Pada Masa pemeliharaan awal ini umumnya merupakan masa yng sulit jadi ketidak sedikitan peternak yng mengalami kegagalan. Akan tetapi kamu Perlu tetap semangat dan pantang menyerah! Hidup Peternak Indonesia.
Demikian Tulisan atau artikel di artikel ini yng mampu kami tulis yaitu wacana " Cara Memilih Bibit Itik Atau Bebek Yang Baik dan Berkualitas " Terima Beri Telah Mengunjungi website kami.
Baca Tulisan atau artikel lainya :
  1. Cara Beternak Bebek Bagi Pemula
  2. Kesempatan Bisnis Budidaya Bebek Peking Untung Besar
  3. Cara Ampuh Supaya Itik ataupun Bebek Cepat Bertelur
FS 9:11 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2016/07/cara-memilih-bibit-itik-atau-bebek-yang-baik-dan-berkualitas.html.

Seputar Cara Memilih Bibit Itik Atau Bebek Yang Baik dan Berkualitas

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Memilih Bibit Itik Atau Bebek Yang Baik dan Berkualitas