Jenis Penyakit Joper Dan Cara Mengatasinya

- Juli 12, 2017

Jenis Penyakit Joper Dan Cara Mengatasinya

 
Jenis Penyakit Pada Ayam Dan Cara Mengatasinya. Dalam menjalankan usaha ayam kampung tentunya ramai sekali kendala yng akan kita hadapi nantinya. Akan tetapi jangan kawatir, andai kita tekun serta sabar dalam melakoni usaha ternak ayam kampung ini maka kita akan yang dengannya gampang melewati kendala-kendala itu. Akan tetapi di tulisan atau artikel di artikel ini saya tak akan membahas seluruh kendala yng akan dihadapi oleh para peternak ayam kampung ini. Kali saya akan membahas kendala yng di takuti tidak sedikit peternak yakni penyakit yng Suka menyerang ayam kampung serta tips mengatasinya. Bukan berguna saya jago dalam usaha satu ini, namun saya cuma akan membagi ilmu yng saya peroleh supaya ilmu yang telah di sebutkan bisa di amalkan bagi seluruh orang.

Mengapa saya bilang ini masalah yng paling ditakuti oleh para peternak? Lantaran faktor ini dia yng paling tidak sedikit memicu produksi ayam kampung kita menurun drastis. Lantaran penyakit ayam menjadi mati serta tentunya akan membuat kerugian yng lumayan. Kebanykan tingginya angka kematian pada anakan ayam kampung yakni pada usia di bawah 2 bulan. Lantaran di usia itulah ayam rentan di kenai aneka macam serangan penyakit. Akan tetapi sesudah ayam berumur lebih dari dua bulan umumnya ayam lebih kebal terhadap serangan penyakit akan tetapi tak menutup mungkin pula ayam bisa di kenai serangan penyakit. Lantaran itu tetap diharapkan pemeliharaan yng baik dan melakukan pencegahan terhadap penyakit. Namun selain penyakit penyebab kematian ayam pula mampu lantaran faktor pakan serta lingkungan sekitar yng tidak lebih memadai.
Dan dibawah ini saya akan memberikan beberapa berita ihwal penyakit yng Suka menyerang ayam kampung kita :
1. Pilek
Pilek? Percis semisal kita-kita ayam pula mampu di kenai pilek serta dibawah ini merupakan gejalanya andai ayam kampung kita di kenai pilek :
- Nafsu makan menjadi menurun, hal ini akan memicu produktifitas telur menurun serta yng paling tidak baik bahkan akan menjadi berhenti.
- Suka dibarengi yang dengannya diare
- Kelopak mata ayam menjadi lebih lengket daripada umumnya
- Pernafasan ayam menjadi lebih cepat serta mengorok (terdapat getah radang yng terdapat pada saluran pernafasan)
- Rongga hidung mengeluarkan lendir kental yng lengket serta berbau busuk. Lendir terkadand bercampur yang dengannya nanah serta bisa mengerak di sekitar lupang hidung serta sinus.
- Busung serta pembengkakan pada daerah muka serta mata
2. Gumboro
Gumboro merupakan penyakit yng bisa menurunkan daya kekebalan tubuh ayam. Dan dibawah ini merupakan gejala-gejalanya andai ayam kita di kenai penyakit gumboro ini :
- Penurunan nafsu makann serta minum
- Bulunya terlihat kusam
- Diare (berlendir serta mengotori buku pantat)
- Iritasi pada dubur ayam (ayam Suka mematoki duburnya sendiri)
- Lesu serta terlihat mengantuk
- Tatkala ayam tidur umumnya paruh diletakkan di lantai serta keseimbangannya mulai terganggu
Penyakit gumboro ini berlangsung lantaran virus gumboro yng menyerang serta merusak system kekebalan tubuh ayam.n Tingkat penyebaran virus ini cukup tinggi lantaran bisa menularkan sampai-sampai seluruh ayam yng berada dalam satu sangkar. Virus ini bisa memicu kematian massal, adapaun ayam yng masih hidup umumnya pertumbuhannya akan terganggu serta akan gampang sekali di kenai serangan aneka macam penyakit lain-lainnya. Dibawah ini saya akan menjelaskan beberapa cara bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi/menyembuhkan penyakit gumboro pada ayam kampung ini.
Sebetulnya penyakit gumboro ini belum didapati obat khusus yng bisa menyembuhkannya akan tetapi pencegahan akan bisa mengatasi penyakit ini. Cara paling gampang dalam mencegah penyakit ini menjangkit ayam-ayam ternak kita merupakan yang dengannya melakukan vaksinasi. Vaksin yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi gumboro ini merupakan semisal gumboro vaccin nobilis (intervet), delvax gumboro, bursavac (sterwin lab), dll. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tips penggunaanya sendiri Perlu kamu sesuaikan yang dengannya peraturan yng tertera pada label vaksinnya.
3. Tetelo
Tetelo merupakan satu dari sekian banyaknya jenis penyakit yng paling tidak sedikit ditakuti oleh peternak. Lantaran penyakit ini bisa memicu tingkat kematian yng cukup tinggi, ditambah serangan penyakit ini mampu disebut tingkat penularannya Amat tinggi. Dan belum didapati pengobatan yng efektif bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi penyakit ini. Akan tetapi satu dari sekian banyaknya tips bagi atau bisa juga dikatakan untuk menganggulangi penyakit tetelo ini merupakan yang dengannya melakukan pencegahan.
Adapun gejala yng penyebabnya yaitu oleh penyakit tetelo ini merupakan menjadi berikut :
- Sesak nafas
- Ngorok
- Batuk-batuk
- Jengger serta kepala menjadi kebiru-biruan
- Sayap terkulai lemas
- Lesu
- Nafsu makan serta minum berkurang
- Beraknya encer berwarna kehijau-hijauan
- Tubuh gemetar
- Kelumpuhan
- Kejang-kejang serta membuat leher terpuntir
- Produksi telur turun drastis dalam kurun waktu yng Amat singkat
Virus ini mempunyai 3 tingkatan :
- Lemah
Gejala yng ditimbulkan dari tingkatan ini semisal produktifitas telur yng makin menurun serta tidak banyak gangguan pada pernafasan.
- Tengah
Gejala yng ditimbulkan pada tingkatan ini semisal gangguan pernafasan, umumnya pada tingkatan ini akan tidak sedikit membuat kematian ayam pada ayam yng masih muda.
- Ganas
Ini dia tingkatan yng paling ditakuti oleh para peternak ayam kampung dsb. Hampir seluruh gejala yng saya sebutkan di atas tadi tampak pada ayam yng di kenai infeksi virus pada tingkatan ganas ini. Dan tingkat kematian dari tingkatan ini mampu hingga 100%.
Pada kenyataannya penyakit tetelo belum didapati obat yng efesien bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobatinya ataupun malah tak mampu di sembuhkan. Oleh karena itu ayam yng telah di kenai/terjangkit penyakit ini Perlu segera di musnahkan lantaran bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah penularan ke ayam yng lain-lainnya. Pencegahan yng paling baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk menannggulangi penyakit ini merupakan yang dengannya memberikan ayam vaksinasi. Jenis vaksin yng bisa kita genakan merupakan semisal vaksin Strain F, Strain K, Lasota, dll.
Adapun tips memberikan vaksinasi yng baik merupakan yang dengannya memberikannya pada ayam tatkala berumur 4 hari, 4 minggu, 4 bulan serta seterusnya di lakukan 4 bulan sekali. Pemberian vaksin pada anakan ayam yng masih berumur 4 hari bisa di lakukan yang dengannya tips tetes mata ataupun tetes pada mulut ayam. Pemberian yang dengannya tips ini bisa kita lakukan yang dengannya mempergunakan alat pipet tetes. Tetes mata bisa kita lakukan yang dengannya tips meneteskan sebanyk 1 kali pada masing-masing mata sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tetes mulut kita bisa memberikannya sebanyk 2 kali tetes.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemberian vaksi pada ayam yng berumur 4 minggu serta 4 bulan mampu kita lakukan yang dengannya tips penyuntikan. Sebelum kita melakukan penyuntikan sebaiknya kita mengencerkan vaksin berlebi dahulu. Umumnya vaksin di jual dalam 3 kemasan yang dengannya petunjuk penggunaan masing-masing :
- 1 ampul bagi atau bisa juga dikatakan untuk 100 ekor ayam
- 1 ampul bagi atau bisa juga dikatakan untuk 500 ekor ayam
- 1 ampul bagi atau bisa juga dikatakan untuk 1.000 ekor ayam
Dalam membeli vaksin kita Perlu memperhatikan kemasan yng sesuai yang dengannya kebutuhan kita, karena vaksin Perlu dihabiskan dalam satu kali pemakaian. Pengenceran vaksin di lakukan yang dengannya tips mencampur vaksin yang telah di sebutkan yang dengannya aquades. Menjadi semisal kita memiliki 100 ekor ayam yng akan kita vaksinasi. Kemasan yng kita butuhkan berguna 1 ampul, lantas jumlah (cc) aquades yng dicampurkan akan menenntukan jumlah (cc) suntikan vaksin bagi atau bisa juga dikatakan untuk tiap ekor ayam. Yang dengannya demikian maka perhitungan (cc) suntikan yng diberikan pada setiap ekor ayam merupakan :
(20 cc/100ekor) x 1 cc = 0,2 cc
Sebelum melakukan vaksinasi kita Perlu memperhatikan beberapa hal semisal dibawah ini :
- Simpen vaksin dalam suhu yng dingin (kulkas, termos es, tempat diberi es balok)
- Alat Perlu steril
- Ayam diberikan makan berlebi dahulu
- Lakukan vaksinasi pada pagi ataupun sore hari, jangan melakukan vaksinasi pada cuaca yng terlalu terik(siang hari)
- Ayam Perlu dalam keadaan sehat
4. Marek
Marek merupakan penyakit yng umumnya menyerang ayam pada masa menjelang kematangan seksual yakni sekitar umur 2-16 minggu. Gejala yng timbul andai ayam kita di kenai Marek ini merupakan :
- kepincangan
- sayap menggantung
- sempoyongan
- kurus
- pucat
- lemah
- lumpuh pada kaki
- mata buta
- terdapat semacam tumor dibawah kulit
Penyakit ini penyebabnya yaitu oleh virus DNA cell associated yng di golongkan menjadi virus herpes tipe B.
Semisal halnya jenis penyakit yng lain-lainnya, Marek belum didapati obat yng pasti bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyembuhkannya. Pengendalian yng paling efektif merupakan yang dengannya tips melakukan pencegahan dini. Yang dengannya melakukan vaksinasi serta melindungi kebersihan sangkar serta lingkungan sekitar. Dalam melakukan vaksinasi Marek ini sebaiknya di lakukan sedini barangkali yaitu disaat bibit masih berumur sehari. Vaksin yng dipakai merupakan vaksin merek yng berasal dari herpes virus kalkun strain FC 126. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk merk dari vaksin sendiri diantaranya merupakan Mar-Blem, Sterwin-HVT, MD-VC, serta Lyomarex.
5. Ayam tak nafsu makan
Terkadang ayam kita akan mengalami yng namanya tidak lebih nafsu makan, akan tetapi tak berguna itu di kenai penyakit yng berat mampu jadi cuma di kenai penyakit yng ringan saja. Mungkin yng memicu menurunnya nafsu makan ayam merupakan lantaran ransum pakan tidak lebih baik serta kondisi sangkar yng terlalu panas.
Cara mengatasinya merupakan yang dengannya mengganti ransum serta diberi top mix ataupun vita chick serta kasih vita stress serta mengatur ventilasi sangkar.
6. Telur Tidak lebih Kuat
Mampu jadi ayam kamu kekurangan mineral serta tips mengatasinya merupakan yang dengannya memberikannya strong egg.
7. Ayam tidak sedikit minum
Tidak sedikit minum belum tentu menjadi jaminan ayam kita sehat sepenuhnya, mampu jadi ini merupakan satu dari sekian banyaknya ciri bahwasanya ayam kita di kenai serangan penyakit. Andai ayam kita mnegalami tidak sedikit minum mampu berguna ayam kita mengalami penurunan kebugaran atau kesehatan.
Cara mengatasinya merupakan yang dengannya memberikan sulfamix ataupun therapy.
8. Ayam Lemah Dan Lumpuh
Mampu jadi ayam kamu kekurangan makanan ataupun kekurangan mineral.
Cara mengatasinya merupakan yang dengannya menambah pakan serta tambah pakannya yang dengannya top mix, mineral b 12 ataupun wonder.
Nah barangkali itu saja yng bisa saya sampaikan mengenai Jenis Penyakit Pada Ayam Dan Cara Mengatasinya. Mudah-mudahan tulisan atau artikel yng saya buat ini bisa berguna bagi kita seluruh khususnya bagi kita yng tengah melakoni usaha/ternak ayam kampung

Sumber rujukan dan gambar : http://ternakjopertegal.blogspot.com/2016/12/jenis-penyakit-joper-dan-cara.html.

Seputar Jenis Penyakit Joper Dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Jenis Penyakit Joper Dan Cara Mengatasinya