Cara Fermentasi Kotoran Ayam Untuk Pakan Ikan Lele

- Agustus 05, 2017

Cara Fermentasi Kotoran Ayam Untuk Pakan Ikan Lele

 
Ternak Pertama. Cara Fermentasi Kotoran Ayam Untuk Pakan Ikan Lele - Para peternak ikan lele pastinya sudah tahu bahwasanya biaya pakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk ikan lele menduduki variable paling atas dibandingkan variable lainnnya. Kebutuhan pakan mampu mencapai sampai-sampai 50% – 60% dibandingkan biaya yng Perlu di keluarkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembelian benih yng cuma berkisar antara 10% – 20% saja.Walaupun harga benih mengalami kenaikan, sebetulnya faktor itu tidak menjadi dilema pada budidya pembesaran ikan lele, selagi peternak mampu membuat pakan pilihan sendiri. hal yang telah di sebutkan tentunya akan mengurangi jumlah pengeluaran serta terang akan berdampak pada keuntungan yng maksimal


Cara Fermentasi Kotoran Ayam

sebetulnya telah tidak sedikit tatacara bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan pakan pilihan bagi atau bisa juga dikatakan untuk ikan lele kamu.Pada tulisan atau artikel sebelumnya ternak pertama telah menuliskan bagaimana tatacara fermentasi kotoran sapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakan pilihan ikan lele, kemudian...bagaimana tatacara membuat fermentasi kotoran ayam bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakan lele? barangkali bagi para peternak lele yng segaligus mengawali budidaya ayam hal ini sungguh Amat memberikan manfaat lantaran kotoran ayam yng ada pada peternakan kita mampu kita manfaatkan pula menjadi bahan pengganti bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakan ikan lele. sungguh Amat menguntungkan bukan? baik, pada hari ini ternak pertama akan menuliskan bagaimana pengalaman kami membuat pakan pengganti dari kotoran ayam.
Fermantasi Kotoran Ayam Untuk Pakan Lele
semula Ide ini timbul disaat kami mengambil ayam tiren di tempat peternakan ayam potong di daerah tempat kami berada. Saya perhatikan di bawah sangkar ramai sekali kotoran ayam yng menumpuk. Seusai kami amati diluar dugaan ramai sekali beltung yng hidup pada media yang telah di sebutkan. Tak cuma itu, pakan sentrat ayam dari atas sangkar pun tidak sedikit yng berjatuhan, bercampur yang dengannya kotoran ayam potong, ditambah lagi yang dengannya sentrat yng pasti mempunyai kandungan nutrisi bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan hewan ternak.Pada tatkala itu kami langsung pesan 1 sak, yang dengannya upah Rp.3000 per saknya. Karena dalam hukum Islam, kotoran ternak tidak boleh diperjual belikan, akan tetapi dalam faktor ini saya bayar upah memasukkan kotoran ayam ke dalam sak dan pula beli saknya, bukan membeli kotoran ayamnya.
Kalau dihitung yang dengannya tatacara cermat, yang dengannya anggaran Rp.3000 mendapatkan kotoran ayam tidak lebih lebih 30kg, berguna anggaran per kg cuma Rp.100. Walaupun banyak sekali sumber menyatakan bahwasanya pemakaian pakan pengganti dari kotoran fauna butuh 1,5 – 2 kali lipat dibandingkan pelet, maka andaikan 2 kali lipat berguna anggaran menjadi Rp.200/kg.
Ditambah anggaran fermentasi BIOCATFSIH tidak lebih lebih Rp.350 per kg kotoran sapi. Jumlah Total = Rp. Rp.550/kg
Manfaat BIOCATFISH dalam fermentasi ini tak cuma menjadi pengurai, pula mampu menghapus aroma menyengat pada kotoran ayam potong.

Cara Membuat Pakan lele dari Kotoran Ayam menjadi berikut :


  1. Masukkan kotoran ayam ke dalam bak/timba tidak lebih lebih 10kg
  2. Campurkan BIOCATFISH (BCF) tidak lebih lebih 100 ml yang dengannya air setidak tidak banyak 5 liter.
  3. Siramkan pada kotoran ayam hingga merata serta pastikan lembab ataupun agak basah.
  4. Andaikan pada awal diluar dugaan sudah ada belatungnya, wadah tak usah ditutup rapat, cukup dibiarkan hingga 5 hari.
  5. Andaikan belum ada belatung, wadah ditutup rapat hingga 5 hari baru lantas dibuka agar bisa lalat bertelur serta mulai kelaurlah maggot ataupun belatung.
  6. Pakan Fermentasi kotoran ayam siap diberikan ke ikan lele
Untuk membuktikannya, kami coba pakan fermentasi kotoran ayam ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk ikan lele yng sudah berusia 1 bulan sejak ditebar, yang dengannya membererikan di pinggir kolam tahap dalam, agar bisa kelihatan terang apakah lele mau memakannya ataukah tak. diluar dugaan sesudah kami amati yang dengannya seksama iklan lele yang telah di sebutkan Amat lahap berebut pakan fermentasi kotoran ayam ini yng sudah kami buat.
Akan tetapi ada kendala dalam pemakaian pakan fermentasi kotoran ayam ini, didasari pengalaman sahabat yng sudah berupaya mengeluh air kolam yng berbau sesudah pemakaian 1 minggu. Cara menanggulanginya pun cukup gampang sebetulnya yakni yang dengannya mengalirkan air sekurang minimnya 25% – 50% dari debit air kolam, jadi air lama keluar berubah air baru.
Sekian tulisan atau artikel yng mampu kami tulis yakni mengenai Cara Fermentasi Kotoran Ayam Untuk Pakan Ikan Lele. Mudah-mudahan Memberikan manfaat. Salam Peternak Indonesi FS 5:26 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2016/01/cara-fermantasi-kotoran-ayam-untuk-pakan-ikan-lele.html.

Seputar Cara Fermentasi Kotoran Ayam Untuk Pakan Ikan Lele

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Fermentasi Kotoran Ayam Untuk Pakan Ikan Lele