Konsultasi Teknis : Kenapa Ayam Broiler Mati Mendadak?

- Agustus 28, 2017

Konsultasi Teknis : Kenapa Ayam Broiler Mati Mendadak?

 
Ternak Pertama - Sesui yang dengannya komitmen ternakpertama.com bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkontribusi membantu para peternak yng butuh solusi atas banyak sekali masalah yng dihadapi seputar peternakan. Kami siap menjawab pertanyaan yang telah di sebutkan sesuai yang dengannya ilmu serta pengalaman yng kami punyai selama ini.
Permasalahan mati tiba-tiba pada ayam broiler menjelang panen kerap kali menjadi pertanyaan para pembaca buku Tatacara Lengkap Ayam Broiler. Pada peluang di artikel ini kami akan membahas di antaranya pertanyaan dari Bapak Yohanes di NTT.


Konsultasi Teknis : Kenapa Ayam Broiler Mati Tiba-tiba?


Bapak Yohanes di NTT
Pertanyaan:
Seringkali setiap mendekati umur panen, ada beberapa ekor ayam yng mati tiba-tiba. Sebegian besar ayam terlihat sehat (tak menunjukkan gejala ayam sakit) lantaran masih aktif serta nafsu makan masih tidak jelek alias bagus, akan tetapi mendadak nafsu makan turun dan beberapa ayam mengalami kejang serta mengalami muntah darah, beberapa ayam lain-lainnya terlihat lemah serta kotorannya berwarna hijau. Kira-kira yang dengannya gejala semisal yang telah di sebutkan di atas apakah ayam saya sakit? Selanjutnya bagaimanakah penangannya?
Jawab:
Kenapa Ayam Broiler Mati Mendadak
Kenapa Ayam Broiler Mati Tiba-tiba
Gejala ayam nampak sehat mati tiba-tiba didasari pengalaman kami mampu penyebabnya yaitu lantaran beberapa hal antara lain heat stess, penyakit gumboro serta Leucocytozoonosis ataupun malaria like. Akan tetapi andaikan dianalisis dari gejala klinis yng disampaikan, dimana beberapa ayam mengalami muntah darah serta kotorannya berwarna hijau, maka diagnosa sementara kami adalahan mengarah pada serangan Leucocytozoonosis ataupun malaria like. Akan tetapi sebaiknya bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperkuat analisa dibutuhkan bedah bangkai bagi atau bisa juga dikatakan untuk melihat perubahan patologi anatomi broiler yng terserang penyakit. Malah andai butuh, lakukan uji sampel darah di laboratorium.
Leucocytozoonosis merupakan penyakit yng menyerang unggas yng penyebabnya yaitu oleh parasit Leucocytozoon sp. Parasit ini hidup di dalam sel-sel darah merah serta ditularkan dari ayam sakit ke ayam sehat oleh lalat hitam (Simulium sp.) melalui gigitan. Penyakit ini jamak berlangsung pada pergantian musim ataupun musim hujan lantaran dipengaruhi oleh tingginya populasi lalat pada musim-musim yang telah di sebutkan. Kasus malaria like dilapangan cukup Suka menyerang ayam broiler tatkala telah mendekati umur panen (rata-rara 29-35 hari).
Selain muntah darah serta kotoran hijau, gejala klinis lain dari serangan Leucocytozoonosis di antaranya merupakan ayam hilang nafsu makan secara mendadak, beberapa terlihat pucat, serta pada beberapa kasus mengalami kelumpuhan. Pada ayam kecil, tingkat kematianya sekitar 7-50%, sedangkan pada ayam dewasa sekitar 2-60%. Kematian pada ayam besar tentunya Amat merugikan lantaran bisa dipastikan FCR akan Amat membengkak. Andai ayam dibedah, ayam yng di kenai Leucocytozoonosis akan didapati bintik (perdarahan titik) di hampir seluruh organ dalam, semisal hati, paru-paru, limpa, thimus, ginjal, pankreas, usus, otak, otot dada, serta otot paha. Selain itu, pada bagian rongga perut serta saluran pernapasan pula Suka dijumpai adanya gumpalan darah.
Pengobatan Pengobatan penyakit Leucocytozoonosis antara lain yang dengannya Preparat sulfa semisal Sulfadiazine dll.
Pencegahan Pencegahan di lakukan yang dengannya perbaikan sanitasi lebih-lebih pembersihan lingkungan yng memunggkinkan hidupnya fektor lebih-lebih genangan air yng bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk perkembangbiakan nyamuk, perbaikan irigasi, perbaikan manajemen pemeliharaan.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk periode pemeliharaan selanjutnya, guna mencegah serangan Leucocytozoonosis ataupun malaria like terjadi lagi kembali, sebaiknya lakukan tindakan pengendalian lalat antara lain yang dengannya:
  1. Membersihkan feses (kotoran ayam) minimal satu minggu sekali bagi atau bisa juga dikatakan untuk memutus siklus perkembangbiakan lalat;
  2. Menambahkan kapur tohor pada permukaan sekam (litter) ataupun feses yng lembab menjadikan tak menjadi tempat bagi lalat berkembangbiak;
  3. Segera menyingkirkan bangkai ayam mati supaya tak menimbulkan lalat bagi atau bisa juga dikatakan untuk datang ke sangkar.
  4. Mengendalikan populasi lalat yng telah terlanjur tidak sedikit berkeliaran di sekeliling sangkar mempergunakan obat pembasmi lalat.

Bagi Bapak/ibu yng butuh buku peternakan yang dengannya Judul "99% Gagal Beternak Ayam Broiler" bisa membeli ataupun memesan ke ternakpertama.com melalui :
  • Email : Ternakpertamaku@gmail.com
  • WA/SMS : 089515248576
  • PIN : 5FC2289D
Format Pemesanan : Ketik Nama#Alamat#judulbuku#jumlahpemesanan
Kirim Ke : ternakpertamaku@gmail.com | Sms/WA : 089515248576 | PIN : 5FC2289D
Semisal : Adi Faisal#jln Ahmad Yani No.662 Desa Ciapus Kecamatan Bandung Kabupaten Bandung Jawa Barat#99% Gagal Beternak Ayam Broiler#5

Judul Buku : 99% Gagal Beternak Ayam Broiler


Judul Buku : 99% Gagal Beternak Ayam Broiler
Judul Buku : 99% Gagal Beternak Ayam Broiler

Harga : Rp. 70.000,- | Beli Saat ini = Rp. 57.000

Penulis : Edy Ustomo, S.Pt
Penerbit : Penebar Swadaya
Tahun : 2016
Product Description
Ayam yng dipelihara mendadak mati, bobot ayam tak sesuai umurnya, ataupun biaya pakan membengkak tak sebanding yang dengannya hasil penjualan ayam. Beberapa masalah yang telah di sebutkan Suka dialami oleh para peternak ayam broiler, lebih-lebih orang-orang yng masih pemula. Menjalankan bisnis peternakan ayam broiler sebetulnya taklah susah. Akan tetapi, andai salah dalam mengelolanya maka bukan untung yng diperoleh, namun kegagalan panen yng berujung tak kembalinya modal bisnis atau juga merugi.
Buku 99% Gagal Beternak Ayam Broiler ini menjawab satu per satu permasalahan yng Suka menghampiri bisnis peternakan ayam broiler. Disajikan yang dengannya bahasa yng praktis serta didasari pengalaman praktisi menjadikan membuat pembaca gampang mengerti serta mengaplikasikannya. Amat cocok dibaca bagi peternak yng ingin usahanya berkembang serta bagi orang-orang yng akan terjun dalam bisnis ternak ayam broiler

Judul Buku : 99% Gagal Beternak Ayam Broiler


Buku Peternakan : Panduan Lengkap Ayam Broiler
Buku Peternakan : Tatacara Lengkap Ayam Broiler

Harga : Rp. 80.000,- | Beli Saat ini = Rp. 70.400

Diskripsi :
Daging ayam adalah daging favorit lantaran hampir seluruh orang di Indonesia gemar makan daging ayam. Ditambah lagi, makin tingginya kesadaran warga atau juga bisa dikatakan masyarakat perihal pentingnya mengonsumsi pangan bergizi memicu permintaan daging ayam terus meningkat per tahunnya.
Oleh lantaran itu, berbisnis ayam broiler yng notabeneadalah ayam potong menjadi kesempatan menjanjikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikembangkan.Menjadi peternak ayam broiler sebetulnya tak susah, asal tahu tatacaranya.
Buku ini menjadi tatacara bagi siapa saja yng ingin beternak ayam broiler lantaran isinya praktis serta aplikatif. Malah, di dalamnya dibahas mengenai tatacara kegiatan yng Perlu di lakukan oleh peternak, mulai dari persiapan sangkar sampai-sampai pemeliharaan hari per hari hingga panen.
Dijelaskan juga mengenai bentuk bisnis, taktik pemasaran, serta yng tidak kalah pentingnya merupakan solusi permasalahan yng Suka dihadapi peternak dalam memelihara ayam broiler
Demikian Berita perihal "Kenapa Ayam Broiler Mati Mendadak?" yng mampu kami sampaikan. Mudah-mudahan berguna bagi kita seluruh. Salam Berhasil Peternak Indonesia. FS 9:14 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2017/01/kenapa-ayam-broiler-mati-mendadak.html.

Seputar Konsultasi Teknis : Kenapa Ayam Broiler Mati Mendadak?

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Konsultasi Teknis : Kenapa Ayam Broiler Mati Mendadak?