KONSULTASI TEKNIS, BAGAIMANA CARA MEMBERI PAKAN AYAM PETELUR, AYAM KAMPUNG DAN AYAM PEDAGING?

- Agustus 28, 2017

KONSULTASI TEKNIS, BAGAIMANA CARA MEMBERI PAKAN AYAM PETELUR, AYAM KAMPUNG DAN AYAM PEDAGING?

 

Bpk. Sirojuddin Udin Lamongan-Jawa Timur Sirojuddin45@gmail.com
Assalamu’alaikum,, Pak aku nanya kalao dalam 1 sangkar diisi dgn campuran ayam petelur, ayam pedaging, ayam kampung serta 1 jago, bagimana tatacara memberikan konsumsi pakannya ya?trm ksh. Wassalam..
Jawab
Wa’alaikumsalam Wr Wb.. Secara teknis, pemeliharaan beberapa jenis ayam dalam satu sangkar tak dianjurkan. Hal yang telah di sebutkan penyebabnya yaitu lantaran masing-masing ayam mempunyai kekebalan/daya tahan tubuh yng berbeda-beda menjadikan andai ada satu dari sekian banyaknya yng sakit mampu menular ke yng lain-lainnya. Jangankan jenis yng berbeda, jenis yng percis namun beda umur pula tak di anjurkan. Kecuali, ayam yng kamu pelihara tidak banyak (tidak lebih dari 50 ekor) menjadikan memelihara dalam beberapa sangkar tak efisien. Selain itu, tujuan pemeliharaan bukan menjadi usaha utama namun sambilan, sekedar hobi ataupun kesenangan saja.
Andai memanglah demikian, sebelum membahas pemberian pakanya, ada baiknya kita bahas dulu dari aspek kesehatanya lantaran walaupun dalam jumlah yng tidak banyak, pencegahan penyakit butuh di lakukan supaya ayam kita tetap sehat. Semisal sudah dijelaskan di atas, beda jenis tentu berbeda daya tahan tubuhnya, oleh lantaran itu pencegahan terhadap penyakit Perlu diseragamkan mengikuti ayam yng paling rentan terserang penyakit.
Kalau dalam satu sangkar ada ayam broiler (pedaging), ayam petelur (ras), ayam kampung serta jago (ayam kampung jantan) maka yng paling singkat masa pemeliharaan serta paling rentan terserang penyakit merupakan ayam broiler, diikuti oleh ayam ras petelur serta lantas ayam kampung salah satunya ayam jantan (jago).
Pencegahan penyakit.
1. Vaksinasi
Satu dari sekian banyaknya tatacara bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah penyakit merupakan vaksinasi. Secara simpel vaksinasi merupakan upaya memasukkan virus/bakteri ke dalam tubuh ayam supaya muncul kekebalan terhadap virus ataupun bakteri yng dimasukkan yang telah di sebutkan. Tatkala ayam broiler di vaksin, seluruh ayam di dalam sangkar pula Perlu di vaksin. Vaksin broiler di lakukan pada umur 4 hari (ND) dg tetes mata, 12 hari (gumboro) melalui air minum serta 21 hari ND melalui air minum. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam petelur serta kampung vaksinasi dilanjutkan setiap 3 ataupun 4 bulan sekali yang dengannya vaksin ND melalui air minum. Belilah vaksin yang dengannya dosis kecil sesuai jumlah ayam. Umumnya produk Medion (maaf menyebut merk) menyediakan vaksin yang dengannya dosis kecil (minimal 100 dosis).
2. Melindungi sanitasi sangkar.
Sanitasi bertujuan memusnahkan bibit penyakit di dalam sangkar. Sanitasi di lakukan yang dengannya membersihkan, disinfeksi, serta isolasi. Sangkar hendaknya selalu bersih. Kotoran dibersihkan sehari-hari lantaran kotoran (feses) adalah media yng Amat baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan penyakit.
Disinfeksi sangkar bisa di lakukan yang dengannya menyemprot sangkar serta lingkunganya yang dengannya larutan desinfektan yng aman bagi ayam setiap 1 minggu sekali. Tujuanya merupakan membunuh kuman penyakit yng ada di sekeliling sangkar. Penyemprotan di lakukan baik di dalam ataupun luar sangkar. Andai dilokasi rawan penyakit, disinfeksi pula butuh di lakukan melalui air minum (misal memberikan kaporit dalam air minum). Perlengkapan sangkar semisal tempat pakan serta minum dibersihkan sehari-hari, andai butuh mempergunakan larutan disinfektan yang dengannya dosis sesuai anjuran dalam kemasan. Sedangkan isolasi bisa di lakukan yang dengannya memisahkan ayam yng sakit dari ayam yng sehat supaya penyakit yang telah di sebutkan tak menular kepada yng lainya.
3. Pemberian vitamin
Vitamin dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan daya tahan tubuh ayam. Vitamin tak butuh diberikan sehari-hari namun cukup seperlunya saja, misalkan tatkala pergantian cuaca ataupun cuaca ekstrim, sebelum serta seusai vaksinasi serta sesudah sembuh dari sakit. Vitamin anti stress tidak sedikit di jual di toko-toko peternakan.
Pemberian Pakan
Pemberian pakan yng mempunyai kualitas sebetulnya adalah satu dari sekian banyaknya bagian dalam upaya pencegahan penyakit. Pakan yang dengannya kandungan nutrisi yng baik akan membuat kekebalan ayam meningkat menjadikan lebih tahan terhadap penyakit.
Pertanyaanya merupakan bagaimana tatacara pemberian pakannya? Pemberian pakan bisa di pisahkan menjadi dua, yakni bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam pedaging serta ayam petelur/ kampung. Pemisahan ayam pedaging (broiler) yang dengannya ayam petelur serta kampung bisa di lakukan yang dengannya menyekat sangkar menjadi dua menjadikan ayam petelur serta kampung tak mampu ikut makan bersama yang dengannya ayam broiler. Penyekatan di lakukan lantaran pakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam pedaging berbeda yang dengannya ayam petelur/kampung. Pakan broiler memiliki kandungan protein 19-21% sesuai umur sedangkan ayam petelur/kampung 16-17%.
Perhatian!!!
Walaupun pencempuran semisal itu bisa di lakukan namun tak direkomendasikan. Ada baiknya (dianjurkan) memisahkan ayam di sangkar yng berbeda baik ayam broiler, ayam petelur serta ayam kampung dalam sangkar tersendiri ataupun bila butuh beda tempat. Ataupun akan lebih baik lagi pelihara satu jenis aja.
Thanks.
Ferry Tamalluddin 1:07 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2014/12/konsultasi-teknis-bagaimana-cara.html.

Seputar KONSULTASI TEKNIS, BAGAIMANA CARA MEMBERI PAKAN AYAM PETELUR, AYAM KAMPUNG DAN AYAM PEDAGING?

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain KONSULTASI TEKNIS, BAGAIMANA CARA MEMBERI PAKAN AYAM PETELUR, AYAM KAMPUNG DAN AYAM PEDAGING?