MENGATASI GEJOLAK SOSIAL DI PETERNAKAN AYAM SEJAK DINI

- Agustus 22, 2017

MENGATASI GEJOLAK SOSIAL DI PETERNAKAN AYAM SEJAK DINI

 
MENGATASI GEJOLAK SOSIAL DI PETERNAKAN AYAM SEJAK DINI

Tempat sangkar usahakan jauh dari pemukiman penduduk
Masalah sosial adalah masalah yng terkadang tidak teringat lagi oleh peternak dalam mendirikan peternakan, salah satunya peternakan ayam. Biasanya, peternak cuma fokus pada hal-hal teknis saja semisal model sangkar, bahan sangkar, konstruksi sangkar dll. Padahal, masalah sosial merupakan masalah yng Amat penting yng Perlu dipertimbangkan sebelum muncul gejolak sosial dikemudian hari.
Masalah performa ayam mampu diatasi yang dengannya yang dengannya mempergunakan bibit, pakan serta manajemen pemeliharaan yng baik. Namun bagaimana yang dengannya masalah sosial yng melibatkan tidak sedikit orang ataupun warga atau juga bisa dikatakan masyarakat? hayalkan, andai peternakan telah didirikan yang dengannya investasi yng besar namun di lantas hari diluar dugaan “didemo” warga sekitar? Tentunya hal ini menjadi Amat serius lantaran berhubungan yang dengannya investasi yng besar serta kelanjutan bisnis. Terkadang ada saja alasan penolakan dari warga warga atau juga bisa dikatakan masyarakat sekitar semisal bau yng tak enak, mengganggu kebugaran atau kesehatan, tidak sedikit lalat, merusak jalan serta sebagainya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu, penanganan terhadap masalah sosial ini Perlu dicegah sejak dini sebelum bisnis didirikan.
Bisnis pencegahan dini masalah sosial yang telah di sebutkan dalap di lakukan antara lain yang dengannya mengurus izin bisnis, jarak sangkar dari pemukiman, system perkendangan yng tepat, penanganan limbah, melibatkan warga atau juga bisa dikatakan masyarakat sekitar, serta memberikan CSR (Corporat Social Responsibility)
Mempunyai Izin Bisnis
Bisnis Peternakan sebaiknya mempunyai perizinan yng lengkap mengikuti aturan daerah setempat. Seluruh itu berawal dari pemilihan tempat yng disesuaikan yang dengannya peruntukanya, semisal yng ditetapkan oleh pemerintah daerah. Tempat yang telah di sebutkan disesuaikan yang dengannya rancangan umum tata ruang (RUTR) yng ditetapkan pemda setempat, menjadikan tak memicu masalah dikemudian hari.
Jarak Sangkar dari Pemukiman
Jarak sangkar yang dengannya pemukiman diatur bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi dampak negatif bisnis peterenakan terhadap warga atau juga bisa dikatakan masyarakat. Mengenai jarak sangkar yang dengannya permukiman, sudah tertuang di dalam Aturan Menteri Pertanian No.28/Permentan/OT.5/2008 perihal Pedoman Penataan Kompartemen serta Penataan Zona Bisnis Perunggasan. Selengkapnya mengenai Permentan No.28/Permentan/OT.5/2008 bisa di dowload di sini
System Perkandangan
System perkandangan yng baik akan mengurangi dampak negatif adanya peternakan ayam dilokasi setempat. System perkendangan yng baik meliputi manajemen sangkar yng baik, semisal kebersihan sangkar. Sangkar yng bersih akan mengurangi adanya lalat di sekeliling peternakan ayam. Umumnya awal mula komplain warga atau juga bisa dikatakan masyarakat sekitar sangkar dipicu banyaknya lalat di rumah-rumah warga. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu, masalah lalat Perlu beber-benar diperhatikan antara lain yang dengannya melindungi sanitasi yng meliputi disinfeksi serta kebersihan sangkar. Selain itu, sanitasi yng baik akan menghindarkan masuknya bibit penyakit yng rawan ke dalam sangkar di antaranya flu burung (AI). Penyakit ini bersifat zoonosis ataupun mampu menular kepada kita-kita menjadikan andai muncul penyakit ini dilokasi peternakan ayam bisa menimbulkan kepanikan warga atau juga bisa dikatakan masyarakat.

Sangkar closed house pada ayam petelur
Selain itu, yang dengannya berkembangnya teknologi pemeliharaan ayam saat ini ini ada solusi lain yng ditawarkan, yakni yang dengannya mendisain sangkar yang dengannya system cloused house ataupun sangkar system tertutup baik pada ayam petelur ataupun pedaging. Yang dengannya system ini pencemaran dari peternakan lebih-lebih bau serta lalat bisa diminimalkan. Akan tetapi, ini butuh investasi yng cukup besar.
Penanganan Limbah
Semisal sudah dijelaskan tidak banyak di atas, limbah peternakan adalah satu dari sekian banyaknya yng Suka menimbulkan konflik warga atau juga bisa dikatakan masyarakat sekitar. Limbah peternakan yng paling utama merupakan feses ataupun kotoran ayam. Feses Perlu di kelola yang dengannya baik. Jangan biarkan feses basah di sekeliling sangkar lantaran bisa menjadi bau serta sarang berkembangnya lalat. Bersihkan feses minimal satu minggu sekali (ayam petelur) serta segera di singkirkan dari tempat sangkar ataupun andai mau dimanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kompos, lindungi kotoran supaya tak basah serta kasih dekomposer supaya proses pengomposan berjalan cepat. Selain feses, bangkai ayam pula menjadi masalah. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu, bangkai ayam jangan dibiarkan terlalu lama. Segera bakar bangkai ayam lantas segera dikuburkan.
Melibatkan Warga atau juga bisa dikatakan masyarakat Sekitar dalam Peternakan
Melibatkan warga atau juga bisa dikatakan masyarakat dalam bisnis peternakan kita adalah satu dari sekian banyaknya solusi mengurangi masalah sosial. Misalnya merupakan yang dengannya melibatkan warga dalam pembangunan sangkar antara lain yang dengannya membeli bahan sangkar dari warga sekitar, mempekerjakan warga dalam pembangunan sangkar, mempergunakan tukang pikul ayam dari warga, ataupun merekrut tenaga sangkar dari daerah sekitar tentunya andai memenuhi kualifikasi ataupun kriteria yng kita tetapkan.
Tukang pikul ayam mampu melibatkan warga atau juga bisa dikatakan masyarakat sekitar
Memberikan Corporat Social Responsibility (CSR)
Ada beberapa program CSR ataupun kepedulian sosial yng bisa diterapkan misalnya dalam bentuk bantuan pendidikan bagi warga sekitar, bantuan gizi, rehabilitasi bangunan sekolah, pembangunan tempat ibadah, perbaikan jalan, bantuan hari besar keagamaan serta bantuan sarana olahraga bagi karangtaruna/pemuda di lingkungan sangkar. Jenis serta besarnya biaya CSR di sesuaikan yang dengannya kemampuan peternak/perusahaan umumnya sekitar 0,5-2% dari pengeluaran perusahaan. Tiap daerah berbeda-beda bergantung karakter warga atau juga bisa dikatakan masyarakat serta resiko bisnis ya ng ditimbulkanya. Umumnya makin jauh tempat peternakan dari pemukiman warga, biaya CSR pula lebih kecil lantaran resiko adanya peternakan terhadap warga pula makin kecil. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu, sosial cost Perlu diperhitungkan dalam bisnis peternakan ayam.
Ferry Tamalluddin 2:57 PM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2014/12/mengatasi-gejolak-sosial-di-peternakan.html.

Seputar MENGATASI GEJOLAK SOSIAL DI PETERNAKAN AYAM SEJAK DINI

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain MENGATASI GEJOLAK SOSIAL DI PETERNAKAN AYAM SEJAK DINI