Mengenal Jenis Sapi : Sapi Limousin, Sapi Brahman, Sapi Simental, Sapi Bali, Sapi PO Untuk Usaha Ternak

- Agustus 11, 2017

Mengenal Jenis Sapi : Sapi Limousin, Sapi Brahman, Sapi Simental, Sapi Bali, Sapi PO Untuk Usaha Ternak

 
Ternak Pertama - Mengenal Jenis Sapi : Sapi Limousine, Sapi Brahman, Sapi Simental, Sapi Bali, Sapi PO Untuk Usaha Ternak - Salam Berhasil peternak Indonesia, Seusai kami sukses membantu peternak melakukan penjualan sapi secara online pada peluang di artikel ini butuh rasanya ternakpertama.com menjelaskan jenis-jenis sapi supaya nantinya kamu mengerti, memahami dan tak kebingungan dalam membeli sapi.
Mengenal Sapi Untuk Usaha Usaha Peternakan
Didasari sumber yng kami kutip dari wikipedia.org :
Sapi adalah satu dari sekian banyaknya hewan ternak anggota suku Bovidae serta anaksuku Bovinae. Sapi yng sudah dikebiri serta umumnya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membajak sawah dinamakan Lembu. Sapi dipelihara lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk dimanfaatkan susu serta dagingnya menjadi pangan kita-kita. Hasil sampingan, semisal kulit, jeroan, tanduk, serta kotorannya pula dimanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk banyak sekali keperluan kita-kita. Di sejumlah tempat, sapi pula dipakai menjadi penggerak alat transportasi, pengolahan lahan tanam (bajak), serta alat industri lain (semisal peremas tebu). Lantaran tidak sedikit kegunaan ini, sapi sudah menjadi bagian dari banyak sekali kebudayaan kita-kita sejak lama.
Kebanykan sapi ternak adalah keturunan dari jenis liar yng dikenal menjadi Auerochse ataupun Urochse (dibaca auerokse, bahasa Jerman berguna "sapi kuno", nama ilmiah: Bos primigenius[1]), yng telah punah di Eropa sejak 1627. Akan tetapi, terdapat beberapa spesies sapi liar lain yng keturunannya didomestikasi, salah satunya sapi bali yng pula diternakkan di Indonesia.
Yang akan di sajikan kali ini kami sampaikan jenis serta ciri-ciri sapi yng butuh bapak/ibu ketahui :
1. Sapi Limousin
Sapi limousin merupakan sapi yng pertama kali dikembangkan di Perancis. Sapi limousin adalah tipe sapi pedaging yang dengannya perototan yng lebih baik dari sapi simmental. Sapi limousin mempunyai bulu berwarna coklat tua kecuali di sekeliling ambing berwarna putih dan lutut kebawah serta sekitar mata berwarna lebih muda. Bentuk tubuh sapi jenis ini merupakan besar, panjang, padat serta kompak. Keunggulan dari sapi jenis ini yakni pertumbuhan badannya yng Amat cepat.
Harga Sapi Limousin
Sapi Limousin

Tanda Fisik Sapi Limousin :
  • Secara umum Sapi Limousin memliliki warna coklat muda, kuning agak kelabu
  • Penulangan ataupun kerangka tubuh tidak jelek alias bagus, kompak serta berimbang
  • Warna bulu cerah serta mengkilat
  • Tingkah sapi bakalan lincah
  • Nafsu makan tidak jelek alias bagus
  • Tak ada bekas luka ataupun koreng pada kulit
  • Sorot mata tajam/cerah/bening
  • Posisi kaki sejajar, tak bengkok ataupun menyilang andai berjalan ataupun tatkala berdiri
  • Badan sapi panjang serta tinggi
  • Punggung datar serta tak bengkok ataupun melengkung kebawah
  • Pantat tak lancip (sulit gemuk)
Baca Selengkapnya : Sapi Limousin | Cek Harga Sapi Limousin
2. Sapi Brahman
Sapi brahman adalah keturunan sapi Zebu ataupun Boss Indiscuss. Asli berasal dari India lantas masuk ke Amerika pada tahun 1849 serta berkembang pesat di Amerika, Di Amerika serikat, sapi Brahman dikembangkan serta diseleksi dan ditingkatkan mutu genetiknya. Seusai sukses, jenis sapi ini diekspor ke banyak sekali negara. Dari Amerika serikat, sapi Brahman ini langsung menyebar ke Australia. Di Amerika terdapat perkumpulan pembibit yng di namakan American Brahman Breeder Association, sedangkan organisasi di Australia bernama Australian Brahman Breeder Association. Sapi Brahman masuk ke Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda.
Sapi Brahman
Sapi Brahman

Tanda Fisik Sapi Brahman :
  • Tanda-ciri sapi Brahman memiliki punuk besar, bertanduk, pendengaran besar serta gelambir yng memanjang berlipat-lipat dari kepala ke dada. Sapi Brahman selama berabad-abad mendapatkan kondisi kekurangan pakan, serangan serangga, parasit, penyakit serta iklim yng ekstrim (Turner, 1981).
  • Karakteristik Sapi Brahman berukuran tengah yang dengannya berat jantan dewasa antara 800 s/d 1100 kg, tengah betina 500-700 kg. Berat pedet yng baru lahir antara 30-35 kg, serta bisa tumbuh cepat yang dengannya berat sapih kompetitif yang dengannya jenis sapi lain-lainnya. Persentase karkas 48,6 s/d 54,2%, serta pertambahan berat harian 0,83 - 1,5 kg (Turner,1981).
  • Sapi Brahman memiliki sifat pemalu serta cerdas dan bisa menyesuaikan diri yang dengannya lingkungannya yng bervariasi. Sapi ini suka mendapatkan perlakuan halus serta bisa menjadi liar andai mendapatkan perlakuan kasar. Konsekuensinya penanganan sapi ini Perlu hati-hati. Namun secara keseluruhan sapi Brahman gampang dikendalikan. Sapi Brahman warna-nya bervariasi, dari abu-abu muda, merah hingga hitam. Kebanykan berwarna abu muda serta abu tua. Sapi jantan warna-nya lebih tua dari betina serta mempunyai warna gelap di daerah leher, bahu serta paha bawah. Sapi Brahman bisa menyesuaikan diri yang dengannya baik terhadap panas, orang-orang bisa bertahan dari suhu 8-105 oF, tanpa ganguan selera makan serta produksi susu (Gunawan et al, 2008).
  • Sapi Brahman memiliki sifat-sifat yng cuma dipunyai oleh beberapa bangsa sapi tertentu, yakni ketahanannya terhadap kondisi tatalaksana yng Amat minimal, toleransi terhadap panas, kemampuannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengasuh anak, daya tahan terhadap kondisi yng tidak bagus. Kelemahan yng dimiliki oleh bangsa sapi ini merupakan intoleransi terhadap suhu udara yng rendah, dan rendahnya fertilitas (Blakely serta Bade 1992), memiliki sifat tahan terhadap bermacam-macam kondisi lingkungan serta beberapa penyakit parasit, memiliki sifat keibuan yng baik, kelemahan sapi ini merupakan angka reproduksinya rendah serta kecepatan pertumbuhan yng tidak lebih baik (Hardjosubroto serta Astuti 1994).

Baca Selengkapnya : Sapi Brahman | Cek Harga Sapi Brahman
3. Sapi Simental
Sapi Simmental adalah bangsa Bos taurus (Talib serta Siregar, 1999), berasal dari daerah Simme di negara Switzerland akan tetapi saat ini berkembang lebih cepat di benua Eropa serta Amerika, adalah tipe sapi perah serta pedaging, warna bulu coklat kemerahan (merah bata), dibagian muka serta lutut kebawah dan ujung ekor ber warna putih, sapi jantan dewasanya bisa atau mampu mencapai berat badan 1150 kg tengah betina dewasanya 800 kg
Sapi Simental
Sapi Simental
Tanda-ciri Fisik Sapi Simental :
  • Sapi Simnetal mempunyai bulu berwarna kuning sampai-sampai kecokelatan
  • Mempunyai bentuk badan panjang, kompak serta tentunya padat
  • Kepala sapi simental biasanya bewarna putih pada bagian atasnya.
  • Bobot tubuh sapi Simental jantan dewasa bisa atau mampu mencapai 1.400 kg
  • Sapi Simental Betina dewasa 600-800 kg
  • Pertambahan bobotnya mencapai 1,5-2,1 kg/hari
Baca Selengkapnya : Sapi Simental | Cek Harga Sapi Semental
4. Sapi Bali
Sapi bali mempunyai nama latin Bos Sondaicus. Sesuai yang dengannya namanya Sapi ini adalah Sapi yng berasal dari pulau dewata, Bali. Sapi yng terkenal yang dengannya nama bibos banteng adalah satu dari sekian banyaknya jenis sapi unggul yng telah dikembangbiakkan oleh warga atau juga bisa dikatakan masyarakat bali sejak zaman dahulu. Taukah Kamu, Andai Sapi ini mempunyai prospek yng tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan bisnis ternak kamu. Untuk itu bagi kamu yng tertarik yang dengannya sapi satu ini
Sapi Bali
Sapi Bali
Tanda-ciri Sapi Bali :
  • Warna bulu pada badan sapi bali akan berganti sesuai usia serta jenis kelaminnya, tatkala masih pedet berwarna sawo matang hingga kemerahan, seusai dewasa Sapi Bali jantan berwarna lebih gelap bila dibandingkan yang dengannya sapi Bali betina.
  • Warna bulu sapi Bali jantan umumnya berganti dari merah bata menjadi coklat tua ataupun hitam seusai sapi itu mencapai dewasa kelamin sejak umur 1,5 tahun serta menjadi hitam mulus pada umur 3 tahun. Warna hitam bisa berganti menjadi coklat tua ataupun merah bata andaikan sapi itu dikebiri, yng penyebabnya yaitu pengaruh hormon testosterone
  • Kaki di bawah persendian karpal serta tarsal berwarna putih. Kulit berwarna putih pula didapati pada bagian pantatnya serta pada paha bagian dalam kulit berwarna putih yang telah di sebutkan berbentuk oval (white mirror). Warna bulu putih pula dijumpai pada bibir atas/bawah, ujung ekor serta tepi daun pendengaran. Kadang-kadang bulu putih terdapat di antara bulu yng coklat (adalah bintik-bintik putih) yng adalah kekecualian ataupun penyimpangan didapati sekitar tidak lebih dari 1% . Bulu sapi Bali bisa dikatakan tidak jelek alias bagus (halus) pendek-pendek serta mengkilap.
  • Ukuran badan berukuran tengah serta bentuk badan memanjang.
  • Kepala agak pendek yang dengannya dahi datar.
  • Badan padat yang dengannya dada yng dalam.
  • Tak berpunuk serta seolah tak bergelambir
  • Kakinya ramping, agak pendek menyerupai kaki kerbau.
  • Pada punggungnya selalu didapati bulu hitam membentuk garis (garis belut) memanjang dari gumba sampai-sampai pangkal ekor.
  • Cermin hidung, kuku serta bulu ujung ekornya berwarna hitam
  • Tanduk pada sapi jantan tumbuh agak ke bagian luar kepala, sebaliknya bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis sapi betina tumbuh ke bagian dalam.
Baca Selengkapnya : Sapi Bali | Cek Harga Sapi Bali
5. Sapi PO ( Peranakan Ongole )
Sapi Peranakan Ongole (PO) adalah sapi hasil persilangan antara pejantan sapi Sumba Ongole (SO) yang dengannya sapi betina lokal di Jawa yng mempunyai warna putih. Menjadi berita, Sapi Peranakan Ongole (PO) yng masih murni tatkala ini mulai susah kamu temukan, lantaran memanglah telah tidak sedikit di silangkan yang dengannya sapi Brahman, menjadikan sapi PO diartikan menjadi sapi lokal berwarna putih (keabu-abuan), berkelasa serta gelambir.
Sapi PO ( Peranakan Ongole )
Sapi PO ( Peranakan Ongole )
Tanda Fisik Sapi PO ( Peranakan Ongole )
  • Sapi PO (Peranakan Ongole ) mempunyai Ukuran tengah yang dengannya gelambir yng lebar, longgar serta menggantung.
  • Sapi PO ( Peranakan Ongole ) mempunyai Badan panjang, leher pendek.
  • Kepala bagian depan lebar diantara kedua mata.
  • Mempunyai bentuk mata elip pada bola matanya serta sekitar mata berwarna hitam.
  • Mempunyai telingan yng kuat, ukuran 20-25 cm, serta agak menjatuh.
  • Tanduknya pendek serta tumpul, tumbuh kedepan serta kebelakang.
  • Pada pangkal tanduk tebal serta tak ada retakan.
  • Warna ekor putih, kelopak mata putih serta otot berwarna segar, kuku berwarna cerah serta badan berwarna abu tua.
  • Bobot sapi PO dewasa mencapai 800 kg bagi atau bisa juga dikatakan untuk sapi jantan, Untuk betina Bobotnya mampu mencapai 500 kg
  • Berat lahir sekitar 20-25 kg.
Baca Selengkapnya : Sapi PO ( Peranakan Ongole ) | Cek Harga Sapi PO ( Peranakan Ongole )
Bagi Bapak/ibu yng tengah mencari satu dari sekian banyaknya sapi yang telah di sebutkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk konsumsi, bisnis maupun usaha peternakan sapi mampu memesan/membelinya di ternakpertama.com melalui :
  1. Email : ternakpertamaku@gmail.com
  2. SMS/WA : 089515248576
  3. PIN BB : 5FC2289D
Format Pemesanan :
  • Ketik NamaLengkap#Alamat Lngkap#Jumlah#Spesifikasi

Semisal Bapak Budi Santoso#jln angrek no 62 Kel/Desa Antapani Kidul Kec Antapani/cicadas Kota Bandung Provinsi Jawa Barat # 100ekor#bobot 300Kg
Note :
*WAJIB Menyebutkan Nama serta Alamat Lengkap *Kami tak mendapatkan Telephone ( andai telah mufakat di Email, SMS/WA ataupun PIN serta Telah Pasti membeli kami yng akan telp/menghubungi bapak/ibu ) *Ternakpertama.com cuma mempergunakan Email, SMS/WA maupun PIN BB yng tertera diatas.
Demikian berita /tulisan atau artikel wacana " Jenis Sapi : Sapi Limousin, Sapi Brahman, Sapi Simental, Sapi Bali, Sapi PO " yng mampu kami sampaikan mudah-mudahan berguna bagi kita seluruh. Salam Peternak Indonesia!
FS 10:10 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2016/11/mengenal-jenis-sapi-limousin-brahman-simental-bali-po.html.

Seputar Mengenal Jenis Sapi : Sapi Limousin, Sapi Brahman, Sapi Simental, Sapi Bali, Sapi PO Untuk Usaha Ternak

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Mengenal Jenis Sapi : Sapi Limousin, Sapi Brahman, Sapi Simental, Sapi Bali, Sapi PO Untuk Usaha Ternak