TAUKAH ANDA, DAGING BERHARGA JUTAAN RUPIAH

- Agustus 17, 2017

TAUKAH ANDA, DAGING BERHARGA JUTAAN RUPIAH

 
Taukah Kamu, Daging Bernilai Jutaan Rupian?

Sapi Wagyu
Tatkala di Indonesia harga daging mencapai harga di atas Rp100.000/Kg warga atau juga bisa dikatakan masyarakat “teriak” bahwasanya harga daging telah tak terjangkau warga atau juga bisa dikatakan masyarakat. Akan tetapi disisi lain, ada kendaraan beroda empat yng dibandrol yang dengannya harga Rp100.000.000 dianggap kendaraan beroda empat murah. Itulah Indonesia yang dengannya segala keunikanya. Beda halnya yang dengannya di Jepang yng adalah negara maju, di negeri Matahari Terbit yang telah di sebutkan ada daging bernilai jutaan rupiah, yakni daging sapi Wagyu.

Daging sapi wagyu Jepang dikenal mempunyai kualitas lantaran lemaknya membentuk pola semisal marmer. Dagingpun jadi terasa meleleh di mulut. Selain itu, daging sapi Jepang pula memiliki kandungan lemak tidak jenuh tunggal yng mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Ada empat ras wagyu: Sapi Hitam Jepang (黒毛和種 Kuroge washu), Sapi Cokelat Jepang (赤毛和種 Akage Washu), Sapi Tanpa Tanduk Jepang (無角和種 Mukaku Washu), serta Sapi Tanduk Pendek Jepang (日本短角和種 Nihon Tankaku Washu).

Dari sapi wagyu, mampu diperoleh beberapa jenis daging sapi mempunyai kualitas istimewa yng dinamai sesuai asal daerahnya, yakni:
1. Kobe

Daging sapi Kobe berasal dari sapi yng dibesarkan, diberi makan, serta disembelih di Prefektur Hyogo, wilayah tempat kota Kobe berada. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu disebut ‘daging sapi Kobe’, ada serangkaian persyaratan yng Perlu dipenuhi. Rasio marblingnya minimal level enam, skor kualitas dagingnya A ataupun B, serta bobotnya di bawah 470 kg. Dagingnya Perlu berasal dari sapi jantan ataupun sapi perawan. Department store Mitsukoshi pernah menjualnya yang dengannya harga 31.500 yen (Rp 3,7 juta) bagi atau bisa juga dikatakan untuk ukuran 870 gram.
Resto Aragawa yng notabene toko steak pertama di Tokyo menjual menu daging Kobe seharga US$ 368 bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu porsi steak.
Barangkali ada yng bertanya, mengapa kobe beef mampu begitu lezat? Yng terperinci menjadi begitu nikmat lantaran faktor serat daging serta perlemakannya. Disinilah kobe beef susah ditandingi oleh daging sapi ataupun malah daging hewan lain-lainnya. Dalam sebuah buletin yng dikeluarkan oleh Japan Meat Grading Ascociation, kobe beef dibedakan tingkat kualitasnya didasari Beef Marbling Score (BMS) mulai angka 1-12. Marbling merupakan kondisi perlemakan didalam daging salah satunya daging sapi.
2. Matsuzaka

Daging sapi Matsuzaka merupakan daging dari sapi betina yng diternakkan di wilayah sepi serta tenang di Matsuzaka, di Prefektur Mie. Sapi ini disembelih tatkala masih perawan ataupun belum berkembang biak serta dagingnya berciri khas putih di pinggirannya. Konon, ini dia daging sapi terempuk di dunia.
Di Jepang, daging sapi Matsuzaka A5 (wagyu yang dengannya grade tertinggi) paling tidak murah dijual yang dengannya harga 10.000 yen (Rp 1,179 juta) per 150 gram. Malah, sapi Matsuzaka utuh pernah terjual yang dengannya harga $392.000 (Rp 4,7 miliar) pada tahun 1989!
3. Mishima

Daging sapi Mishima berasal dari Pulau Mishima, pulau kecil di ujung selatan Honshu. Berbeda yang dengannya sapi Kobe yng berasal dari persilangan sapi Jepang serta Eropa, sapi Mishima berasal dari jenis asli yng diperkenalkan ke Jepang lewat Korea lebih dari 2.000 tahun lantas. Sapinya tidak dikawinkan silang lantaran tempat pulau ini terisolasi. Makanya, daging sapi Mishima pula langka. Bagian perut daging sapi Mishima dijual yang dengannya harga 13.600 yen (Rp 1,6 juta) per kg, sementara steak sirloin seberat 450 gram dijual seharga 15.000 yen (Rp 1,76 juta).
4. Omi

Daging sapi Omi yng berasal dari Prefektur Shiga memanglah tidak lebih terkenal, akan tetapi percis lezatnya yang dengannya daging wagyu lain. Konon dulu, tatkala konsumsi daging dilarang di Jepang, diam-diam para penguasa menyantap daging sapi Omi lantaran diyakini mempunyai khasiat kebugaran atau kesehatan. Daging sapi Omi sirloin dijual yang dengannya harga sekitar 8.500 yen (Rp 1 juta) per 180 gram.
5. Ishigaki

Daging sapi Ishigaki merupakan pendatang baru di dunia daging sapi Jepang mempunyai kualitas tinggi. Asalnya dari Pulau Ishigaki yng terdapat atau terletak di selatan Prefektur Okinawa. Daging sapi ini dijual di seluruh pulau serta prefektur yang telah di sebutkan. Mampu pula dipesan secara online yang dengannya harga 15.000 yen (Rp 1,76 juta) per kg.
Nah, bagaimana kamu mau berupaya??
Sumber: food.detik.com
Ferry Tamalluddin 6:43 PM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2014/12/taukah-anda-daging-berharga-jutaan.html.

Seputar TAUKAH ANDA, DAGING BERHARGA JUTAAN RUPIAH

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain TAUKAH ANDA, DAGING BERHARGA JUTAAN RUPIAH