Teknik Kandang DOC

- Agustus 10, 2017

Teknik Kandang DOC

 
Ayam Jawa Super ataupun disingkat Ayam Joper adalah persilangan antara Ayam Jawa (Ayam lokal/kampong/bukan ras) yang dengannya Ayam pedaging jenis Broiler. Persilangan ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh anakan yang dengannya keunggulan keduanya yng lantas dijuluki ayam Jawa super. Ayam kampung mempunyai karakteristik lebih tahan penyakit serta mempunyai rasa daging yng enak. Sedangkan ayam broiler mempunyai keunggulan pertumbuhannya yng relatif cepat.
Pemeliharaan ayam kampung super tidak banyak berbeda yang dengannya ayam broiler. Persamaanya model perawatan yng intensif pada ayam broiler diterapkan pada perawatan ayam kampung super ini menjadikan hasil nya maksimal. Ayam kampung super memerlukan suhu sangkar yng Anget, lebih-lebih pada pekan pertama. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakannya tak terlalu tidak sedikit di bandingkan yang dengannya broiler. Dari 1000 ekor butuh pakan 4 karung campuran pakan dari bibit hingga panen sekitar 55 sd 60 hari. System pemeliharaanya mampu yang dengannya model pemeliharaan ayam kampung biasa namun supaya lebih maksimal disarankan pemeliharaan yng intensif yang dengannya sangkar tertutup.
MMC menghadirkan produk suplemen organik VITTOTERNA
Pemakaian VITTOTERNA terbukti bisa atau mampu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat pertumbuhannya, menaikan bobot serta kualitas daging pula menurunkan nilai FCR (Feed Consumption Ratio) serta menaikkan SR (Survival Rate) dari ayam yng dipelihara. Perhitungan gampang pemakaian VITTOTERNA merupakan setiap budidaya 1000 ekor ayam butuh 6 – 10 botol kemasan 500 cc.
Teknik perkandangan
Kandang ideal terdapat atau terletak di daerah yng jauh dari pemukiman penduduk, gampang dicapai sarana transportasi, terdapat sumber air bersih, arahnya membujur dari timur ke barat. Yang dengannya demikian pertukaran udara akan gampang lantaran angin berhembus selatan ke utara.
  • Tempat cukup mendapatkan sinar matahari serta tatkala pagi hari tak langsung di kenai sinar matahari,
  • Kondisi sangkar sebaiknya di awasi kebersihannya serta tak becek.
  • Ukuran sangkar sesuai yang dengannya umur serta jumlah ternak.
  • Kandang dibuat dari bahan yng murah serta gampang didapat, kuat, dan tahan lama.
  • Ayam bernapas butuh oksigen serta mengeluarkan karbondioksida. Agar bisa kebutuhan oksigen selalu terpenuhi, ventilasi sangkar Perlu baik.
  • Kemudahan memperoleh sarana produksi serta kanal pasar. Jarak tempat sangkar sebaiknya dekat yang dengannya poultry shop ataupun toko sarana.
Teknik sangkar model Sel
Teknik sangkar model ini memiliki keuntungan pengelolaanya yng lebih gampang serta mampu dipindah-pindah. Pembuatan sangkar budidaya ayam jawa super model sel ini mampu dilihat di bagan berikut:
Kandang untuk ayam jawa super usia 14 sd 60 hari
Kandang bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam jawa super usia 14 sd 60 hari
Keterangan gambar :
  1. Penutup dari bahan besi kasa yng ditujukan supaya sirkulasi udara lebih udara lancar.
  2. Sekat yng memisahkan 1 box sangkar (sel) menjadi 2 kolom yang dengannya masing masing kolom (ukuran 40 cm x 40 cm) diisi populasi ayam ± 50 ekor, menjadikan keseluruhan populasi tiap sel ± 100 ekor ayam.
  3. Tempat minum ayam, berisi air dicampur Vittoterna. Pemberian minum sebaiknya di awasi supaya selalu tersedia
  4. Dinding box sangkar dari bahan bambu yang dengannya rongga yng kira-kira mampu bagi atau bisa juga dikatakan untuk tempat keluar kepala ayam supaya mampu mematuk makanan.
  5. Dinding/lantai bawah terbuat dari besi kasa ukuran kecil supaya kotoran ayam mampu jatuh yang dengannya leluasa serta gampang dibersihkan.
  6. Tempat pakan ayam, dibuat mengelilingi sangkar supaya pemberian pakan mampu merata serta tak saling berebutan.
  7. Kaki box sangkar kira-kira tinggi 40cm, melindungi supaya sangkar lebih Anget serta tetap kering.
Berikut semisal foto-fotonya;
  • Pemberian Vittoterna Pada Minuman Cukup 6 Sd 9 Tutup Per Hari Per 1000 Ekor Ayam
PrevNext Kandang Box bagi atau bisa juga dikatakan untuk DOC usia 0 sd 13 Hari (2 minggu)
Anak ayam / DOC dipelihara yang dengannya induk buatan (pemanas) di dalam sangkar indukan ataupun box/kotak.:
kandang untuk doc usia 0 sd 13 hari
sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk doc usia 0 sd 13 hari (2 minggu)
Keterangan Gambar :
  1. Penutup box dari bahan triplex supaya melindungi kondisi Anget
  2. Sekat antar kolom, menjadikan per kolom berukuran 40 x 40 cm yang dengannya berisi ± DOC.
  3. Lampu minimal ± 10 watt dari jenis bohlam (bukan lampu neon) bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kondisi Anget. Masing-masing kolom berisi 2 buah lampu. Andaikan kondisi lingkungan sekitar Amat dingin, serta DOC terlihat kedinginan yang dengannya ditandai DOC nampak begerumbul rapat di bawah lampu, pemberian watt lampu mampu ditambah. Sebaliknya andaikan DOC nampak menjauhi lampu, pemberian watt lampu mampu dikurangi.
  4. Lantai box, terbuat dari besi kasa yang dengannya pori-pori kecil, bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan sirkulasi udara serta kotoran ayam mampu jatuh ke bawah.
  5. Dinding sekeliling box terbuat dari tripleks bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi suhu.
  6. Kaki box kira-kira 40 cm bagi atau bisa juga dikatakan untuk memudah membersihkan sangkar serta melindungi suhu lantai.
Pemberian Vittoterna dicampur air minum Amat penting di lakukan supaya anak ayam.
Berikut Foto-foto penerapan pembesaran DOC :


Sumber rujukan dan gambar : http://ternakjopertegal.blogspot.com/2016/12/teknik-kandang-doc.html.

Seputar Teknik Kandang DOC

Advertisement

1 komentar:

Roni Rz mengatakan...

Terima Kaish Atas informasinya ya kak

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Teknik Kandang DOC