Cara Mudah Beternak Kambing Biar Untung Maksimal

- Juli 27, 2017

Cara Mudah Beternak Kambing Biar Untung Maksimal

 
Ternak Pertama - Cara Mudah Beternak Kambing - Apakah tatkala ini Kamu tengah mencari bisnis peternakan yng gampang serta menguntungkan? Satu dari sekian banyaknya bisnis / usaha pada bagian peternakan yng mempunyai prospek yng menjanjikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tatkala ini di antaranya merupakan yang dengannya beternak Kambing. Alasan yang telah di sebutkan memanglah Amat masuk akal lantaran kebutuhan daging kambing di indonesia dari tahun ke tahun makin meningkat akan tetapi tak dibarengi yang dengannya stok daging kambing di pasaran yng melimpah. Malah yang dengannya kondisi ini dia peluang bagi kita kususnya bagi para peternak bagi atau bisa juga dikatakan untuk mulai berani bagi atau bisa juga dikatakan untuk beternak kambing, yang dengannya catatan telah mengerti serta paham bagaimana langkah awal yng butuh kamu persiapkan dalam beternak kambing dan mengetahui berapa modal yng diharapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk beternak kambing? Nah, Bagi kamu yng tertarik serta berencana akan mengawali bisnis dibidang budidaya kambing mampu membaca tulisan atau artikel ternak pertama yng berjudul :
  • Cara Beternak Kambing Bagi Pemula

Pola peternakan kambing serta domba potong ataupun kambing pedaging di Indonesia sebagian besar masih dalam skala kecil. Pertambahan penduduk yng tinggi di Indonesia ditambah yang dengannya terus meningkatnya daya beli warga atau juga bisa dikatakan masyarakat memicu kebutuhan daging kambing saatt ini belum bisa atau mampu menampung jumlah permintaan pasar. Menjadi berita produksi dalam negeri bagi atau bisa juga dikatakan untuk daging baru mencapai tatkala ini telah mencapai ± 400.000 ton/tahun, Menjadikan hingga saat ini ini pemerintah masih mempercayakan impor daging menjadi pilihan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencukupi kebutuhan daging di dalam negeri.
Cara Mudah Beternak Kambing
Cara Mudah Beternak Kambing
Penggemukan kambing maupun domba adalah sebuah aktivitas pemeliharaan kambing maupun domba dewasa yng sebelumnya dalam kondisi kurus selanjutnya ditingkatkan barat badannya melewati proses pembesaran daging selama kurun waktu sekitar 3-5 bulan.

Jenis-jenis kambing serta domba potong


a) Kambing kacang
Yang akan di sajikan kali ini merupakan Tanda Kambing kacang
  • Badan kecil
  • Relatif pendek,
  • Indera pendengaran pendek serta tegak,
  • Jantan maupun betina sama-sama memiliki tanduk,
  • Leher pendek dan punggung meninggi,
  • Warna bulu bervariasi : ada yng hitam, coklat, merah maupun belang hitam-putih.

b) Kambing Peranakan Etawa (PE)
Satu dari sekian banyaknya tujuan ternak Kambing peranakan Etawa ataupun kita Suka menyebutnya kambing PE umumnya merupakan hasil dari susunya , akan tetapi tatkala ini dagingnya pun mampu dipakai pula menjadi penghasil daging lantaran memanglah daging kambing etawa cukup mempunyai kualitas pula, akan tetapi umumnya diambil disaat masa afkir.
Tanda dari kambing peranakan Etawa (PE) antara lain :
  • Bagian idung ke atas melengkung,
  • Panjang indera pendengaran antara 15-30 cm, menggantung ke bawah serta tidak banyak agak kaku,
  • Warna bulu bervariasi antara hitam serta coklat,
  • Memiliki bulu tebal serta agak panjang dibawah leher serta pundak (jantan), di bagian bawah ekor (betina).
Baca Pula ( Kesempatan Usaha Peranakan Kambing Etawa )
c) Domba Ekor Gemuk
Tanda dari kambing / Domba Ekor Gemuk antara lain
  • Memiliki tanda bentuk ekor yng panjang, tebal, besar serta terus ke ujung semakin kecil;
  • Tak memiliki tanduk;
  • Biasanya sebagian besar bewarna putih, akan tetapi ada anaknya yng bewarna hitam ataupun kecoklatan.

d) Domba Ekor Tipis
Tanda dari kambing / Domba Ekor Tipis
  • Memiliki tanda tubuh yng kecil,
  • Ekor relatif kecil serta tipis,
  • Bulu bewarna putih,
  • Tak mempunyai tanduk bagi atau bisa juga dikatakan untuk betina, bertanduk kecil serta melingkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk jantan.

Bibit kambing ataupun domba bakalan yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengggemukan antara lain
  1. umur antara 8 bulan – 1 tahun.
  2. Ukuran badan normal, sehat, bulu bersih serta mengkilap, garis punggung serta pinggang lurus.
  3. Keempat kaki lurus, kokoh serta tumit terkesan tinggi.
  4. Tidak ada cacat pada tahap tubuhnya, tidak buta.
  5. Hidung bersih, mata tajam serta bersih serta anus bersih.

Tata Laksana Pemeliharaan Kambing serta Domba
System Perkandangan
Pada biasanya tipe sangkar pada ternak kambing serta domba merupakan berbentuk panggung. Konstruksi sangkar dibangun panggung di mana di bawah lantai sangkar tersedia kolong bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampung kotoran. Yang dengannya adanya kolong memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari kebecekan serta kontak langsung yang dengannya tanah yng mampu jadi tercemar penyakit. Lantai sangkar ditinggikan antara 0,5 – 2 m. Bak pakan mampu ditempelkan pada dinding. Ketinggian bak pakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kambing serta domba tidak percis. Bak pakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kambing dibangun agak tinggi, kira-kira sebahunya karena kebiasaan kambing memakan daun-daun perdu.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Domba, dasar bak pakan horizontal yang dengannya lantai sangkar karena kebiasaan domba merumput. Lantai sangkar dibangun dari kayu papan atau juga belahan bambu yng disusun yang dengannya jarak 2-3 cm. Yang dengannya demikian, kotoran serta air kencing gampang jatuh pada kolong, sementara tracak/kaki kambing serta domba tidak gampang terperosok serta terjepit terjepit.
Ukuran Sangkar Kambing / domba yng ideal :
  • Anak : 1 X 1,2 m /2 ekor (lepas sapih),
  • Jantan dewasa : 1,2 X 1,2 m/ ekor
  • Dara/ Betina dewasa :1 X 1,2 m /ekor
  • Induk serta anak 1,5 X 1,5 m/induk + 2 anak

Dasar kolong sangkar digali sedalam ±20 cm pada tahap pinggirnya serta 30-50 cm pada tahap sedang serta dibuatkan saluran yng menuju bak penampung kotoran. Kotoran lantas mampu diproses bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjadi pupuk sangkar. Serta sudah semestinya sangkar wajib terjaga kebersihannya jadi ternak kambing serta domba lebih sehat karena tidak gampang terserang penyakit.
System pemberian Pakan pada kambing ataupun domba Makanan wajib yng umum diberikan berupa hijauan segar, semacam rumput, legum(daun lamtoro serta turi, dll) ataupun aneka hijauan (daun singkong yng memiliki protein tidak lebih tinggi), daun nangka serta daun pepaya). Khusus legume serta aneka hijauan sebelum diberikan pada ternak sebaiknya dilayukan berlebi dahulu 2-3 jam dibawah terik matahari bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghapus racun yng ada dalam hijauan yang telah di sebutkan.
Selain pakan hijauan, mampu pula ditambah yang dengannya pakan padat ataupun konsentrat. Jenis yng biasanya yng mampu dipakai antara lain bekatul, ampas tahu, ketela pohon (dicacah dahulu). Jenis pakan yang telah di sebutkan relatif terjangkau serta gampang dibeli serta didapatkan di mana saja. Pakan konsentrat ini akan memberikan sumbangan tidak lebih besar bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebutuhan nutrisinya. Kebutuhan setiap ekor kira-kira 3 kg per hari yang dengannya komposisi 40% berkatul 40% ampas tahu serta 20% ketela pohon.
Teknik pemberian konsentrat disarankan jangan bersamaan yang dengannya hijauan, karena pakan ini memiliki daya cerna serta kandungan nutrisi yng berbeda yang dengannya hijauan. Jumlah pemberian konsentrat tidak lebih lebih 3 kg/ekor/hari. FS 10:36 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2016/10/cara-mudah-beternak-kambing.html.

Seputar Cara Mudah Beternak Kambing Biar Untung Maksimal

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Mudah Beternak Kambing Biar Untung Maksimal