Budidaya Indigofera Hasilkan Pemasukan Minimal 2,8 Juta per Bulan

- Agustus 18, 2017

Budidaya Indigofera Hasilkan Pemasukan Minimal 2,8 Juta per Bulan

 
Ternak Pertama - Pakan adalah satu dari sekian banyaknya komponen terpenting dalam system produksi ternak, lantaran memanglah mempunyai kontribusi langsung mencapai 70% dari total terhadap biaya produksi.
Melambungnya biaya produksi ternak merupakan satu dari sekian banyaknya akibat dari system penyediaan pakan ternak yng tak efisien serta masih mengandalkan pakan konsentrat yng berasal dari biji-bijian, serealia serta limbah agro industri, yng tatkala ini penggunaannya makin luas bukan saja bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakan namun industri lain-lainnya. Konsentrat ini makin hari makin tidak murah serta relatif susah terjangkau oleh peternakan rakyat.
Sejak tahun 2009, Institut Pertanian Bogor melalui penelitinya, Prof. Luki Abdullah sudah mengembangkan konsep baru pakan yng diberi nama Konsentrat Hijau berbasis Indigofera.
Konsentrat Hijau / konsentrat indogofera diartikan menjadi bahan pakan ataupun pakan baik tunggal ataupun campuran yng mempunyai nilai gizi tinggi yng berasal dari hijauan pakan. Indigofera Zollingeriana adalah tanaman legum yng mempunyai kandungan protein tinggi 25-31%, TDN minimal 70% yang dengannya tingkat kecernaan bahan kering 75-78%.
Hijauan Makanan Ternak
Hijauan Makanan Ternak
Tanaman ini gampang dibudidayakan serta bisa tumbuh yang dengannya baik sampai-sampai ketinggian 1200 m di atas permukaan laut, gampang menghasilkan benih menjadikan gampang diperbanyak, tahan terhadap kekeringan, mempunyai perakaran dalam serta bisa mempertahankan kesuburan menjadikan Amat cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk konservasi lahan, cepat dipanen sejak tanam cuma 4 bulan.

Selain itu Indigofera pula bisa dipanen setiap 40-60 hari sekali, produksi hijauan segar tinggi 10-20 ton per panen, bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk banyak sekali ternak sapi, kerbau, kuda, kambing, domba, kelinci serta unggas, Amat baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan produksi serta kualitas daging, telur serta susu, dan menghasilkan produk pangan hewani yng sehat lantaran rendah kolesterol serta kandungan vitamin lebih tinggi.
Tatkala ini Indigofera sudah tidak sedikit dikembangkan diberbagai wilayah di Indonesia. Khusus di Jawa Barat Indigofera telah ditanam oleh warga atau juga bisa dikatakan masyarakat sekitar 110 ha tersebar di Bogor, Cianjur, Garut, Kuningan, Bandung Barat. (Baca Pula: Indigofera Akan Dibudidayakan di 10 Daerah di Jabar)
Penggunaan konsentrat hijau berbahan Indigofera cepat merebak di tanah air lantaran peternak telah merasakan manfaatnya terhadap produksi serta penghematan biaya pakan sampai-sampai 41%. Selain itu Indigofera pula bisa menjadi lapangan kerja baru bagi petani serta peternak yng bisa menaikan pendapatan.
Tatkala ini kondisi di lapangan menunjukan bahwasanya Indigofera bisa bisa atau mampu memberikan penghasilan berkisar Rp. 2,8- 3,6juta/ha/bulan dari bisnis hijauannya. Selain itu bisnis pembibitan serta produksi benih Indigofera pula menjadi bisnis baru yng menggiurkan, mengingat harga bibit yng lumayan ekonomis serta dibutuhkan dalam jumlah tidak sedikit.
Didasari market scan yng di lakukan oleh Prof Luki serta Tim IPB tahun 2015 lantas menunjukan tingginya animo pelaku bisnis peternakan terhadap Konsentrat Hijau Indigofera, yang dengannya persepsi menaikan ataupun mempertahankan produksi yang dengannya biaya pakan lebih murah.
Prof Luki serta tim sudah mensosialisasikan inovasinya ini sejak tahun 2012 serta membangun konsumen konsentrat hijau di Jawa Timur, Lampung serta Jawa Barat melalui program Riset Andalan Perguruan Tinggi serta Industri (RAPID), yng didukung oleh Ditjen Pendidikan Tinggi serta Ditjen Peternakan serta Kebugaran atau kesehatan Hewan.
Sumber : Liputan6.com

Jual Bibit Indigofera

Andai kamu butuh benih (biji) Indogofera, kami menyediakan benih Indogofera yang dengannya Harga Rp.600.000,- belum salah satunya ongkos kirim. Pesan saat ini pula melalui :

  • Email : ternakpertamaku@gmail.com
  • WA/SMS : 089515248576
  • PIN : 5FC2289D

*Setiap Pembelian produk akan disertai bonus Ebook Peternakan serta Konsultasi Gratis
Baca Pula :
  • Menaikan Pertumbuhan serta Produksi Ternak yang dengannya Konsentrat Hijau Indigofera
  • Mengenal Rumput Odot Menjadi Pakan Ternak
  • Indigofera Pengganti Pakan Ternak Masa Depan

Demikian Berita Wacana " Budidaya Indigofera Hasilkan Pemasukan Minimal 2,8 Juta per Bulan " yng mampu kami sampaikan mudah-mudahan berguna bagi kita seluruh. Salam Peternak Indonesia!
FS 8:36 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2016/11/budidaya-indigofera-hasilkan-pemasukan.html.

Seputar Budidaya Indigofera Hasilkan Pemasukan Minimal 2,8 Juta per Bulan

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Budidaya Indigofera Hasilkan Pemasukan Minimal 2,8 Juta per Bulan