Cara Beternak Ayam Lingnan Bagi Pemula

- Agustus 16, 2017

Cara Beternak Ayam Lingnan Bagi Pemula

 
Ternak Pertama - Cara Beternak Ayam Lingnan – Ada beberapa faktor yng butuh kamu perhatikan sebelum kamu memutuskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya ayam lingnan di antaranya merupakan tempat bisnis budidaya ayam lingnan. Tempat Amat menentukan kesuksesan kamu dalam bisnis ayam lingnan pada masa yng akan datang. Setidaknya ada tiga faktor penentu yng menjadi patokan dalam memilih tempat bisnis ternak yng baik.
  1. Masalah sosial, yaitu respon warga atau juga bisa dikatakan masyarakat sekitar atas kehadiran peternakan yng telah kamu rencanakan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk faktor ini, peternak wajib memiliki komitmen dalam mengelola peternakannya. Peternakan yng dikelola secara tak baik terang akan memunculkan beberapa dilema lingkungan, semisal aroma yng tidak sedap, kotoran, debu, dan pencemaran udara. Bagi para peternakan skala kecil (keluarga), warga atau juga bisa dikatakan masyarakat barangkali tidak ada masalah tetap mampu mendapatkan lantaran tdak memunculkan tidak sedikit dilema. Namun, andai telah berkembang serta menjadi skala besar, kamu telah Perlu mikirin dampak dilema sosialnya.
  2. Masalah kebisingan. Tempat yng bising mampu menghasilkan ayam gampang stress serta produksi telur tak akan maksimal.
  3. Masalah jarak sangkar yang dengannya tempat / tempat persediaan pakan utama, semisal poultry yng menyediakan pakan siap saji ataupun bahan pakan mampu juga dekat persawahan yng menyediakan dedak maupun meniran; ataupun pilih tempat yng dekat yang dengannya pusat perdagangan jadi pemasaran telur ataupun daging akan jauh lebih gampang. Selain itu, tempat budidaya pula dekat yang dengannya sumber air jadi pengadaan air minum bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam yng dipelihara.lebih gampang didapatkan, lantas yng terahir, pilihlah tempat bisnis yng lebih tinggi daripada lingkungan sekitar, jadi andaikan musim hujan tidak tergenang oleh air.

Jenis Bisnis / budidaya Ayam lingnan


Sesudah kamu mengerti serta paham memilih tempat bisnis ternak lingnan yng baik dan, Langkah selanjutnya merupakan menentukan tipe/jenis bisnis ayam lingnan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisnis ternak kamu. Umumnya bisnis peternakan ayam, lebih-lebih ayam lingnan di lakukan sejak ayam masih DOC (day old chick).
Budidaya yang dengannya merawat induk jarang di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk skala bisnis besar, karena harga induk ayam lingnan tidak murah mampu mencapai Rp 300.000/ekor.
Ayam Lingnan
Ayam Lingnan
Hal ini memicu anggaran produksi tinggi. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan telur konsumsi ataupun telur tetas, umumnya orang merawat tipe /jenis ayam ini sejak DOC. Namun, bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemeliharaan skala keluarga, sah-sah saja andaikan membeli indukan.
Agar bisa bisnis budi daya ayam lingnan mendatangkan hasil yng maksimal, Bisnis / budidaya ayam lignan ini mampu diawali yang dengannya menentukan jenis bisnis ayam lignan. Ada 3 tatacara yng mampu dipilih. Diantaranya :.
  • Merawat induk bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan telur tetas.
  • Menetaskan telur bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan DOC.
  • Merawat DOC bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan pullet.

Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisnis skala kecil (skala keluarga), paling tepat dan praktis yang dengannya membeli ayam siap bertelur (umur 4-5 bulan). Modal utama yng dibutuhkan cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk membeli ayam yng bakal dipelihara dan diambil hasil nya.
Satu dari sekian banyaknya kelebihan tatacara ini merupakan peternak pemula bakal lebih berpengalaman dalam menghasilkan bibit unggul. Bibit unggul ini penting karena Amat menentukan nilai telur dan anakan.
Letak serta Kondisi Sangkar
Letak sangkar butuh memperoleh perhatian khusus lantaran menyangkut kesuksesan kamu dalam budidaya ayam asal china ini. Sangkar yng baik serta sehat Perlu mendapatkan sinar matahari pagi. bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu, sangkar Perlu menghadap ke timur.
Sangkar yng kamu buat Perlu didesain yang dengannya benar serta dibangun supaya ayam terasa senyaman barangkali, jauh dari kebisingan ataupun lantas lalang orang. Letak sangkar, lebih-lebih sangkar postal (sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemeliharaan anak ayam) Perlu lebih tinggi daripada tempat lain. jangan hingga anak ayam yng berada di dalam sangkar terganggu oleh binatang ataupun orang yng berlalu lalang.
Begitu pula yang dengannya sangkar ren, Perlu diusahakan senyaman barangkali agar bisa ayam tidak stres. Andaikan berlangsung stres, produksi telur supaya terganggu, hal ini terang akan membuat peternak akan mengalami kerugian.
Perlengkapan Sangkar Ayam Lingnan
Dalam pemeliharaan ayam lingnan yang dengannya system terkurung (system baterai), dibutuhkan perlengkapan sangkar berupa tempat pakan, tempat air minum, dan pemanas. Tempat pakan serta air minum mampu kamu buat dari bambu, kayu, ataupun plastik yng penting kebersihannya Perlu kamu perhatikan. Ukurannya pun Perlu disesuaikan yang dengannya umur ayam, kuat ataupun kokoh, dan letaknya gampang dijangkau oleh ayam.
Tempat pakan serta minum plastik bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam lingnan telah gampang dipasarkan dalam beberapa ukuran di poultry shop. Ada yng berbentuk lingkaran yang dengannya diameter 40 cm bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak ayam sampai-sampai umur 14 hari.
Ada juga tempat pakan silinder, mampu digantung bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak ayam berusia lebih dari 14 hari yang dengannya kapasitas 15 kg, 7 kg, dan 10 kg.
Selain itu, ada pula tempat minum berbahan plastik yang dengannya kapasitas 1 liter bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak ayam berusia 0-2 minggu, kapasitas 4 liter bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak ayam berusia 2-4 minggu, dan kapasitas 8 liter bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam berusia lebih dari 4 minggu.
Tempat pakan mampu dibuat sendiri mengikuti bentuk dan ukuran semisal yng ditawarkan poultry shop yang dengannya bahan paralon. Ukuran tempat pakan yang telah di sebutkan pula Perlu sesuai yang dengannya jumlah dan umur ayam yng dipelihara.
Pemanas buatan dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak ayam sampai-sampai berusia 4 minggu. Pemanas buatan ini bermanfaat menjadi alternatif induk. Pemanas buatan yng mampu digunaan antara lain lampu pijar ataupun lampu minyak tanah.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk sangkar boks, sebaiknya kamu mempergunakan lampu pijar ataupun lampu minyak tanah yng diselubungi kawat kasa agar bisa anak ayam tidak bersentuhan langsung yang dengannya sumber panas. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk sangkar postal yng besar mampu dipakai gasolek.
Suhu dalam sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak ayam, pada minggu pertama 40 derejat C, minggu kedua diturunkan menjadi 32 derejat C, minggu ketiga 34 derejat C, dan minggu keempat menjadi 30 derejat C.
Keadaan suhu di dalam sangkar mampu diketahui yang dengannya melihat penyebaran anak ayam. Andaikan anak ayam berkumpul di dekat pemanas, berguna suhu sangkar terlalu rendah.
Sebaliknya, andaikan anak ayam menjauh dari pemanas, berguna suhu sangkar terlalu tinggi dan Perlu diturunkan. Andaikan anak ayam menyebar merata, berguna suhu sangkar sesuai yang dengannya kebutuhan anak ayam.
Demikian tulisan atau artikel perihal " Cara budidaya Ayam Lingnan Bagi Pemula " yng mampu kami sampaikan. Mudah-mudahan memberikan manfaat bagi kita seluruh. Salam Peternak Indonesia! FS 5:28 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2017/01/cara-beternak-ayam-lingnan.html.

Seputar Cara Beternak Ayam Lingnan Bagi Pemula

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Beternak Ayam Lingnan Bagi Pemula