Cara Membuat Telur Asin Masir Khas Brebes

- Agustus 14, 2017

Cara Membuat Telur Asin Masir Khas Brebes

 
Ternak Pertama - Cara membuat Telur Asin - Siapa yng tak tahu yang dengannya telur asin? satu dari sekian banyaknya masakan khas indonesia asalh daerah brebes ini biasanya dibuat dari bahan utama telur bebek ini memiliki cita rasa asin serta lezat bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikonsumsi. Pendapat dari Sumber terpercaya, Telur asin asin adalah satu dari sekian banyaknya sebutan umum bagi atau bisa juga dikatakan untuk masakan berbahan dasar telur yng diawetkan yang dengannya tatacara diasinkan ataupun diberikan garam terlebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk menonaktifkan enzim perombak. Biasanay telur yng diasinkan ini merupakan telur itik, meskipun sebetulnya tak menutup mungkin bagi atau bisa juga dikatakan untuk telur jenis lain pula bisa dipakai yang dengannya tatacara sejenis. Satu dari sekian banyaknya kelebihan dari Telur asin bisa dikonsumsi dalam waktu satu bulan (30 hari).
Di Indonesia, lebih-lebih di pulau Jawa telur asin umumnya diproduksi dash telur bebek pelari (Anas platyrhynchos domesticus) yng membupnyai tanda khas cangkang telur yng berwarna hijau-kebiruan. Andai kamu pernah menjumpai ciri-ciri telur yang telah di sebutkan berguna kamu telah mampu membuat telur asin yng enak bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikonsumsi.
Kenapa tidak sedikit orang senang yang dengannya telur asin? barangkali sakah satunya merupakan makanan ini bersifat praktis serta bisa digabungkan yang dengannya aneka macam masakan lainya misalnya nasi jamblang, serta nasi lengko, malah bisa juga dimakan tanpa nasi sekalipun.Umumnya, para nelayan yng melaut ataupun orang yng bepergian jauh bagi atau bisa juga dikatakan untuk waktu yng lama biasa membawa telur asin bagi atau bisa juga dikatakan untuk bekal dalam perjalanan.
Telur Asin
Cara Membuat Telur Asin

Di Jawa Sedang,kususnya daerah Brebes dikenal menjadi penghasil utama telur asin. Industri telur asin di Brebes cukup meluas sampai-sampai mempunyai aneka macam pilihan kualitas telur asin. Yng kita tau, masing-masing produsen telur asin mempunyai cap sendiri-sendiri yng umumnya bisa dilihat pada kulit telur serta citra rasanya. Meskipun selera orang berbeda-beda, telur asin yng dinilai mempunyai kualitas tinggi umumnya mempunyai ciri-ciri bagian kuning telur berwarna jingga terang sampai-sampai kemerahan, "kering" (andai digigit tak akan mengeluarkan cairan/orang umumnya menyebutnya yang dengannya sebutan telur asin masir), tak akan tercium bau amis, serta rasa asinpun tak menyengat.
Baca Pula :
  • Ayam Petelur
  • Harga Telur
  • Harga Ayam
Cara membuat telur asin sebenernya Amat Amat gampang anda sekalian di jumapi, andai kamu tak mau repot, kamu mampu membelinya di warung. Akan tetapi taukah kamu, bagaimana tatacara membuat telur asin sendiri yng enak?. Menjadi gambaran, Tanda-ciri telur asin yng enak umumnya akan terlihat dari segi teksturnya yng “Masir” sepertti halnya pasir yng tak menggumpal. Bagaimana? Apaka kamu tertarik ingin mengetahui tatacara membuat telur asin sendiri di rumah? Andai iya, silahkan baca tulisan atau artikel kami ihwal tatacara membuat telur asin sendiri dirumah yang dengannya citra rasa yng enak yng akan kami tulis dibawah ini!

Cara membuat telur asin khas brebes


Cara Praktis Membuat Telur Asin Dirumah


1. Cara Praktis (tak pakai abu/ bubuk batu bata) namu kami kami jamin masih tetap “Masir”
Bahan yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat telur asin antara lain:
  • 10-30 Telur bebek usahakan yng tetap segar/ baru
  • 500 gr garam (mampu garam dapur, garam kasar maupun garam gosok)
  • 1,5 – 2 liter air
  • Toples berbahan plastik ataupun yng mampu di tutup rapat. Kami rekomendasikananada mampu genakan Tupperware)
  • Rendam telur di dalam air bersih tidak lebih lebih dari 2 menit. Perhatikan tatkala merendam “apabila telur mengapung” berguna telur yang telah di sebutkan tidak bagus (kamu jangan menggunkan telur yang telah di sebutkan/ataupun mampu menggantinya yang dengannya telur lain).
  • Lantas bersihkan telur ari kotoran yang dengannya memakai sabun serta spon hingga kotoran hilang serta telur menjadi bersih, tujuanya merupakan supaya kotoran tak tidak memicu telur menjadi rusak tatkala proses pengasinan.
  • Langkah selanjutnya merupakan keringkan telur yng sudah di cuci bersih tadi, lantas gosok yang dengannya amplas yng halus, tatacara ini bertujuan supaya pori-pori telur terbuka, akan tetapi ingat jangan terlalu lama menggosoknya.
  • Sesudah itu letakkan telur yang telah di sebutkan di toplesa ataupun tapperware yng telah disiapkan sebelumnya, susun yang dengannya rapih.
  • Campur garam serta air di tempat lain, seusai garam larut (menjadi air), tuangkan air garam ke toples ataupun tupperware yng telah diisi telur yang telah di sebutkan.
  • Coba kamu perhatikan, Diluar dugaan telur yang telah di sebutkan jadi mengapung lantaran air memiliki kandungan garam. Maka solusinya merupakan yang dengannya menyiapkan kantong plastik ukuran 1kg yng di isi air (isi seperdua saja airnya) berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menindih telur supaya tenggelam sepenuhnya di dalam air. Pastikan seluruh bagian telur terendam dalam air.
  • Tutup rapat toples ataupun tupperware, serta biarkan selama tidak lebih lebih 12 hari telah mampu di buka Andai telur ingin lebih “Masir” biarkan selama 3 minggu maka hasil nya tentunya lebih awet serta tahan lama.
  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasak telur asin yng telah jadi kamu bisadengan merebus di air mendidih yang dengannya api tengah selama tidak lebih lebih 1 jam. Mampu pula di kukus yang dengannya durasi waktu yng percis.
Itulah tadi tatacara praktis membuat telur asin tanpa bahan abu ataupun bubuk bata, selamat berupaya! serta andai kamu ingin mengetahu bagaimana tatacara membuat telur asin yang dengannya bahan bubuk batu bata kama siapkan alat serta bahanya sebagia yang akan di sajikan kali ini.


2. Resep membuat telur asin yang dengannya bahan abu ataupun bubuk batu bata:

Bahan :
  • 10-30 butir telur bebek yng mempunyai kualitas (masih baru)
  • Abu gosok ataupun kamu pula mampu gunkana bubuk batu bata merah 1 ½ liter
  • Garam dapur/ garam gosok/ garam kasar ½ kg
  • Air bersih

Alat :
  • Ember plastik
  • Kuali tanah ataupun kamu mampu genakan panci
  • Kompor
  • Alat pengaduk
  • Stoples ataupun alat penyimpan telur

Cara Membuat Telur Asin Bahan Abu ataupun bubuk bata:
  • Pastikan telur mempunyai kualitas yng baik , tak retak maupun basi (bagi atau bisa juga dikatakan untuk cek telur kamu mampu yang dengannya tatacara merendam di air, telur yng mengapung berguna tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan telur asin).
  • Bersihkan telur yang dengannya air bersih ataupun kamu mampu mempergunakan air Anget lantas dilap seusai itu segera barangkali bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikeringkan.
  • Agar bisa garam mampu meresap yang dengannya sempurna maka sebaiknya telur yang telah di sebutkan diamplas berlebi dahulu yang dengannya amplas yng Amat halus. Tujuannya agar bisa pori-pori telur mampu terbuka.
  • Buat campuran bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengasinkan telur, tatacaranya yang dengannya mencampur adukan abu gosok/ bubuk bata serta garam, yang dengannya perbandingan percis (1:1).
  • Tambah air pada campuran tadi hingga menjadi semisal pasta.
  • Langkah selanjutnya panduan tatacara membuat telur asin ini yang dengannya membungkus telur yang dengannya adonan satu persatu pada permukaan telur yang dengannya ketebalan 1-2 mm
  • Sesudah seluruh selesai, simpanlah telur yang telah di sebutkan didalam kuali ataupun ember plastik selama tidak lebih lebih 15 – 20 hari. Usahakan dalam proses penyimpanan terur tidak pecah ataupun retak sedikitpun.
  • Sesudah waktu yng kita tunggu selelsai, bersihkan telur asin dari pasta campuran lantas bersihkan yang dengannya bersih.
  • Telur asin telah mampu di masak yang dengannya di rebus atuapun kukus

Demikian tulisan atau artikel ihwal tatacara membuat telur asin masir khas brebes yng bisa kami tulis, mudah-mudahan memberikan manfaat bagi kamu seluruh lebih-lebih para peternak bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu berinovasi dalam mengolah hasil ternkanya. Sekian. Hidup Ternak Indonesia! FS 10:43 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2016/08/cara-membuat-telur-asin.html.

Seputar Cara Membuat Telur Asin Masir Khas Brebes

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Membuat Telur Asin Masir Khas Brebes