Obat Herbal Ayam Joper

- Agustus 03, 2017

Obat Herbal Ayam Joper

 

Daftar Obat Herbal Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Mengatasi Penyakit Ayam. Dalam menjalankan bisnis peternakan ayam tentunya kita akan mengalami kendala-kendala yng akan memberi pengaruh keberlangsungan ternak kita. Menjadi semisal kendala yng Suka dihadapi oleh peternak ayam merupakan ternaknya terserang penyakit. Serta hal paling tidak baik yng ditakuti para peternak merupakan pada akhirnya ayam jatuh sakit serta mati. Namun telah ramai sekali solusi yng mengatasi permasalahan ini, di antaranya merupakan yang dengannya membelikannya obat. Akan tetapi terkadang pemberian obat kimia bahkan akan menurunkan kualitas daging ayam.
Mengingat lebih tidak sedikit yng ditimbulkan oleh obat kimia, maka tidak sedikit peternak yng telah berpindah mempergunakan obat herbal/alami bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyembuhkan aneka macam penyakit yng menghinggapi hewan ternak orang-orang khususnya ternak ayam. Walaupun jaman telah memasuki masa modern akan tetapi khasiat obat herbal tak boleh diragukan lagi, serta sepertinya bahkan lebih tidak jelek alias bagus daripada obat kimia yng berterbaran di pasar-pasar/apotek terdekat. Nyatanya bukan cuma hewan, kita-kita pun saat ini lebih memilih mengkonsumsi obat herbal daripada obat-obatan kimia lantaran alasan kebugaran atau kesehatan yng lebih terjamin.
Selain pembuktian secara langsung, saat ini ini telah tidak sedikit para peneliti yng tidak sedikit meneliti serta mengembangkan obat berbahan herbal. Serta hasil nya pun cukup memuaskan, makin tidak sedikit bermunculan obat herbal yng berada di pasaran. Tentunya dalam membeli obat herbal kita pula Perlu pandai-pandai memilih lantaran tidak sedikit pula obat-obatan herbal yng palsu bertebaran di pasaran.
Dibawah ini saya akan memberikan beberapa jenis tanaman yng bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi/menyembuhkan penyakit yng menjangkiti ayam kita :
1. Kunir/Kunyit
Kunyit merupakan tanaman yng terkenal bagi atau bisa juga dikatakan untuk obat-obatan herbal. Kunyit memiliki kandungan curcumin yakni senyawa utama pada kunyit yng memiliki kegunaan bagi atau bisa juga dikatakan untuk beragam penyakit, misalnya mengobati gangguan saluran pencernaan, anti radang, antibakteri, antikanker, penurun kadar kolesterol, membersihkan lemak pada saluran pembuluh darah, dll.
2. Daun Sirih
Daun sirih berfungi menjadi antiseptik yakni menjadi anti jamur pada saluran pencernaan ayam. Sifat anti bakteri daun sirih ini bisa mengurangi rasa gatal serta merah berair pada mata ayam ternak kita.
3. Temulawak
Temulawak ataupun disebut Curcuma Xannthorrhiza memiliki sifat Detoksifikasi yng pengertiannya bisa mengeluarkan racun serta kontaminasi jamur Alfatoksis Flavus yng mengendap dalam hati. Ditambah lagi temulawak bisa membantu sekresi dari kerja pangkreas, menjadikan bisa atau mampu mengoptimalkan metabolisme pangkreas mengeluarkan enzim amilase, lipase, protease. Enzim-enzim ini berfungsi membantu menignkatkan penyerapan bahan pakan karbohidrat, lemak serta protein.
4. Brotowali
Brotowali terkenal yang dengannya rasanya yng pahit sekali. Rasa pahit ini lantaran brotowali mempunyai senyawa pikroretin. Prikrorerin ini ramai sekali memiliki kandungan alkaloid, saponin, dammar serta masih tidak sedikit lagi kandungan yng lain-lainnya. Senyawa ini memberikan manfaat bagi ayam kita yng di kenai penyakit cacingan.
Selain 4 tanaman herbal diatas, kita pula bisa mengkombinasikannya yang dengannya tanaman herbal yng lain-lainnya. Tentunya hal ini akan mempunyai fungi serta manfaat yng berbeda dalam setiap kombinasi yng dihasilkannya.
1. Lidah buaya
Lidah buaya berfungi menjadi anti kuman serta menjaga organ pencernaan serta pernafasan.
2. Kunyit, Bawang Putih, Daun Pepaya
Campuran Kunyit, Bawang Putih serta Daun Pepaya bisa berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperkuat kekebalan terhadap aneka macam penyakit semisal CRD, radang usus, kolera, koksidiosis, dll.
3. Kencur
Kencur memiliki kandungan minyak atsiri yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat rasa Anget, anti batuk, pereda radang tenggorokan serta penambah nafsu makan.
4. Kunyit
Kunyit memiliki kandungan zat atsiri yng memberikan manfaat menjaga organ hati, ginjal serta menjadi antibiotik.
5. Cabe Jawa, Temulawak, Temu Ireng, Lempuyang, Gula Tebu
Campuran Cabe Jawa, Temulawak, Temu Ireng, Lempuyang serta Gula Tebu bisa bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyehatkan serta mengefisienkan penggunaan pakan ayam.
6. Daun Mahkota Dewa
Daun Mahkota dewa memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk anti mikroba, anti kanker, menjaga ginjal serta hati.
7. Daun Pepaya
Daun pepaya berfungi menjadi anti malaria, anti parasit cacing, menambah nafsu makan dan menginkatkan daya tahan tubuh ayam.
8. Daun Jambu Biji
Daun Jambu Biji terkenal menjadi obat alami anti diare. Selain itu daun jambu biji pula bermafaat menjadi antioksida.
9. Lengkuas
Lengkuas memiliki kandungan rasa pedas yng berfungsi menetralkan racun serta memicu rasa Anget bagi tubuh.
10. Bratawali, Pasak Bumi, Sambiloto
Campuran kombinasi antara bratawali, pasak bumi serta sambiloto bisa bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan nafsu makan, memperkuat fisik tatkala cuaca panas, mencegah ataupun mengobati malaria unggas.
11. Temu Ireng
Temu ireng bisa memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan nafsu makan serta anti parasit cacing.
12. Bawang Putih
Bawang Putih bisa bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjaga organ jantung serta pembuluh darah, menaikan stamina tubuh serta menaikan kekebnalan tubuh terhadap aneka macam serangan penyakit.
13. Jahe
Jahe memiliki manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendorong kerja kelenjar enkitrin lantaran jahe memiliki kandungan solakol. Jahe pula memberikan manfaat menghangatkan serta menaikan stamina tubuh ayam.
14. Buah Mengkudu
Buah mengkudu memiliki manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyehatkan serta memacu pertumbuhan ayam.
15. Jahe, Bawang Putih, Minyak Sayur
Campuran Jahe, Bawang Putih serta Minyak Sayur bisa menyembuhkan luka pada tubuh ayam ternak kita.
16. Akar Rumput Teki
Akar Rumput Teki ini bisa bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyehatkan badan ayam ternak kita.
17. Gula Kelapa
Gula kelapa bisa memperkuat fisik, menaikan bobot badan, mengurangi kematian akibat serangan penyakit gumboro(penyakit menular akut pada ayam berumur muda yng ditandai yang dengannya peradangan berat bursa fabrisius serta bersifat immunosupresif yakni lumpuhnya system pertahanan tubuh ayam yng menghasilkan turunnya respon ayam terhadap vaksinasi serta ayam-ayam menjadi lebih peka terhadap pathogen lain-lainnya).
18. Larutan Tembakau, Minyak Kelapa
Larutan Minyak Tembakau serta Minyak Kelapa bisa menghilang-kan kutu pada ayam, mengendalikan ulat lalat di kotoran ayam.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk dosis sendiri tak ukuran pastinya, hal ini menuntut peternak bagi atau bisa juga dikatakan untuk berani bereksperimen sendiri serta menakar dosisnya sesuai fellingnya sendiri.
Semisal Bahan Ramuan Herbal Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Ayam :
1. Daun Sirih 3 Ons
2. Brotowali 3 Ons
3. Temulawak 3 Ons
4. Air Bersih 7 Liter
Tips Pembuatan Serta Penyajian
Seluruh bahan herbal di cuci bersih dari noda-noda debu yng menempel. Masukkan air bersih 7 liter kedalam panci serta masak sampai-sampai mendidih. Masukkan bahan herbal tadi kedalam panci serta masak sampai-sampai sekitar 30 menit. Seusai selesai dinginkan serta campur yang dengannya jatah air minum ayam pada pagi hari saja. Racikan tadi mampu dimasak sebanyk 3 kali masakan. Seusai tiga kali pemasakan herbal Perlu diganti yang dengannya yng baru supaya kualitas serta khasiat obat herbal tetap terjaga kualitasnya.
Nah itulah yng bisa saya sampaikan wacana daftar obat herbal bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi penyakit ayam. Mudah-mudahan tulisan atau artikel yng saya buat ini bisa memberikan manfaat bagi kita seluruh khususnya bagi kita yng tengah menekuni bisnis peternakan ayam ataupun cuma sekedar hobi saja. Jangan sering-sering bergantung yang dengannya obat kimia, kita pula Perlu mencintai obat herbal lantaran selain murah khasiatnya pula lebih hebat daripada obat kimia. Serta tentunya tak ada efek sampingnya andai dibandingkan yang dengannya mempergunakan obat kimia.

Sumber rujukan dan gambar : http://ternakjopertegal.blogspot.com/2016/12/obat-herbal-ayam-joper.html.

Seputar Obat Herbal Ayam Joper

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Obat Herbal Ayam Joper