KONSULTASI TEKNIS, BAGAIMANA KOMPOSISI MENYUSUN RANSUM AYAM PETELUR?

- Agustus 03, 2017

KONSULTASI TEKNIS, BAGAIMANA KOMPOSISI MENYUSUN RANSUM AYAM PETELUR?

 


Bpk. Sirojuddin Lamongan-Jawa Timur Sirojuddin45@gmail.com
Assalamualaikum. Maaf mengganggu, saya mau tanya mas kalau bagi atau bisa juga dikatakan untuk komposisi pembuatan pakan ayam petelur itu apa saja ya?? Soalnya ditempatku tidak sedikit petani jagung, namun aku resah yng dimaksud yang dengannya KATHUL serta Konsentrat pada makanan ayam itu apa.. Thanks.
Jawab :
Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh. Pakan ayam petelur yng selama ini ada di peternak ada tiga, yakni mencampur antara konsentrat dari pabrik yang dengannya jagung serta bekatul (dedak), penggunaan pakan jadi dari pabrik serta menyusun sendiri ransum ayam.
Barangkali yng kamu maksud KATHUL merupakan Bekatul (dedak). FAO sudah membedakan pengertian dedak serta bekatul. Dedak adalah hasil samping dari proses penggilingan padi yng terdiri dari lapisan luar butiran beras (perikarp serta tegmen) dan sejumlah lembaga beras. Sedangkan bekatul, terdiri dari lapisan dalam butiran beras, yakni lapisan aleuron/kuit ari, dan sebagian kecil endosperma berpati. Dalam proses penggilingan padi di indonesia, dedak diperoleh pada proses penyosohan pertama, sedangkan bekatul pada proses penyosohan kedua.
Konsentrat ayam pula adalah pakan ataupun campuran pakan yng memiliki kandungan nutrien tinggi. Penggunaanya Perlu dicampur yang dengannya bahan pakan lain, lebih-lebih bahan pakan sumber energi yang dengannya prosentase tertentu bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh pakan seimbang yng memenuhi kebutuhan nutrisi ayam. Misalnya dedak, sorgum, jagung, pollard dll.
Andai di daerah kamu memanglah tidak sedikit jagung, tentunya mempergunakan pakan campuran (bukan pakan jadi) tentunya akan lebih menguntungkan. Bahan pakan yng umum dipakai menjadi campuran konsentrat merupakan jagung serta dedak padi. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh nilai nutrisi yng seimbang, tentunya peternak Perlu mengetahui dahulu kandungan bahan pakan yng dipakai dan berapa kebutuhan nutrisi yng dibutuhkan.
Misalkan, peternak ingin menyusun pakan pakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam petelur periode produksi. Bahan yng ada merupakan konsentrat yang dengannya kadar proten kasar (PK) 35% (kandungan PK mampu dilihat di label yng ada dikarung pakan), jagung kuning yang dengannya kadar PK 8% serta dedak padi yang dengannya PK 11%. Kebutuhan nutrisi ayam petelur periode produksi merupakan 18%. a. Berapa % konsentrat, jagung serta dedak padi yng Perlu dicampur bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan pakan ayam petelur yang dengannya kandungan PK 17,75%? b. Berapa Kg Konsentrat, jagung serta dedak yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat 200 kg pakan?
Langkah 1. Cari data ihwal kandungan bahan pakan yng akan dipakai
Langkah 2. Mulai di lakukan penyusunan formula ransum, misalkan kita mencampur bagi atau bisa juga dikatakan untuk konsentrat 1 karung (50 kg). Metode yng dipakai merupakan coba-coba (trial and error)
Bahan Pakan Jumlah yng dipakai (Kg) % dalam pakan
Konsentrat 50 50/142 x 100% = 35,2%
Jagung 72 72/142 x 100% = 50,7%
Dedak padi 20 20/142 x 100% = 14,1
Total 142 100%

Langkah 3. Cek kadar protein yng diperoleh
Konsentrat = 35,2 x 35% = 12,32% Jagung = 50,7 x 8% = 4,06 % Dedak = 14,1 x 11% = 1,55% Total = 17,94%
Jadi perbandingan bahan pakan konsentrat, jagung serta dedak merupakan 35,2% : 50,7% : 14,1%. Yang dengannya perbandingan yang telah di sebutkan diluar dugaan diperoleh pakan yang dengannya kandungan PK 17,94% menjadikan berlangsung kelebihan 0,19%. Hal ini tak masalah bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengantisipasi andai kualitas bahan semisal dedak ataupun jagung yng terkadang di bawah standar.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat pakan ayam petelur sebanyk 200 kg, berguna kebutuhan bahan yng dipakai merupakan menjadi berikut:
Konsentrat = 35,2% x 200 kg = 70,4 Kg Jagung = 50,7% x 200 kg = 101,4 kg Dedak = 14,1% x 200 kg = 28,2 kg Total = 200 Kg
Ferry Tamalluddin 5:02 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2014/12/konsultasi-teknis-bagaimana-komposisi.html.

Seputar KONSULTASI TEKNIS, BAGAIMANA KOMPOSISI MENYUSUN RANSUM AYAM PETELUR?

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain KONSULTASI TEKNIS, BAGAIMANA KOMPOSISI MENYUSUN RANSUM AYAM PETELUR?