Cara Beternak Bebek Bagi Pemula

- September 10, 2017

Cara Beternak Bebek Bagi Pemula

 
Ternak Pertama - Cara Beternak Bebek. Sebelum ternak pertama membahas wacana Cara Beternak Bebek Bagi Pemula semisal umumnya kita Perlu mengetahui wacana Bebek. Semisal yng sudah kami kutip dari wikipedia
Bebek ataupun Itik merupakan nama umum bagi atau bisa juga dikatakan untuk beberapa spesies burung dalam famili Anatidae. Bebek biasanya merupakan burung akuatik yng sebagian besar berukuran lebih kecil dibandingkan kerabatnya, angsa serta angsa berleher pendek, serta bisa didapati pada perairan air tawar ataupun air laut.
Bebek kadang-kadang disamakan yang dengannya beberapa burung air yng berhubungan jauh akan tetapi mirip dalam penampilan, misalnya loon, grebe, gallinule, serta coot.
Beberapa jenis bebek pula bisa melakukan kawin silang, akan tetapi menghasilkan keturunan yng steril serta tak mampu mempunyai keturunan. Semisal persilangan antara serati serta bebek pelari bisa menghasilkan keturunan steril, brati serta tiktok.Bebek ataupun Itik merupakan nama umum bagi atau bisa juga dikatakan untuk beberapa spesies burung dalam famili Anatidae. Bebek biasanya merupakan burung akuatik yng sebagian besar berukuran lebih kecil dibandingkan kerabatnya, angsa serta angsa berleher pendek, serta bisa didapati pada perairan air tawar ataupun air laut.
Bebek kadang-kadang disamakan yang dengannya beberapa burung air yng berhubungan jauh akan tetapi mirip dalam penampilan, misalnya loon, grebe, gallinule, serta coot.
Beberapa jenis bebek pula bisa melakukan kawin silang, akan tetapi menghasilkan keturunan yng steril serta tak mampu mempunyai keturunan. Semisal persilangan antara serati serta bebek pelari bisa menghasilkan keturunan steril, brati serta tiktok.
Beternak Bebek. Semisal yng kita ketahui pecinta daging serta telur bebek makin lama makin bertambah, disamping rasa dari dagingnya yng Amat lezat, telurnya kaya akan manfaat. Keperluan akan ketersediaan daging dan telur bebek ini benar-benar tinggi, bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu bagi para peternak ini adalah kesempatan bisnis kesempatan Anda Amat potensial bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijalankan. Namun sebelum seorang peternak memlai usahanya, wajib menyiapkan diri yang dengannya pemahaman mengenai perkandangan, bibit unggul, pakan ternak, pengelolaan dan pemasaran hasil. Lantas pertanyaan yng muncul merupakan bagaimana pemeliharaan anak bebek (5-8 minggu), pemeliharaan bebek Dara (umur 8-20 minggu ke atas) dan pemeliharaan bebek petelur (umur 20 minggu ke atas).
Cara Beternak Bebek
Butuh kita ketahui bahwasanya masa produksi telur bebek yng ideal merupakan selam 1 tahun. Produksi telur rata-rata bebek lokal berkisar antara 200-300 butir per tahun yang dengannya berat rata-rata 70 gram. Malah, bebek alabio memiliki produktivitas tinggi di atas 250 butir per tahun yang dengannya masa produksi telur sampai-sampai 68 minggu.
Pemeliharaannya tidak butuh waktu yng lama, dimana hasil sudah mampu dipetik dalam waktu 2-3 bulan. Faktor yang telah di sebutkan dikarenakan lantaran pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya relatif lebih baik daripada bebek betina. Berat badan sampai-sampai tatkala dipotong tidak tak lebih dari 1,5 kg. Yang dengannya mempergunakan serta memanfaatkan bebek jantan, dalam waktu yng relatif pendek bisa mencapai berat yng di perlukan. Pemotongan pada umur yng relatif muda, menghasilkan daging yng lebih empuk, lebih gurih dan kualitas gizinya lebih tinggi.
Bisnis peternakan itik di Indonesia sudah lama dikenal warga atau juga bisa dikatakan masyarakat. Supaya bisnis ini bisa memberikan keuntungan yng optimal bagi peternak maka butuh diperhatikan beberapa hal yng menyangkut Manajemen pemeliharaan ternak itik, antara lain :
1. Seleksi Bibit
Bibit itik di Indonesia dibagi dalam dua kelompok yakni :
a. Itik Lokal
1). Itik Tegal (Tegal).
Tanda-ciri : warna bulu putih polos hingga cokelat hitam, warna paruh serta kaki kuning ataupun hitam.
2). Itik Mojosari (Mojosari Jawa Timur).
Tanda-ciri : warna bulu cokelat muda hingga cokelat tua, warna paruh hitam serta kaki berwarna hitam.
3). Itik Alabio (Amuntai Kalimantan Selatan).
Tanda-ciri : badan lebih besar dibandingkan yang dengannya itik Tegal.
4). Itik Asahan dikembangkan di Tanjung Balai, Sumatera Utara.
b. Itik Persilangan
2. Pakan
a. Jenis Pakan : jagung, dedak padi, bungkil kedelai, bungkil kelapa, dll.
b. Pemberian Pakan :
Umur 1 – 2 minggu 60 gr/ekor/hari.
Umur 3 – 4 minggu 80 gr/ekor/hari.
Umur 5 – 9 minggu 100 gr/ekor/hari.
Umur 10 minggu 150-180gr/ekor/hari.
3. Perkandangan
a. Tempat Sangkar
Jauh dari keramaian.
Ada ataupun dekat yang dengannya sumber air.
Tak terlalu dekat yang dengannya rumah.
Gampang dalam pengawasan.
b. Bahan sangkar mampu terbuat dari kerangka kayu ataupun bambu, atap genteng serta lantainya pasir ataupun kapur.
c. Daya tampung bagi atau bisa juga dikatakan untuk 100 ekor itik :
Umur 1 hari – 2 minggu 1 -2 m.
Umur 1 – 2 minggu 2 – 4 m.
Umur 2 – 4 minggu 4 – 6 m.
Umur 4 – 6 minggu 6 – 8 m.
Umur 6 – 8 minggu 8 – 10 m.
Itik dara hingga umur 6 bulan 5 – 10 ekor/m.
4. Tatalaksana Pemeliharaan
a. Secara ekstensif yakni pemeliharaan yng berpindah-pindah.
b. Secara intensif yakni secara terus-menerus dikandangkan semisal ayam ras.
c. Secara semi intensif yakni dipelihara di sangkar yanga ada halaman berpagar.
Perbandingan jantan serta betina (sex ratio) merupakan 1 : 10 serta dipilih ternak itik yng berproduksi tinggi.
5. Kebugaran atau kesehatan
a. Penyakit Berak Kapur.
Penyebab : Bakteri Salmonella Pullorum. Ciri-tanda : Berak putih, lengket semisal pasta.
Pencegahan: Kebersihan sangkar, makanan, minuman, vaksinasi, serta itik yng sakit dijauhkan.
b. Penyakit Cacing.
Penyebab : Banyak sekali jenis cacing.
Ciri-tanda : Nafsu makan tidak lebih, kadang-kadang mencret, bulu kusam, kurus, serta produksi telur menurun. Pencegahan: Sangkar Perlu bersih, kering tak lembab, makanan serta minuman Perlu bersih serta sanitasi sangkar.
c. Lumpuh.
Penyebab : Kekurangan vitamin B.
Ciri-tanda : Kaki bengkak dibagian persendian, jalan pincang serta lumpuh, kelihatan ngantuk, kadang-kadang keluar air mata berlebihan.
Pencegahan : Pemberian sayuran / hijauan dalam bentuk segar sehari-hari.
6. Pasca Panen
a. Telur itik bisa diolah menjadi telur asin, telur pindang, dll.
b. Bebek bisa diolah menjadi bebek panggang dll
c. Bulu bisa diolah menjadi kerajinan tangan
d. Tinja/kotoran itik bisa menjadi pupuk.
Demikian sekilas wacana Cara Beternak Bebek Bagi Pemula, bagi atau bisa juga dikatakan untuk berita selanjutnya akan kami pada tulisan atau artikel selanjutnya. mudah-mudahan memberikan manfaat.
Lihat pula
Kesempatan Bisnis Budidaya Bebek Peking Untung Besar
FS 8:04 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2015/08/cara-beternak-bebek-bagi-pemula.html.

Seputar Cara Beternak Bebek Bagi Pemula

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Beternak Bebek Bagi Pemula