Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal

- September 08, 2017

Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal

 
Di Indonesia, ikan nila dikenal menjadi Ikan yng gurih lezat serta tidak sedikit proteinya.Nila pertama kali diperkenalkan diIndonesia pada tahun 1969 dari Taiwan. lantas beberapa spesies pula diperkenalkan dari Thailand semisal (Nila Citralada), Filipina (Nila GIFT) serta Jepang (JICA Nila).
Nila sudah Amat ternama yang dengannya ke hidup-an para petani ikan lokal, lantaran orang-orang gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk di budidayakan serta pula pertumbuhan yng cepat. Mayoritas produksi ikan nila berada di daerah Jawa Barat serta Sumatera Utara. Pada tahun 2006,Penerapan teknologi (Badan Pengkajian serta Penerapan Teknologi)
Pada waktu itu badan penelitian pemerintah Indonesia memperkenalkan spesies baru yng bernama "genetik supermale nila Indonesia" (GESIT).Ikan GESIT merupakan rekayasa genetika bagi atau bisa juga dikatakan untuk menetaskan telur yng akan menghasilkan 98% - 100% nila jantan. Hal ini akan menguntungkan bagi para petani ikan nila bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertanian yang dengannya budidaya jenis(seluruh laki-laki) yng lebih produktif.Lantaran pertumbuhan ikan nila jantan 40% lebih cepat dari pada ikan nila betina.
Nila merupakan jenis ikan air tawar yang dengannya bentuk tubuh memanjang serta lateral dikompresi serta memiliki warna putih pula hitam. Sejarah singkat ikan nila berasal dari sungai Nil serta danau sekitarnya. serta saat ini ikan ini sudah menyebar ke negara-negara di seluruh iklim lima benua tropis serta subtropis. Sedangkan di daerah beriklim, ikan nila tak bisa hidup yang dengannya baik,ikan nila tidak sedikit disukai oleh negara indigo lantaran dagingnya tidak jelek alias bagus serta tebal semisal daging ikan kakap merah.
Benih ikan yng diimpor ke Indonesia secara resmi oleh Air Tawar Perikanan Research Institute pada tahun 1969. sesudah periode penelitian serta adaptasi, maka ikan yang telah di sebutkan didistribusikan kepada petani di seluruh Indonesia. Nila merupakan nama khas Indonesia yng diberikan oleh Pemerintah melalui Direktur Jenderal perikanan Jenis ikan yng pertama kali masuk ke Indonesia merupakan Jenis Oreochamis nilaticus serta nila jenis mossambique ataupun lebih dikenal yang dengannya mujair.
Perkembangan jenis Nila :
  • Tahun 1969 Ikan nila [ Oreochramisniloticus ] pertama dari Taiwan
  • Tahun 1980 Ikan Nila Merah, Filifina
  • Tahun 1994 Nila Gift, Filifina
  • Tahun 1990 Budidaya ikan nila merah
  • Tahun 1997 budidaya ikan nila hitam

Persiapan Tempat Kolam Budidaya Ikan Nila rangka membangun Kolam Terpal Plastik yang dengannya tertanam yakni.
  • Cari posisi tanah yng langsung di kenai sinar matahari serta cukup luas bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembuatan kolam.
  • Gali tanah sesuai yang dengannya luas kolam yng kamu inginkan ataupun yang dengannya lebar terpal yng kamu beli, yang dengannya kedalaman (50 cm).
  • Stetlah penggalian telah selesai tinggal terpal siap di pasang serta mampu di isi yang dengannya air
  • Lantas diatas terpal diberi batako / bata merah agar bisa aman serta rapi. Hal ini dimaksudkan pula agar bisa terpal tak gampang tertilap ataupun berganti posisi, lebih-lebih tatkala angin datang berhembus lumayan kencang
  • Dalam membuat kolam ikan model tertanam, sebaiknya pilihlah kualitas terpal yng tebal serta tahan lama .lantas kolam terpal dibuat kotakan sedang kecil, memanjang ataupun bulat. selain menjadi mengalirkan air disaat dikeringkan dan tempat berkumpul bagi atau bisa juga dikatakan untuk kotoran ataupun sisa makanan ikan,menjadikan gampang dibersihkan.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis kolam ikan tertanam terpal yng tak mempergunakan kerangka, maka kamu Perlu memeriksa dinding kolam tak boleh ada benda tajam yng tertanam di tanah yng bisa memicu kebocoran kolam.Jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk membersihkan terpal yng baru dibeli berulang kali menjadikan bahan kimia hilang namun tanpa mempergunakan sabun percis sekali.disaat memasang kolam terpal pasti ada kelebihan di sudut-sudut,ingat jangan dilipat karna akan menjadi pertumbuhan bakteri.
Mengikat setiap sisi terpal kolam mempergunakan tali nilon yang dengannya kuat supaya tak melorot. mengapa Perlu mengikat mati? agar bisa bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari kolam terlepas dari ikatan. Jangan tidak ingat pada tatkala mengisi air, posisi kerapian terpal Perlu terus diawasi supaya tak bergeser, pengisian air berhenti sesudah mencapai kedalaman 80-150cm,
Pastikan bahwasanya Kamu bersedia bagi atau bisa juga dikatakan untuk minum dari sumber air Kamu sebelum Kamu memberikannya kepada nila kamu.masukan air baru ke dalam wadah pengalihan, bagi atau bisa juga dikatakan untuk perawatan lebih lanjut,sebelum menambahkannya ke kolam kamu.pastikan bahwasanya suhunya merupakan percis semisal pada nila kamu sebelumnya selain memastikan bahwasanya air yng baru diperkenalkan merupakan cukup bersih bagi kamu bagi atau bisa juga dikatakan untuk di minum, serta pada suhu yng tepat,
Kamu butuh memastikan bahwasanya air bebas dari seluruh bahan kimia yng ditambahkan oleh otoritas air kota, lebih-lebih klorin. kendi galon, disaat kamu mempertimbangkan bahwasanya kamu cuma menambahkan satu tetes per galon air, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilang-kan klorin, serta mengurangi toksisitas logam berat semisal tembaga, kadmium, merkuri, perak, seng, timah, nikel, mangan, serta natrium selenat, yng bisa hadir dalam pasokan air. Pula, jangan menganggap bahwasanya air kota diklorinasi akan kehilangan kandungan klorin pada sendiri dari waktu ke waktu.
Hal ini lebih-lebih berlaku bagi atau bisa juga dikatakan untuk kolam dalam terpal.malah andai kamu tak mampu mencium bau asap, cuma butuh waktu jumlah jejak memicu kematian luka bakar kimia bagi atau bisa juga dikatakan untuk insang orang-orang, serta seluruh tubuh orang-orang.
Penebaran Benih
Menebar benih ikan nila ukuran benih ikan yng di tebar umumnya berukuran antara 8-12 Cm ataupun yang dengannya ukuran berat 30 Gram/Ekor yang dengannya pada tebar sekitar 5-10 Ekor/M2. pemeliharaan ikan nila di lakukan selama 6 bulan ataupun sampai-sampai ukuran berat ikan nila telah mencapai 400-600 Gram/Ekor.
Pakan Ikan Nila Yng Baik
Makanan yng diberikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk Ikan nila selain makanan alami bisa diberikan makanan tambahan. yng diusahakan secara bersungguh-sungguh yakni berupa dedak, ampas kelapa, pellet ataupun sisa-sisa makanan dapur.makanan nabati serta planton
  1. Dasarnya memang pemberian pakan terdiri dari:
  2. Mempunyai protein 20-30%
  3. Mempunyai memak 70% (maksimal.)
  4. Mempunyai Karbohidrat 63 – 73%
Makanan Nabati yakni jenis makanan yng di perlukan oleh tubuh ikan,serta makanan nabati ini yng berupa tumbuh-tumbuhan semisal;sayuran,kangkung,daun talas,enceng gondok,serta daun pepaya itu seluruh mampu di berikan secara langsung kepada ikan
plankton merupakan suatu organisme hewan yng hidup melayang-layang ataupun mengambang dalam air,plankton ini cuma hidup di perairan saja serta memiliki kemampuan berenang yng dibatasi, adapun semisal plankton yakni : Artemia, calanus, cyclops,trigiopus, moina, brachionus, spirulina, isochrysis, tetraselmis, chorella, serta skeletonema
Penyakit Pan Pencegahan
Streptococcus merupakan satu dari sekian banyaknya genus dari bakteri nonmotil yng memiliki kandungan sel gram positif, berbentuk bulat, oval serta membentuk rantai pendek, panjang ataupun berpasangan. Bakteri ini tak membentuk spora. Bakteri ini bisa didapati di bagian mulut, usus kita-kita serta hewan
Satu dari sekian banyaknya penyakit yng paling signifikan dalam budaya nila di seluruh dunia, serta khususnya dalam system dalam kolam terpal, penyebabnya yaitu oleh Streptococcus. Strain utama radang menginfeksi fasilitas akuakultur ada dugaan menjadi Streptococcus iniae, walaupun jenis lain-lainnya sudah terlibat serta tengah dalam proses diidentifikasi. Hasil penyakit ini di tanda-tanda klinis umum hemoragik septikemia semisal:
Letargi, kelemahan, kehilangan nafsu makan, perubahan warna merah pada anus serta pangkal sirip, mata hemoragik, insang, organ, serta otot, cairan perut darah diwarnai, serta ginjal bengkak, limpa, serta hati.
Streptococcus mempunyai tanda-tanda klinis tambahan salah satunya spiral gerak menentu berenang, tubuh melengkung, opacity kornea dalam satu ataupun lebih mata, exopthalmia (mata menonjol), serta distensi abdomen.
Cara paling baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari penyakit yang telah di sebutkan merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membeli ikan bersih di tempat pertama. Seorang petani bisa mengurangi resiko nya penyakit yang dengannya menerapkan metode simpel menjadi berikut:
  • Mempertahankan nutrisi ikan yng baik
  • Menghindari over-crowding
  • Melindungi kebersihan pribadi yng baik
  • Cuci tangan yang dengannya sabun antibakteri
  • Mandi disinfektan kaki
  • Live-haul truk desinfeksi
  • Pengunjung di batasi
Kita Suka mengujarkan bahwasanya pencegahan lebih baik daripada mengobati bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyakit virus serta bakteri.
Nila sudah menjadi ikan bagian yng ketiga yng paling penting dalam budidaya ikan mas serta sesudah salmon; produksi di seluruh dunia melebihi 1.500.000 metrik/ton pada tahun 2002 serta meningkat setiap 12 bulan. Lantaran kandungan protein yng tinggi, ukuran besar, pertumbuhan yng cepat (6-7 bulan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tumbuh ke ukuran panen),serta palatabilitas,sejumlah tilapiine cichlids-khusus, banyak sekali spesies Oreochromis, Sarotherodon, serta nila-adalah bisnis budidaya yng utama.
Panen
pemanenan ikan nila telah bisa di lakukan sesudah pemeliharaan mencapai umur 4 – 6 bulan. Ikan nila pada usia 4-6 bulan pemeliharaan akan mempunyai berat yng bevariasi,yakni antara 400-600 gram/ekor. Bila ukuran berat dari masing-masing ikan dirasa tidak lebih maksimal, maka pemanenan mampu pula di lakukan yang dengannya system bertahap, dimana cuma dipilih ukuran konsumsi (pasar).
Pada tahap pertama pemanenan di lakukan yang dengannya mempergunakan jaring serta setiap bulan selanjutnya secara bertahap Selama panen air segar butuh dialirkan ke dalam kolam bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah supaya ikan tak tidak sedikit yng stres/mati.


Sumber rujukan dan gambar : http://budidaya7.blogspot.com/2015/08/cara-budidaya-ikan-nila-di-kolam-terpal.html.

Seputar Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal