Pentingnnya Mengetahui Suhu dan Kelembaman Udara Untuk Menstabilkan Produksi Ayam

- September 05, 2017

Pentingnnya Mengetahui Suhu dan Kelembaman Udara Untuk Menstabilkan Produksi Ayam

 
Ternak Pertama - Suhu dan Kelembaman Udara Untuk Menstabilkan Produksi Ayam - Andai kamu seorang peternak, kususnya ternak ayam Suhu dalam sangkar adalah satu dari sekian banyaknya aspek yng Amat penting yng bisa memberi pengaruh produksi ataupun perkembangan Ayam Petelur. Suhu dan kelembaman adalah satu dari sekian banyaknya yng Perlu di awasi oleh peternak dari mulai Ayam masih DOC hingga masa dalam masa produksi. Mengetahui Suhu dan kelembaman yng tepat dari awal Amat baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk perkembangan Ayam Layer kedepanya, Hal yang telah di sebutkan tentu akan berpengaruh pada produksi telur yng nantinya akan berujung pada kesuksesan bisnis .
Menjadi berita, Suhu yng dibutuhkan setiap fase Ayam Petelur berbeda-beda. Ayam yng masih DOC memerlukan suhu yng lebih Anget dan akan menurun kebutuhan suhunya seiring bertambah umur Ayam. Disaat masih DOC, kondisi ayam masih rentan terhadap penyakit berlebi lagi anak ayam yang telah di sebutkan belum bisa atau mampu mengatur suhunya sendiri bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu bantuan dari luar memanglah di perlukan. Begitu pula disaat ayam berada pada masa pertumbuhan dan masa produksi mengetahui suhu dan kelembaman pada sangkar ayam penting supaya tercapai performance yng optimal.
THERMO-HYGROMETER
Kestabilan suhu tubuh ayam pada umur < 2 minggu ditentukan oleh:
  • Suhu litter ataupun alas sekamnya (diluar dugaan telapak kaki menjadi pemberi sinyal suhu yng pertama pada anak ayam)
  • Suhu ruangan pada ketinggian 20-30 cm dari alas
  • Kelembaban udara ruangan

SUHU DAN KELEMBABAN IDEAL UNTUK AYAM BROLER
Umur (hari) Suhu (°C) Kelembaban (%)
1 32-29 60-70
3 30-27 60-70
6 28-25 60-70
9 27-25 60-70
12 26-25 60-70
≥ 15 24-25 60-70

Selama dalam proses masa pertumbuhan, pullet memerlukan pakan yng mempunyai kualitas baik dan yng disesuaikan yang dengannya kebutuhan ayam. Satu dari sekian banyaknya yng masih memberiakan peranan penting merupakan Suhu, pengaturan suhu yng benar akan dmenentukan berapa jumlah pakan yng Perlu diberikan keapda ayam bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikonsumsi. Selama suhu ataupun keadaan cuaca yng panas konsumsi pakan akan mengalami menurun. Pullet yng mempunyai sifat proaktif akan memiliki nafsu makan yng tinggi dan memiliki kapasitas fisik kuat andai dibanding yang dengannya pullet yng tak proaktif. Pullet yng mempunyai fisik kecil biasana akan mengalami penurun nafsu makan yng dikonsumsinya. maka sari itu mengetahui suhu dan kelembaman Amat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk kamu ketahui lantaran akan berdampak pada meningkatnya produksi ayam yng maksimal. Suhu dan kelembaman yng tak sesuia akan memicu ayam akan mengalami kondisi stress dan yng terperinci ini akan menjadi kerugian bagi para peternak lantaran ayam stress akan menurun berat badannya. Untuk itu manajemen suhu dan kelembaman yng tepat mempunyai peranan penting paling tak akan meminimalkan masalah pada produksi ayam yng menurun.
Yang akan di sajikan kali ini merupakan tips bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi suhu dan kelembaman pada tubuh ayam
Kendala Cuaca Daerah tropis adalah daerah yng mempunyai cuaca/suhu yng panas lebih-lebih pada siang hari, hal ini terperinci akn menjadi kendala bagi para peternak Ayam Petelur. Perbedaan suhu yng terlalu jauh antara siang dan malam, Suhu malam hari umumnya sekitar 23 derajat sedangkan suhu panas tatkala siang hari umumnya mampu hingga 35 hingga yang dengannya 37 derajat celcius.
Tips mengatasi Suhu yng tinggi pada siang hari antara lain :
Tips mengatasi Suhu yng tinggi pada siang hari yng umumnya di lakukan oleh peternak ayam bersifat memanipulasi ataupun sementara, yang dengannya keseimbangan protein energi tatkala cuaca ataupun suhu panas ataupun pemberian antistress Perlu di lakukan menjadi satu dari sekian banyaknya solusi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi ini dalam jangka pendek.
Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk solusi yng lebih rumit umumnya tips yng di lakukan oleh para peternak senior yang dengannya menurunkan suhu dalam sangkar ayam. Tips pertama kamu mampu yang dengannya memperbaiki konstruksi sangkar yang dengannya telah merencanakan ventilasi udara yng tepat dan sebagainya. Tips kedua taitu yang dengannya menanaman pohon disisi sangkar yang dengannya maksud supaya bisa mengurangi sinar matahari langsung dari samping maupun dari atas ataupun atap.
Para peternak mampu mempergunakan alat dibawah ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengontrol suhu dan kelembaban udara dalam ruangan sangkar. Alat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatur suhu dan kelembaman sangkar ayam disebut Thermo gun dan Thermohugrometer, kedua alat yang telah di sebutkan Amat gampang didapatkan dan harganya terjangkau
1. THERMO GUN
Thermo Gun adalah satu dari sekian banyaknya alat canggih yng bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengukur temperatur suatu tempat yang dengannya keakuratan yng tinggi yng dipadukan yang dengannya sinar laser. Tembakkan sinar laser pada suatu obyek ini dia, hasil pengukuran temperatur bisa langsung ditampilkan pada layar yng berada di bagian belakang gagangnya. Thermo Gun adalah sebuat alat yng Amat tepat kamu genakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memantau temperatur alas sekam (litter) lebih-lebih selama masa brooding ataupun pemanasan. Selain itu, alat thermo gun ini pula gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipakai, ringan dan harganya pun terjangkau.
2. THERMOHYGROMETER
Umumnya dalam mengukur suhu dan kelembaman sebuah ruangan kita umumnya mempergunakan tips ataupun teknik kira-kira. Terperinci yang dengannya tips yang telah di sebutkan hasil yng didapat tidak lebih optimal apalagi suhu dan kelembaman sangkar ayam adalah satu dari sekian banyaknya faktor penting dalam pertumbuhan ayam optimal. Untuk itu tinggalkanlah tips yng primitif/teknik kira-kira saat ini pula lantaran yang dengannya kehadiran Thermohygrometer kamu yang dengannya gampang mampu mengontrol suhu ruangan sangkar ayam yang telah di sebutkan secara optimal. Thermohygrometer ini Amat gampang dalam penggunaanya, memungkinkan pekerja sangkar sekalipun bagi atau bisa juga dikatakan untuk secara rutin bisa mengukur suhu dan kelembaban udara di dalam sangkar cuma yang dengannya menekan 1 tombol pada ketinggian 20-30 cm di atas permukaan lantai sangkar, langsung seketika tertera di layar berapa °C suhunya dan berapa % kelembaban udaranya. Selain itu, Thermohygrometer selain gampang pengoprasianya, harganya pun murah dan tahan lama.
Lihat pula :
  • Harga Ayam
  • Harga Telur
FS 10:46 PM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2016/08/pentingnnya-mengetahui-suhu-dan-kelembaman-udara.html.

Seputar Pentingnnya Mengetahui Suhu dan Kelembaman Udara Untuk Menstabilkan Produksi Ayam

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Pentingnnya Mengetahui Suhu dan Kelembaman Udara Untuk Menstabilkan Produksi Ayam