TEPAT PANEN AYAM BROILER, KEUNTUNGAN PUN DIDAPAT

- September 13, 2017

TEPAT PANEN AYAM BROILER, KEUNTUNGAN PUN DIDAPAT

 
TEPAT PANEN AYAM BROILER, KEUNTUNGAN PUN DIDAPAT
Panen adalah tatkala yng paling dinantikan oleh peternak ayam broiler/ayam pedaging lantaran harapan serta jerih payah selama pemeliharaan ayam broiler akan segara terganti yang dengannya uang. Hasil panen yng diharapkan tentunya mendatangkan keuntungan maksimal. Walaupun mampu diestimasikan sebelum panen, akan tetapi keuntungan riil peternak cuma mampu dipastikan seusai seluruh ayam selesai terjual.
Panen merupakan gerbang yang terakhir bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai keuntungan lantaran keuntungan yng telah di depan mata mampu saja hilang lantaran kekurangwaspadan tatkala panen. Panen mampu mulai di lakukan andaikan bobot telah di kehendaki oleh pasar. Umumnya pada pemeliharaan yang dengannya system kemitraan, harga ayam serta waktu panen ditentukan bersama-sama oleh inti serta mitra. Lain halnya yang dengannya system mampu berdiri diatas kaki sendiri, waktu panen ditentukan oleh peternak sendiri. Peternak mampu berdiri diatas kaki sendiri Perlu pandai-pandai menentukan waktu panen lantaran berkenaan yang dengannya besarnya keuntungan yng nantinya akan didapat.
Ada beberapa cara yng sudah saya tulis dalam buku “Panduan Lengkap Ayam Broiler” yng butuh diperhatikan berkenaan yang dengannya panen ayam broiler. Akan tetapi, dalam tulisan atau artikel di artikel ini saya hayana akan membahas satu saja, yakni segera panen ayam broiler andai pendapat dari perhitungan kita telah untung. Panen bisa di lakukan andaikan hasil yng didapatkan sudah melebihi biaya produksi yng sudah dikeluarkan ataupun telah mencapai keuntungan yng dikehendaki. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu, butuh di lakukan penghitungan titik impas BEP. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan keuntungan harga jual Perlu diatas nilai BEP.
BEP = ((FCR x HP x BB)+(BO+OVK+DOC ) x (100/( 100-M ))/BB

Keterangan: o FCR = Total pemakaian pakan/total bobot panen o HP = Harga pakan per kg o BO = Biaya Operasional o OVK = Biaya obat, vaksin, disinvektan serta vitamin o DOC = Harga DOC o BB = Bobot badan rata-rata o M = Mortalitas/Deplesi
Semisal:
Misalkan kondisi ayam sebeleum dipanen merupakan menjadi berikut: Harga DOC = Rp.4000 Harga Pakan = Rp.7.000 OVK = Rp.400 / ekor BOP = Rp.1.500 / ekr.
Performance ayam broiler diestimasikan menjadi berikut : Jumlah ayam 1.000 ekor Total konsumsi 53 Zak = 2.650 kg Hasil Panen = kematian 4 % Bobot Total = 1.650 kg
Perhitungan BEP - FCR = 2.650/1.650 = 1,606 - Ayam hidup = 960 ekor - BB rata-rata = 1.650/960 =1,719
BEP = ((1,719 x 7.000 x 1,606)+(1.500+400+4.000)x100/(100-4))/1,79 = 14.679
Didasari perhitungan di atas, BEP (titik impas) dari semisal di atas merupakan Rp14.680. pengertiannya andai harga ayam tatkala itu Rp.14.680/kg, peternak tak untung serta tak pula rugi. Yang dengannya mengetahui BEP, maka andai harga ayam tatkala itu lebih dari Rp.14.680/kg peternak mampu memanen ayamnya. Masalah berapa keuntungan yng ingin didapat itu sepenuhnya di tangan peternak.
PERHATIAN!!!! Data yng dipergunakan dalam perhitungan BEP Perlu bebar-benar akurat, karena kesalahan data menghasilkan kesalahan prediksi keuntungan.
Ferry Tamalluddin 4:33 PM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2014/12/tepat-panen-ayam-broiler-keuntungan-pun.html.

Seputar TEPAT PANEN AYAM BROILER, KEUNTUNGAN PUN DIDAPAT

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain TEPAT PANEN AYAM BROILER, KEUNTUNGAN PUN DIDAPAT