Cara Beternak Dan Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal Praktis dan Ekonomis

- Juli 15, 2017

Cara Beternak Dan Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal Praktis dan Ekonomis

 
Ternak Pertama - Ternak Ikan Lele Kolam Terpal - Perkembangan budidaya ikan Lele di Nusantara sekian hari terus bergairah . Tak cuma permintaan pasar yng cenderung stabil , dalam faktor perawatan pula salah satunya tidak terlalu susah . Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu tidak ada salahnya andaikan anda berupaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakannya . Berikut analisis dari kami bagi atau bisa juga dikatakan untuk anda mengenai Ternak Ikan Lele Kolam Terpal Praktis Hemat .
Beternak Dan Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal

Ternak Ikan Lele Kolam Terpal yng Efisien Dan Ekonomis

1. Penyediaan Alat/Barang (Ternak Ikan Lele Ikan Kolam Terpal Praktis Ekonomis Hal yng pertama kali yng saya perbuat adalah berdoa, memohon terhadap yng Maha Kuasa mudah-mudahan bisnis saya diberikan kelancaran Amien.. selanjutnya saya membeli aneka macam alat/barang bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendirikan kolam terpal, diantaranya :
- Bambu 3 batang @ Rp. 7.000 x 3 = Rp. 21.000 - Terpal ukuran 5 x 4 (20M pesegi) @ Rp. 120.000 x = Rp Rp. 120.000 - Tali klontong (rafia) 1 @ Rp. 5.000 = Rp. 5.000 - Pipa PVC 1/2 inci Rp. 10.000 x 1 = Rp. 10.000 - Shok drat luar dalam 1/2 inci = Rp. 6.000 - Keni drat 1 dan Keni biasa = Rp 6.000 - Dobel nepel = Rp. 3.000 - Keni Gi = Rp. 3.500
Andai anda memerlukan alat/barang yng lain-lainnya silahkan saja dibeli sesuai yang dengannya kebutuhan kamu. Ternak Ikan Lele Ikan Kolam Terpal Praktis Ekonomis
2. Bagian Persiapan Tanah
Seusai seluruh perlengkapan tersedia, kami siapkan tanah yng bakal menjadi dasar kolam terpal. Syarat mutlak permukaan tanah wajib bersih dari segala sesuatu yng sanggup membocori/merobek terpal, semacam batu, paku, kawat dan lain sebagainya.
3. Bagian Pembuatan Kolam Terpal (Ternak Ikan Lele Ikan Terpal Praktis Ekonomis)
Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal Praktis

Langkah-langkah pembuatan kolam diantaranya:
Buat berlebi dahulu rangka kolam yang dengannya memakai bambu, andaikan memakai paku dan kawat usahakan jangan sampai-sampai bagian tajamnya merobek terpal, kalau saya memakai tali rafia (ukuran besar dan tebal). Seusai rangka menjadikan saatnya memesang terpal, usahakan dalam proses pemasangan terpal serapi barangkali khususnya bagian aspek kolam. Selanjutnya bagian pembuatan pipa pembuangan.
4. Pengeloaan Pangan Ikan Lele
Masukan kotoran sapi dicampur dedak ke dalam kolam lantas ratakan kira-kira yang dengannya tinggi 5 – 10 cm. Masukan air perlahan-lahan perhatikan seluruh bagian kolam apakah ada kebocoran atau juga tak Lantaran budidaya lele yng saya perbuat memakai teknik organik, jadi kotoran sapi yng tadi dimasukan menjadi media pertumbuhan mikroorganisme air, semacam plankton, cacing dan lain sebagainya, yng nantinya bakal menjadi makanan organik lele. Seusai air penuh biarkan tidak lebih lebih 7 – 10 hari agar bisa mikroorganisme air tumbuh, dan agar bisa aroma residu (zat kimia) dari terpal hilang.
5 . Tambahan (Ternak Ikan Lele Ikan Terpal Praktis Ekonomis)
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengenal apakah kolam sudah siap isi atau juga belum, saya memakai indikator alami, pengertiannya disaat pada kolam sudah dipenuhi mikroorganisme semacam plankton dan lain sebagainya, jadi kolam sudah siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk dimasukan bibit. Dalam memilih bibit usahakan memilih bibit yng mempunyai kualitas, atau juga kalau mau memakai bibit tipe sangkuriang lebih baik lagi memilih bibit yng bersertifikat. Memilih bibit ikan lele usahakan pula yng ukurannya seragam, andaikan berbeda-beda umumnya bakal memberi pengaruh pertumbuhan lele yng tumbuhnya tidak seragam, dan andaikan lele tumbuh tidak seragam umumnya bakal kanibal (saling memakang yang dengannya temannya).
Penebaran bibit ukuran yng saya genakan adalah 100 (seratus) ekor per 1 (satu) meter persegi, andaikan bibit terlalu tidak tidak banyak memicu laju pertumbuhan ikan lele bakal terhambat. Disaat menebar benih ikan lele jangan langsung dimasukan begitu saja ke kolam, sebaiknya perbuat dulu proses penyesuaian yang dengannya pertolongan kita, karena air tempat lele sebelumnya tidak percis yang dengannya air kolam yng bakal menjadi tempat nasib lele. Proses penyesuaian yng bisa kami perbuat adalah yang dengannya panduan memasukan tempat lele sebelumnya (misalnya plastik) yang dengannya tips perlahan-lahan ke air kolam, buka plastiknya biarkan air kolam masuk kedalam plastik, biarkan juga air kolam dan air dalam plastik bersatu (homogen), dan biarkan pulabenih lele dari plastik berenang yang dengannya sendirinya ke kolam. FS 7:29 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2015/05/cara-beternak-dan-budidaya-ikan-lele.html.

Seputar Cara Beternak Dan Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal Praktis dan Ekonomis

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Beternak Dan Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal Praktis dan Ekonomis