CARA MEMBUAT PAKAN AYAM PETELUR SENDIRI (3)

- Agustus 07, 2017

CARA MEMBUAT PAKAN AYAM PETELUR SENDIRI (3)

 

Bagian 3.
Bahan Baku Pakan Sumber Mineral
Bahan baku pakan sumber mineral dibagi menjadi 2, yakni mineral alami (organik) serta anorganik. Bahan pakan yng adalah sumber mineral alami merupakan bahan pakan yng memiliki kandungan mineral tinggi serta berasal dari alam. Beberapa diantaranya merupakan kapur (CaCO3), tepung tulang, tepung kerang, serta garam. Sementara itu, bahan baku pakan sumber mireral anorganik yng biasa dipakai dalam formulasi pakan antara lain dikalsium pospat (DCP), potasium klorida, sodium pospat, serta magnesium oksida.
1. Sumber mineral Ca serta P
Mineral Ca serta P berfungsi di dalam tubuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan kerangka serta pembentukan kerabang. Penggunaan sumber mineral Ca serta P sebaiknya memperhatikan perbandinganya yng sesuai di dalam ransum. Pada ayam masa pertumbuhan, perbandingan Ca serta P sebessar 2:1 serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam petelur perbandinganya 4:1. Andaikan kandungan Ca melebihi kebutuhan standarnya, akan memberi pengaruh penyerapan mineral Mg, Mn serta Zn menjadikan tak optimal
Sumber mineral anorganik lebih tidak sedikit dimanfaatkan oleh tubuh dibandingkan yang dengannya sumber mineral organik. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk sumber mineral P organik, biasanya terikat yang dengannya zat antinutrien asam pitatyang menghambat pemenfaatan mineral P di dalam tubuh. Penggunaan sumber mineral di dalam tubuh bergantung dari ukuran partikel serta waktu keberadaanya di dalam tubuh, lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk ayam petelur butuh memperhatikan ukuran partikel dari sumber Ca. Makin besar ukuran partikel, keberadaannya di dalam tubuh akan makin lama menjadikan dilepas secara berlahan yng bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembentukan kerabang telur.
2. Sumber Mineral Na serta Cl
Mineral Na serta Cl berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi keseimbangan asam basa di dalam tubuh. Sumber mineral Na can Cl yng umum dipakai di dalam pakan merupakan garam. Penggunaannya dalam pakan bergantung dari kadar Na serta Cl standar dalam pakan. Andai kadar Na serta Cl dalam pakan tidak lebih, butuh penambahan garam. Jumlah penggunaan garam dalam pakan yng direkomendasikan merupakan 0,5-1%. Penggunaan garam tak boleh terlalu tidak sedikit lantaran bisa menghasilkan konsumsi air meningkat menjadikan feses akan basah.
3. Sumber trace mineral
Penambahan trace mineral di dalam pakan dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi kebutuhan mineral Co, Mn, Fe, I, Cu, Zn serta Se. Kebutuhan trace mineral umumnya Amat tidak banyak serta biasanya ditambahkan dalam bentuk mineral mix ataupun dicampur yang dengannya Vitamin yng disebut yang dengannya premix berbahan dasar mineral anorganik. Premix memiliki kandungan trace mineral serta vitamin dalam konsentrasi yng tinggi menjadikan penggunaanya di dalam pakan maksimal 0,5% ataupun bergantung rekomendasi perusahaan.
Bahan Baku Sumber Vitamin
Seluruh bahan baku pakan memiliki kandungan vitamin yng dibutuhkan oleh ayam, yakni vitamin yng larut dalam lemak (A, D, E serta K) dan vitamin yng larut dalam air (tiamin, ribofafin, asam pantotenat, niasin, pyridoksin, folasin, cyanocobalamin serta choline). Baha baku pakan memiliki kandungan vitamin yng Amat bervariasi. Pada biasanya vitamin tak bisa dibuat di dalam tubuh serta cuma ada beberapa vitamin bisa dibuat oleh mikroorganisme antara lain vitamin B serta vitamin K. Sumber vitamin yng baik terdapat di dalam bungkil kedelai yng kandungan vitaminya gampang dipakai oleh tubuh.
Bahan baku alami memiliki vitamin yng Amat rendah peyerapanya. Yang dengannya demikian, ayam butuh diberi tambahan suplemen vitamin yng bisa di campur di dalam pakan ataupun diberikan melalui air minum.
Suplemen Asam Amino Sintetis
Suplemen asam amino sintetis, yakni asam amino yng biasa dipakai di dalam pakan yng kekurangan asam amino. Asam amino sintetis yng paling tidak sedikit dipakai merupakan DL-metionin menjadi sumber asam amino metionin, L-lisin menjadi sumber asam amino lisin serta sumber asam amino lainya. Penggunaanya di dalam pakan tak tidak sedikit serta bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi bahan baku pakan sumber protein ataupun asam amino, semisal tepung ikan serta bungkil kedelai.
Suplemen Vitamin serta Mineral
Suplemen vitamin serta mineral yng umum di campur di dalam pakan di kasih nama premix. Premik memiliki kandungan banyak sekali trace mineral serta vitamin yng disesuaikan yang dengannya kebutuhan ayam. Kandungan premix pada premik pada biasanya merupakan vitamin serta mineral, namun ada pula yng memiliki kandungan asam amino metionin serta lisin dan antibiotik. Ferry Tamalluddin 5:09 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2014/12/cara-membuat-pakan-ayam-petelur-sendiri_16.html.

Seputar CARA MEMBUAT PAKAN AYAM PETELUR SENDIRI (3)

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain CARA MEMBUAT PAKAN AYAM PETELUR SENDIRI (3)