Cara Membuat Pakan Sapi Potong Dengan Mudah

- Agustus 27, 2017

Cara Membuat Pakan Sapi Potong Dengan Mudah

 
Ternak Pertama - Cara Membuat Pakan Sapi - Setiap peternak pastinya mengharapkan andai hewan yng di ternak sehat serta gemuk, sehat serta mempunyai kualitas hewan ternak Amat dipengarui oleh kualitas bahan pakan yang dengannya mempertimbangkan segi ekonomis. Dengan demikian maka keuntungan yng didapat akan lebih besar. Namun, ada masih tidak sedikit peternak malah mengalami kesusahan dalam menentukan jenis pakan yng lebih cocok, mempunyai standar yng baik serta lengkap akan nutrisi. Dimana permasalahan ini Suka kita didapati adanya ketidak tepatan antara pakan yng diberikan terhadap sapi yang telah di sebutkan
Sapi Potong
Sapi Potong

Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu kiranya sangatlah penting tulisan atau artikel ini yng akan kami tulis ini yaitu Cara Membuat Pakan Sapi Dengan Mudah, oleh karena itu bagi peternak sapi yng tengah mencari tulisan atau artikel ini mampu membaca yang dengannya seksama apa yng akan kami tulis lantaran pada hari ini kami bakal mengulas tuntas tips membuat pakan sapi yang dengannya gampang serta praktis.

Cara Membuat Pakan Sapi Potong Dengan Mudah

Bahan pakan sapi potong ini mampu diaplikasikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk penggemukan seluruh sapi potong semisal sapi ongole, sapi bali, serta sapi madura agar bisa daging konsumsinya tidak sedikit, tidak jelek alias bagus serta mempunyai kualitas. Butuh diketahui bahwasanya yang dengannya tips alamiah pertambahan berat badan sapi ada di kisaran 500 gram – 1000 gram/ hari. Namun bagi atau bisa juga dikatakan untuk mewujudkan itu tips pemberian konsentrat hormon pertumbuhan belum distandarisasi yang dengannya tips resmi oleh dinas peternakan. Satu dari sekian banyaknya kendala yng Suka dihadapi peternak merupakan dilema keterbatasan pakan. Maka beberapa solusi pakan pilihan yng manjur bagi atau bisa juga dikatakan untuk penggemukan sapi potong makin diupayakan, beberapa pilihan yng diperoleh merupakan yang dengannya membuat pakan fermentasi yang dengannya media pakan konsentrat alamiah yng akan kami bahas lengkap pada goresan pena ini.

Konsentrat Menjadi Pakan Sapi Potong


Konsentrat merupakan satu dari sekian banyaknya media pakan yng mampu disebut makan wajib bagi para peternak seluruh jenis sapi yng mengejar penggemukan sapi khususnya sapi potong. Konsentrat pula dikenal menjadi bahan pakan yng mempunyai kadar nutrisi protein tinggi serta karbohidrat dan kadar serat kasar yng rendah (dibawah 18%). Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat konsentrat yng baik cukuplah gampang, ada beberapa kombinasi bahan alami/organik yng mampu kamu genakan menjadi komposisi pembuatan konsentrat yng baik serta mempunyai kualitas. Bahan-bahan komposisi konsentrat yng umum dipakai serta gampang didapat antara lain menjadi berikut
Dedak (Bekatul)
Dedak (bekatul) yang dengannya komposisi 70% ataupun 75% ataupun kamu pula mampu menggantinya yang dengannya pilihan berupa batang rumbia yng didalamnya tersedia sagu rumbia. Pergantian yang dengannya batang rumbia pasti memiliki alasan tersendiri lantaran memanglah batang rumbia mempunyai hemat murah, lebih terjangkau dari bekatul/dedak lantaran tidak sedikit pohon ini Suka kita jumpai di hampir seluruh wilayah Indonesia. Menjadi berita, kandungan nutrisi batang rumbia memiliki karbohidrat yng lumayan tinggi. Batang rumbia mampu diolah yang dengannya tips dikupas kulit terluarnya lantas hancurkan batang rumbia yng sudah dikupas yang dengannya mesin ataupun kamu mampu melakukanya secara manual yang dengannya tips dicincang menjadi ukuran 0.5 cm ataupun mampu lebih kecil lagi. lantas rendam hasil cincangan yang dengannya air, biarkan selama kira-kira sehari serta lantas kamu mampu berikan pada sapi.
Cek Harga Sapi Hari Ini :
  • Harga Daging Sapi Hari Ini
  • Harga Sapi Limousin
  • Harga Sapi Simental
  • Harga Pedet Sapi Simental
  • Harga Sapi Brhman
Jagung Giling Pakan sapi selanjutnya merupakan Jagung giling, kamu mampu memberikan jagung giling yang dengannya komposisi 8%-10% menjadi penambah nutrisi khususnya kebutuhan serat serta lemak kasar yng tidak ada pada dedak. Jadi andai jagung giling serta dedak dikombinasikan akan saling melengkapi.
Bungil Kelapa Kamu mampu memberikan makanan sapi kamu yang dengannya Bungkil kelapa yang dengannya komposisi 10%-15% ataupun kamu pula mampu menggantinya yang dengannya bungkil kacang tanah ataupun kedelai pastinya yang dengannya kandungan nutrisi yng berbeda-beda. Bungkil kelapa merupakan hasil sisa dari pembuatan serta pemerasan minyak kelapa yng diperoleh dari daging kelapa yng sudah dikeringkan berlebi dahulu dimana dapay berperan menjadi sumber protein.
Tepung Tulang Tepung tulang ataupun kalsium yang dengannya komposisi 2%-5% menjadi pelengkap kebutuhan akan mineral khususnya kalsium pula menjadi penambah protein.
Garam Dapur Garam dapur yang dengannya komposisi sebesar 2% telah cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi kebutuhan mineral. Bila diharapkan mampu pula diberikan tambahan vitamin yng telah tidak sedikit dipakai menjadi pelengkap kebutuhan micro, akan tetapi tetap berpatokan pada dosis yng ditentukan, jangan sampai-sampai berlebihan.


Dosis & Kapan Pemberian Konsentrat Pakan Sapi Potong


Dosis yng tepat dalam pemberian pakan konsentrat ini merupakan dibererikan menjadi makanan penguat/extra pada ternak sapi potong di samping makanan pokok yng wajib berupa rumput segar serta hijau. Perbandingan pemberian pakan pokok (hijauan) serta konsentrat bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakan penggemukan sapi merupakan antara 30% : 70% ataupun maksimal 20% : 80% . Waktu pemberian konsentrat yng baik di lakukan sekali sehari-hari pada pagi hari sebelum diberi makanan wajib berupa rumput. Dari hasil penelitian pula didapati bahwasanya urutan pemberian konsentrat lebih dahulu sebelum makanan wajib (hijauan) lebih terbukti bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah berat badan karena pemberian konsentrat lebih dahulu berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberberikan energi yng lebih besar terhadap mikroba rumen bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencerna makanan pokok (rumput, dsb.) Dengan menerapkan tips pakan ternak sapi potong semisal ini, bukan tidak barangkali bobot sapi potong kamu akan meningkat dua kali lipat.
Demiki tulisan atau artikel yng mampu kami tulis yaitu mengenai " Cara Membuat Pakan Sapi Potong Dengan Mudah " harapan kami mudah-mudahan kamu berhasil dalam beternak! Salam Peternak Indonesia.
Lihat pula Tulisan atau artikel Sapi lainya :
  • Cara Beternak Sapi Perah Secara Intensif
  • Cara Merawat Anak Sapi (Pedet) Dengan Benar
FS 9:15 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2016/07/cara-membuat-pakan-sapi-potong.html.

Seputar Cara Membuat Pakan Sapi Potong Dengan Mudah

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Membuat Pakan Sapi Potong Dengan Mudah