Cara Sukses Ternak Kelinci Anggora Maupun Pedaging

- Agustus 02, 2017

Cara Sukses Ternak Kelinci Anggora Maupun Pedaging

 
Bisnis ternak kelinci adalah kesempatan bisnis menjanjikan tatkala ini bagi warga atau juga bisa dikatakan masyarakat, khususnya yng tinggal di pedesaan. Binatang yng satu ini mempunyai daya tarik bagi kebanykan orang, baik itu dari rasa dari olahan daging kelinci ataupun kelinci peliharaan yakni kelinci hias ataupun kelinci anggora. Menjadikan ini memunculkan permasalahan, mengapa mampu begitu? jawabannya merupakan permintaan daging kelinci tatkala ini masih jauh dari kecukupan. Serta ini adalah peluang besar bagi warga atau juga bisa dikatakan masyarakat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawali bisnis yang dengannya beternak kelinci anggora ataupun pedaging.
Beternak kelinci anggora ataupun pedaging secara intensif bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan produksi serta produktivitas ternak kelinci, menjadikan pendapatan serta kesejahteraan peternak meningkat. Kunci kesuksesan dalam bisnis beternak kelinci terdapat atau terletak pada penerapan komponen teknologi budi daya yng meliputi pemilihan ataupun penyediaan bibit, perkandangan, pemberian makanan, serta pengendalian penyakit.
Tips suskse beternak kelinci ini perlu anda baca sebelum memulai usahanya
Andai kamu telah minat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawali bisnis beternak kelinci ini. Berikut penulis berikan langkah-langkah demi keberhasilan dalam beternak kelinci. Simak baik-baik supaya kamu mencapai maupun meraih berhasil dalam bisnis yng satu ini. (lihat pula: Kesempatan Besar Beternak Burung Lovebird)
Penyiapan Bibit (Bakalan)
Penyiapan bibit ini Perlu benar-benar di perhatikan. Mulai dari pemilihan indukan yng sehat, serta tak ada kecacatan sedikitpun. Misalkan penulis kasih saran kepada kamu supaya memilih indukan.
- Pilih Indukan sesuai tujuan kamu dalam beternak, apakah hendak menernakkan kelinci anggora/hias ataupun kelinci pedaging.
- Usahakan pilih indukan yng benar-benar sehat, terjauh dari penyakit. Misal, tubuhnya bulat serta panjang, kaki belakang rapat pada badannya, matanya terang serta jernih, bulunya halus serta tak kudisan, hidungnya kering serta tak ingusan, lincah serta suka berlari-lari, dll.
- Umur, khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk penggemukan, pilih kelinci yng berumur 5 bulan, yang dengannya berat ataupun bobot rata-rata 1 kg. Di utamakan kelinci jantan, lantaran dagingnya 10% lebih tinggi dari kelinci betina.
Perkandangan
Persyaratan bagi atau bisa juga dikatakan untuk sangkar dalam menjalankan bisnis ternak kelinci kamu mampu melakukan cara berikut.
- Usahakan sangkar Perlu mendapatkan sinar matahari yng cukup.
- Bersuhu sejuk serta mempunyai ventilasi udara yng baik.
- Tak di tempat yng ramai, serta tak jauh dari rumah.
Serta pembuatan sangkar ternak kelinci, kamu mampu lakukan sendiri ataupun menyewa jasa pembuat sangkar. bagi atau bisa juga dikatakan untuk ukuran sangkar mampu bervariasi misal 90x60x60 cm, itu bergantung keinginan kamu serta tentunya melihat luas tempat yng nantinya di tempati sangkar. Usahakan sangkar tak terlalu sempit bagi atau bisa juga dikatakan untuk aktivitas kelinci. (Baca Pula: Bisnis Sampingan Budidaya Ikan Cupang)
Pemberian Makanan / Pakan
Pemberian pakan adalah penunjang utama dalam bisnis beternak kelinci. Lantaran pakan Perlu di perhatikan sesuai kebutuhan gizi dari kelinci yang telah di sebutkan. Pertumbuhan serta kebugaran atau kesehatan ternak kelinci butuh nutrisi yng terdiri atas karbohidrat, protein, vitamin, mineral, serta lain-lain. Serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakan kelinci mampu kamu peroleh dari lingkungan sekitar kamu, Kamu mampu memberikan sayuran-sayuran segar ataupun limbahnya, rumput serta dedaunan segar semisal daun singkong dll, mampu pula singkong mentah, dedak serta ampas tahu supaya nafsu makan kelinci bertambah. Sesekali pula di berikan pakan konsetrat yng mampu kamu dapatkan di toko-toko pakan ternak di daerah kamu.
Waktu pemberian pakan mampu bervariasi, akan tetapi lebih utama lagi yakni tiga kali dalam sehari, sesuai waktu yng kamu punyai. Jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan air minum bagi atau bisa juga dikatakan untuk kelinci. Kelinci butuh air minum sebanyk 0,28 liter/hari, tatkala bunting mencapai 0,57 liter/hari, serta tatkala menyusui mampu butuh 2,3 sampai-sampai 3 liter/hari.
Pengendalian Penyakit
Masalah utama yng Suka berlangsung dalam bisnis beternak kelinci merupakan tingkat kematian anak kelinci sebelum disapih berkisar 15-23 %. Kematian dalam ternak ini penyebabnya yaitu oleh pemeliharaan yng tidak lebih baik menjadikan tidak sedikit wabah penyakit terhadap kelinci yang telah di sebutkan. Misalkan saja penyakit yng Suka didapat pada bisnis ternak kelinci yakni, kudis/kurap pada pendengaran, kudis pada kulit, mencret/diare, sifilis, radang susu, radang usus, pilek/influenza, serta lain-lain.
Penyakit yng timbul dalam bisnis ternak kelinci ini mampu penyebabnya yaitu dari minimnya perhatian terhadap kebersihan lingkungan sangkar, minimnya perawatan terhadap kelinci itu sendiri, serta pemberian pakan sesuai kebutuhan pada kelinci sesuai umur.
Panen
Hasil utama wirausaha beternak kelinci merupakan daging serta pula bulunya, sedangkan hasil tambahan berupa anakan kelinci serta pula kotorannya yng mampu di jadikan pupuk sangkar. Kelinci potong telah mampu di panen bagi atau bisa juga dikatakan untuk di ambil dagingnya yakni pada umur 4 bulan sejak lahir.
Itulah serangkaian langkah ataupun cara berhasil dalam bisnis beternak kelinci pedaging ataupun anggora yng mampu kamu terapkan, akan tetapi butuh di garis bawahi bahwasanya meskipun kamu telah melakukan beberapa langkah di atas, akan tetapi kamu belum mencapai maupun meraih keberhasilan, itu berguna kamu belum mempunyai rejeki pada tatkala itu. Lantaran penulis meyakini bahwasanya kita-kita yng terpenting merupakan berusaha yang dengannya segiat-giatnya serta di barengi yang dengannya do'a, serta urusan rejeki, Tuhan lah yng sudah mengaturnya.
Apakah tulisan atau artikel ini berguna bagi kamu? andai iya kami harapkan supaya kamu men-share tulisan atau artikel ini kepada sahabat ataupun kerabat kamu supaya sama-sama mengetahui bagaimana langkah ataupun cara berhasil dalam bisnis beternak kelinci serta mengambil manfaat bersama-sama. Selain itu, adalah kebanggaan tersendiri bagi penulis serta adalah dorongan/penyemangat bagi atau bisa juga dikatakan untuk terus meng-update blog simpel ini yang dengannya tulisan atau artikel yng mempunyai kualitas wacana bisnis sampingan lain-lainnya andai kamu meluangkan waktu sejenak bagi atau bisa juga dikatakan untuk men share tulisan atau artikel ini. Terimakasih, barangkali kamu pula minat bagi atau bisa juga dikatakan untuk berupaya Bisnis Budidaya Jamur Tiram di Rumah.
rujukan: Buku tatacara bisnis ternak kelinci

Sumber rujukan dan gambar : http://usaha-ternakbudidaya.blogspot.com/2016/10/tips-sukses-beternak-kelinci.html.

Seputar Cara Sukses Ternak Kelinci Anggora Maupun Pedaging

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Sukses Ternak Kelinci Anggora Maupun Pedaging