KONSULTASI TEKNIS, BOLEHKAH MEMBUAT PAKAN SENDIRI?

- Agustus 25, 2017

KONSULTASI TEKNIS, BOLEHKAH MEMBUAT PAKAN SENDIRI?

 

Bapak Navis Pekan Baru-Riau Email: mhd.navis4@gmail.com
Selamat Pagi Ferry. Saya Navis, peternak ayam broiler Pekan Baru. Saya bertanya bolehkah bibit DOC diberi makan yang dengannya olahan pakan sendiri. Protein berapa persenkah yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu. Trims tidak sedikit sebelumnya pak.
Jawab:
Selamat Pagi. Pada prinsipnya boleh saja bapak memberikan pakan yang dengannya pakan hasil menyusun sendiri asalkan bapak telah terbiasa melakukannya. Akan tetapi, andai belum terbiasa (belum mampu menyusun pakan sebelumnya) sebaiknya jagan ambil resiko lantaran bisa mengganggu pertumbuhan. Hal yang telah di sebutkan penyebabnya yaitu karepa pada masa-masa awal (14 hari pertama) adalah masa krusial dimana berlangsung proses pembelahan sel menjadikan potensi pertumbuhan ayam Amat pesat serta mencakup seluruh organ yng berperan bagi produktivitas ayam. Hampir seluruh ransum yng terkonsumsi dialokasikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan. Hal ini terlihat dari tingkat FCR yng mencapai 1,03-1,2 yang dengannya pertumbuhan bobot badan broiler akhir minggu pertama mencapai 4 kali bobot badan awal (tatkala DOC).
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu memenuhi tuntutan pertumbuhan yang telah di sebutkan dibutuhkan nutrisi yng seimbang. Pemberian ransum broiler Perlu memenuhi syarat menjadi berikut: bentuk sesuai fisiologis umur ayam, mempunyai kecernaan tinggi (baik), kandungan nutrisi lengkap, tak beracun serta kandungan zat anti nutrisinya rendah dan palatabilitasnya (tingkat kesukaan ayam) baik. Ransum bagi atau bisa juga dikatakan untuk broiler ada 2 jenis, starter serta finisher. Ransum starter dipakai pada umur 0-21 hari sedangkan ransum finisher pada umur 22 hari hingga panen. Kebutuhan ransum broiler bisa dilihat dalam tabel yang akan di sajikan kali ini:
Zat Nutrisi Fase Produksi (Hari)
Starter (0-21) Finisher (22-panen)
Protein Kasar (%) 20-22 19
Energi Metabolisme (kkal/kg) 3.025 3.150
Serat Kasar (%) < 5% <5,5
Lemak Kasar (%) 2,5-7 2-7
Abu (%) 5-8 5-8
Kalsium (%) 0,9-2 0,9-2
Phospor (%) 0,71-1 0,71-1
Lisin (%) 1,19-1,32 1,05
Sumber: Cobb-Vantess.com (2012), SNI
Andai Bapak Navis tetap ingin menyusun sendiri menjadi proses pembelajaran, saran saya, sebaiknya lakukan dahulu pada umur-umur besar (>28 hari) menjadikan andai ada masalah bisa segera dipanen ataupun ujikan dahulu dalam skala kecil, misalkan100 ekor. Terimakasih. Ferry Tamalluddin 3:18 PM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2014/12/konsultasi-teknis-bolehkah-membuat.html.

Seputar KONSULTASI TEKNIS, BOLEHKAH MEMBUAT PAKAN SENDIRI?

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain KONSULTASI TEKNIS, BOLEHKAH MEMBUAT PAKAN SENDIRI?