Pemerintah Akan Impor 500 Ribu Sapi Indukan di 2016

- Agustus 02, 2017

Pemerintah Akan Impor 500 Ribu Sapi Indukan di 2016

 
Ternak Pertama. Sapi Impor - Guna mengejar target swasembada daging sapi, pemerintah berencana melakukan impor sapi indukan pada 2016. Tidak tanggung-tanggung, sebanyk 500 ribu ekor sapi indukan akan masuk ke Indonesia pada tahun yang akan datang.
Direktur Jenderal Peternakan serta Kebugaran atau kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Muladno mengujarkan, rencana impor yang telah di sebutkan sudah disampaikan dalam rapat koordinasi (rakor) di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian beberapa waktu lantas.
Pemerintah Akan Impor 500 Ribu Sapi Indukan di 2016
"Kemarin waktu rapat di Menko, saya sudah katakan bahwa kalau ingin mempercepat swasembada, harus dipercepat dan diperbanyak juga impor sapi indukannya. Sapi indukan makin banyak makin cepat berswasembada," ujarnya di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Jumat (28/8/2015).
Dia menjelaskan, sapi-sapi yang telah di sebutkan akan diimpor oleh pemerintah yang dengannya penugaskan kepada Perum Bulog. Akan tetapi lantaran perusahaan plat merah yang telah di sebutkan tak mempunyai fasilitas peternakan yng memadai, maka nantinya Bulog akan menyalurkan sapi-sapi yang telah di sebutkan ke peternakan swasta yng telah berpengalaman serta punya tempat yng memadai bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengembangbiakan sapi.
"Yang impor kemungkinan besar pemerintah. Harus pemerintah. Melaluinya, itu belum dibicarakan. Tapi kemungkinan Bulog. Sapinya itu nanti diwajibkan untuk dipelihara di feedlotter swasta," kata dia.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk anggaran, Kementerian Pertanian mengusulkan supaya impor sapi yang telah di sebutkan mempergunakan APBN akan tetapi melalui Perum Bulog. Akan tetapi hal yang telah di sebutkan masih dalam tahap pengkajian.
"Nanti ada mekanismenya. Kami mengusulkan kemarin yang mengimpor negara, uangnya APBN. Tapi pake budgetnya Bulog. Nah Pak Darmin Nasution bilang 500 ribu itu dari mana duitnya, kebanyakan. Berapa pasnya? Itu belum dirapatkan. Baru minggu depan dirapatkan," jelasnya.
Sapi-sapi indukan yang telah di sebutkan, lanjut Muladno, mampu diimpor dari negara mana saja, salah satunya dari India asalnya memenuhi syarat kebugaran atau kesehatan semisal bebas dari penyakit mulut serta kaki (PMK).
"Bisa dari mana saja, asal sesuai dengan syarat-syarat itu," lanjutnya.
Akan tetapi demikian, Muladno mengingatkan bahwasanya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai target swasembada daging butuh waktu yng panjang. Pasalnya dari sapi indukan ini saja, butuh waktu setidaknya 3-4 tahun baru menghasilkan sapi yng siap dipotong baru.
"(500 ribu ekor) Itu baru angka prediksi. Realisasinya berapa kan tergantung duitnya ada apa tidak. Karena mengimpor sapi indukan itu kan sama dengan mengimpor pabrik sapi," tandasnya. (Dny/Gdn) FS 9:19 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2015/09/pemerintah-akan-impor-500-ribu-sapi.html.

Seputar Pemerintah Akan Impor 500 Ribu Sapi Indukan di 2016

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Pemerintah Akan Impor 500 Ribu Sapi Indukan di 2016