TAUKAH ANDA, KOTORAN SAPI BISA DISULAP MENJADI PARFUM?

- Agustus 27, 2017

TAUKAH ANDA, KOTORAN SAPI BISA DISULAP MENJADI PARFUM?

 


Barangkali yng terfikir dalam benak kamu, kotoran ternak, salah satunya kotoran sapi pasti mempunyai aroma yng tak enak (bau busuk) semisal yng kita jumpai pada kandang-kandang sapi pada biasanya. Namum, ditangan siswa SMU Muhammadiyah Babat Lamongan, yakni Dwi Nailul Izzah serta Rintya Miki Aprianti, kotoran sapi yang telah di sebutkan bisa dibuat pengharum ruangan. Tidak mengherankan, berkat karya yng kreatif yang telah di sebutkan orang-orang mencapai maupun meraih Juara III ajang International Environment Project Olympiade (INEPO) 2013 di Istanbul,Turki, pada 17-20 Mei 2013.
Nailul Izzah serta Rintya bersaing ketat dalam adu karya yang dengannya peserta dari 50 negara, diantaranya merupakan Kanada, Denmark, Finlandia, Jerman, Italia, Portugal, Malaysia, Amerika Serikat, Rusia serta Polandia. Sebelum dilombahkan di Istanbul, karya dua siswa itu sukses mencapai maupun meraih juara pertama tingkat nasional ajang Indonesian Science Project Olympiade (ISPO) 2013.
Prestasi kedua siswa itu mendapatkan respons positif pemerintah Kabupaten Lamongan. Pendapat dari juru bicara pemerintah Kabupaten Lamongan, Mohammad Zamroni, pemerintah telah menjadwalkan pengajuan hak paten atas pengharum ruangan di Direktorat Jenderal Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Kementerian Hukum serta HAM
Kedua siswi yang telah di sebutkan sebelumnya pernah mempresentasikan karya orang-orang di depan Bupati Lamongan Fadeli di Guest House Pemerintah Kabupaten Lamongan, Kamis, 7 Maret 2013. Orang-orang bercerita pengharum dari kotoran sapi dibuat yang dengannya biaya murah, yaitu Rp 21 ribu yng mampu menghasilkan kemasan berisi 225 ml. Menjadi perbandingan, produk pengharum ruangan di pasaran di jual Rp 39.900 bagi atau bisa juga dikatakan untuk kemasan 275 gram.
Bukan tanpa alasan kedua siswa itu memilih kotoran sapi menjadi bahan baku pembuatan pengharum. Ini merujuk pada persyaratan panitia INEPO 2013 yng diantaranya memberikan syarat bahan baku Perlu yng gampang didapati di seluruh negara. Orang-orang pun memilih bahan baku kotoran sapi yng gampang didapat. Apalagi, Kabupaten Lamongan mempunyai populasi sapi yng terlebih. Pada 2012 saja, populasi sapi mencapai 116.963 ekor.
Nah, bagaimana kamu tertarik berupaya??
Sumber: www.tempo.co Ferry Tamalluddin 12:10 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2014/12/taukah-anda-kotoran-sapi-bisa-disulap.html.

Seputar TAUKAH ANDA, KOTORAN SAPI BISA DISULAP MENJADI PARFUM?

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain TAUKAH ANDA, KOTORAN SAPI BISA DISULAP MENJADI PARFUM?