Cara Beternak Kroto Bagi Pemula

- September 18, 2017

Cara Beternak Kroto Bagi Pemula

 
Ternak Pertama. Beternak Kroto - Budidaya semut rangrang mempunyai prospek usaha yng Amat tidak jelek alias bagus, hal yang telah di sebutkan lantaran supply kroto ke pasar masih Amat dibatasi. Kroto umumnya pada biasanya berada pada pohon-pohon, jadi andai cuaca tidak lebih baik semisal hujan terus menerus, kroto yang telah di sebutkan Amat susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk dicari. Tak cuma itu keterdapatan kroto di alam bebas terus berkurang, hal ini penyebabnya yaitu tidak sedikit orang yng mencari kroto di alam. Oleh sebabnya, pada peluang ini ternak pertama akan menuliskan tips beternak kroto yang dengannya gampang melalui media toples, yang dengannya media yang telah di sebutkan kita yang dengannya gampang bisa beternak kroto di dalam rumah.
Budidaya Kroto
Semisal yng sudah kami katakan diawal ternak kroto yng akan dibahas di tulisan atau artikel ini merupakan melalui Media Toples. Satu dari sekian banyaknya media bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya kroto dari semut rangrang merupakan toples. Toples yng biasa dipakai adalah toples plastik transparan yng ada di pasaran yng pada biasanya tidak sedikit dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk tempat kerupuk ataupun makanan kecil. Harga di pasar bervariasi bergantung ukuran dan pula merenya. Lihat pula
Cara Beternak Jangkrik Bagi Pemula
Bahan yng di perlukan dalam beternak kroto bagi atau bisa juga dikatakan untuk 1 buah toples budidaya kroto merupakan:
1 buah Toples 10 Lt yang dengannya harga Rp 13.000 1 buah Nampan plastik diameter agak besar, yang dengannya harga Rp 7.000
Penghasilan dari Beternak Kroto Kamu bisa membudidayakan semut kroto, misalnya perhari menghasilkan 1 Kg telur semut/ kroto maka perhitungannya merupakan ; 100.000 X 30 = 3.000.000,-
Keterangan : · 100.000 merupakan harga kroto per Kg · 30 merupakan jumlah hari dalam satu bulan · 3.000.000,- merupakan penghasilan yng diperoleh per bulan
Langkah-langkah Beternak Kroto ataupun Budidaya Kroto
Toples menjadi media dalam beternak kroto
1. Cara membuat media toples bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya kroto
  • Yng pertama Lubangi bagian bawah toples yang dengannya diameter 7 cm. Cukup 1 lubang saja. Lantas letakan nampan plastik yang dengannya posisis datar, isi air hingga seperdua bagian nampan. Selanjutnya taruh batu bata ditengah nampan menjadi media meletakan toples.
  • Yng kedua lubangi toples yng sudah sudah kamu buat, lantas kamu tutup mempergunakan lakban bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah lari semut sesudah kamu pindahkan semut rangrang dari sarang, sebelumnnya toples yng sudah kamu siapkan tutup rapat yang dengannya tutupnya ( disini kamu Perlu berhati-hati lantaran akan diserang serta digigit oleh semut rangrang)
  • Letakan toples ke media rantang / batu bata yang dengannya posisi tutup dibagian bawah, sesudah posisinya benar buka lakban yng tadi menempel, yang dengannya begitu para semut yang telah di sebutkan akan berlarian lewat celah itu. bila kamu membeli bibit dari pedagang yng sudah bermedia toples maka kamu tinggal memposisikan terbalik lantas membuka lakbannya, lebih aman serta praktis menjadi tempat pakan semut (rangrang), kamu bisa memberikan potongan gelas air mineral ataupun tempat pakan burung ukuran kecil, tempat minum bisa dari tutup botol air mineral, menjadi pakan awal, kamu bisa meberikan ulat hongkong, minum yang dengannya air gula agak kental.

Tambahan !!
Koloni Semut RangrangPerlu kamu ketahui bahwasanya Semut rang rang memiliki 4 bagian dalam pemerintahan:
Ratu kroto: memiliki bentuk besar sepeti lalat hijau ataupun tawon.
Semut jantan: memiliki bentuk lebih kecil dari ratu, warna kehitaman, waktu hidup pula pendek umumnya 1 minggu.
Semut pekerja: ini yakni semut betina yng mandul tinggal disarang, tugasnya melindungi telur semut.
Semut prajurit: ini Amat tidak sedikit jumlahnya dikarenakan tugasnyaa pula tidak tidak banyak, menjaga keamanan koloninya.
Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwasanya Perlengkapan dibutuhkan dalam beternak kroto antara lain :
Toples bagi atau bisa juga dikatakan untuk Ternak Kroto
1. Toples
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk toples bebas ukuran, kalau mampu yng transparan. Lantas toples di lubangi semisal gambar di bawah ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk saluran keluar masuk semut rangrang serta menjadi tempat udara sarang kroto.
2. Nampan
3. Solasi / plester coklat ataupun hitam, pula mampu mempergunakan kertas.
Fungsinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menutupi toples supaya semut rangrang cepat bersarang serta membuat jaring jaring. Sesudah semut rangrang mau bersarang, mampu lepas solasinya ataupun mampu pula membiarkannya.
4. Batu bata ataupun yng lainya yng di taruh di atas nampan yng telah berisi air menjadikan toples tak terendam air.
Cara Ternak Semut Rangrang Menjadi Penghasil Kroto
Kamu bisa mencari semut rang rang yng ada di pohon tidak lebih lebih rumah. Kendala pertama kali dalam membudidayakan ataupun ternak semut rangrang merupakan kita Perlu mengalihkan sarang kedalam sebuahtempat. Resikonya tentu kamu bakal digigit oleh semut rang rang yang telah di sebutkan.
Cara Budidaya Semut Rang rang ataupun Beternak Kroto Cara Mengalihkan semut rang rang ke dalam media toples: Cara Pertama :
  1. Potong batang sarang semut rangrang.
  2. Masukan kedalam karung / plastik / toples serta jangan tidak ingat diberi lubang udara.
  3. Siapkan ember plastik besar yng tepi nya sudah di beri tepung. Agar bisa semut rangrang tidak bisa naik keatas.
  4. Masukan sarang kedalam ember plastik yang telah di sebutkan yang dengannya membuka / mebuang daun daun beserta jaring jaringnya agar bisa disaat bersarang membuat sarang baru tak membawa jaring yng lama. Pengalaman para peternak kroto merupakan andai tak di buat bersih nantinya toples akan terlihat kotor.
  5. Buat jembatan penghubung antara ember yang dengannya toples yang dengannya memakai sapu lidi ataupun penghubung yng lain
  6. Selanjutnya tingggal saja, sampai-sampai satu hari semut rangrang akan bersarang yang dengannya tips alami.

#Catatan : toples sudah terdapat makanan dan minuman.
Cara ke dua:
  1. Sesudah sarang dimasukkan kedalam ember serta sudah di buat bersih dari daun beserta jaringnya. Selanjutnya kamu bisa langsung meletakan kedalam toples yang dengannya memakai tangan (pelindung tangan)
Cara Memberikan Makan Semuk Rangrang
Bagaimana tips memberikan makanan semut rangrang (ternak kroto) pada media toples?
Makanan adalah bagian utama dalam beternak kroto. Salah memberikan makan akan berdampak pada ternak kroto, kroto yang telah di sebutkan akan mengalami perkembangan yng tak baik hal ini terperinci akan berdampak pada hasil/pendapan kamu. Sesudah kamu mengetahui makanan yng Perlu kamu berikan pada semut rangrang. ternak pertama akan memberikan makanan pada semut rangrang serta sekalian makanan tidak terbuang. Jadi kamu bisa mengamati persedian makanan, apakah semut rangrang mau makan ataupun tak. Pastinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk melatih semut rangrang bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari ataupun berburu makanan sendiri mesikipun sudah kami siapkan.
Cara memberikan makanan semut bisa di buatkan tempat khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampung makanan. Tempat makanan bisa terbuat dari botol plastik yng di potong lantas sisakan tidak banyak kira kira tidak lebih lebih 2 cm lantas letakkan di atas toples. Pemakaian botol plastik merupakan supaya makanan yang telah di sebutkan tak akan keluar. Kususnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk makanan yng berjenis ulat ( hongkong, sangkar dll). Bagi atau bisa juga dikatakan untuk makanan yng bisa terbang ataupun meloncat semisal jangkrik serta belalang bisa di masukan langsung kedalam lubang toples bisa pula hewan yang telah di sebutkan kamu lumpuhkan dulu lantas di masukan di tempat yng sudah di sediakan.
Lantas tips memberikan makanan yng memakai rak toples. Sebetulnya hampir percis semisal tips di atas. Cuma tempat makanan kamu letakkan di samping toples. lantaran yang dengannya media rak , tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk manaruh tempat makanan Amat luas di banding yang dengannya memakai toples yang dengannya tatakan nampan ( tempat Amat dibatasi ). FS 12:16 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2015/09/cara-beternak-kroto-bagi-pemula.html.

Seputar Cara Beternak Kroto Bagi Pemula

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ini Pos Baru Sebelumnya
 

Cari Artikel Selain Cara Beternak Kroto Bagi Pemula