Cara Budidaya Cacing Tanah Terbaru Secara Lengkap dan Benar

- September 11, 2017

Cara Budidaya Cacing Tanah Terbaru Secara Lengkap dan Benar

 
Cara Budidaya Cacing Tanah| tidak sedikit sebagian orang yng belum mengetahui bahwasanya selama ini, kebutuhan akan cacing tanah di Indonesia makin hari makin tinggi di cari kebanykan oleh perusahaan kosmetik dan industri menjadi bahan obat. malah hingga peternak ikan dan pula kolam pemancingan tidak sedikit yng mencarinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk di jadikan umpan ikan, yang dengannya tidak banyak pemaparan akan besarnya kebutuhan cacing yng makin tidak sedikit di cari di indonesia, hal ini tak dibarengi yang dengannya peningkatan produksi yng kian hari kian meningkat. Oleh lantaran itu saya akan memberikan Cara bagaimana tips budidaya cacing tanah mulai dari awal sampai-sampai proses panen

Dan berikut Langkah-langkah Cara Membudidayakan Cacing Tanah Supaya Hasil Panen Berlimpah

Tempat Budidaya Cacing Tanah
Supaya budidaya cacing mampu menghasilkan panen yng tidak sedikit pemilihan tempat Perlu benar-benar di perhatikan semisal gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk di awasi dan jangan di kenai sinar matahari secara langsung, pemilihan tempat yng strategis mampu di tentukan missal di samping rumah/di bawah pepohonan rindang kamu pula mampu membuatkan gubug kecil berukuran 4x6 meter persegi yang dengannya atap terbuat dari dedaunan hal ini bertujuan supaya didalam ruangan tak menyimpan panas. budidaya cacing tanah bagi sebagian orang cacing di anggap sepele dan menjinikan, namun di balik semua itu cacing tanah banyak sekali manfaatnya mau itu untuk pakan ternak dan kecantikan Persyaratan tempat tanah yng akan di pakai menjadi media hidup cacing tanah Perlu benar-benar memiliki kandungan bahan organik dalam jumlah yng besar ini bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat pertumbuhaan cacing-cacing yang telah di sebutkan.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu persiapan bahan organic kamu mampu mempergunakan Dedaunan yng telah menguning semisal daun pisang,daun rambutan,daun pelem, yang dengannya mencampurkan jerami ,gedebog pisang,limbah makanan, limbah hasil gergajian kayu dan hewan yng telah mati yang dengannya bahan-bahan limbah organic semisal ini cacing tanah Amat menyukai apalagi bahan-bahan makanan yng gampang membusuk lantaran yang dengannya bahan bahan semisal ini Amat gampang dicerna oleh tubuh cacing.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk kotoran hewan yng masih segar Amat dilarang dipakai menjadi makanan bagi atau bisa juga dikatakan untuk cacing tanah, lantaran bisa memicu kematian.
Agar bisa cacing bisa tumbuh berkembang yang dengannya baik sebaiknya berikanlah tanah yng memiliki kandungan PH minimal 6-7,2. Yang dengannya mempunyai kandungang [PH] yang telah di sebutkan menjadikan bakteri dalam tubuh cacing mampu berkerja secara optimal dalam mempercepat fermentasi dan pembusukan bahan-bahan organic dalam jumlah yng besar, kamu pula Perlu memperhatikan kelembaban dalam tempat supaya perkembangbiakan dan pertumbuhan cacing tanah mampu bertumbuh secara optimal. kelembaban yng di perlukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya cacing diantaranya yakni min 15% max 30% yang dengannya suhu 15-24 derajat C perhatikan pula kadar suhu bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya cacing tanah dan penetasan kokon, lantaran andai melebihi suhu yng telah di jelaskan mampu menghasilkan kematian pada budidaya cacing.
Pedoman Teknis Cara Budidaya Cacing Tanah
Pembuatan sangkar cacing tanah ada baiknya mempergunakan bahan yng gampang didapat semisal bambu, rumbia, papan bekas, ijuk bambu,bagi atau bisa juga dikatakan untuk atap di sarankan mempergunakan atap yng terbuat dari daun bambu/daun tebu supaya ruangan didalam tetap sejuk dan lembab.
Seusai pembuatan gubug sangkar telah jadi buatkan pula rak-rak bertingkat di dalamnya yng nantinya di jadikan wadah pemeliharaan cacing kamu mampu membuat rak-rak semisal gambar yang akan di sajikan kali ini budidaya cacing tanah bagi sebagian orang cacing di anggap sepele dan menjinikan, namun di balik semua itu cacing tanah banyak sekali manfaatnya mau itu untuk pakan ternak dan kecantikan
Pemilihan Bibit Calon Indukan Cacing
Kamu mampu mencari sendiri bibit cacing tanah dari alam, yang dengannya mencari bibit-bibit cacing dari tumpukan sampah yng membusuk ataupun dari tempat pembuangan kotoran hewan. Pemilihan bibit Amat di perhatikan supaya dalam budidaya cacing mampu menghasilkan cacing yng optimal andai kamu pemula saya sarankan sebaiknya membeli bibit indukan cacing langsung dari peternak cacing.
Pemeliharaan Bibit Calon Induk Cacing
Dalam pemeliharaan bibit cacing mampu di bagi menjadi beberapa tahap di antaranya yakni:
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk sangkar bak yng berukuran tinggi 0,5 M yang dengannya panjang 3 M dan lebar 1 M ini akan bisa atau mampu menampung sebanyk 200 ekor cacing tanah ukuran dewasa.
budidaya cacing tanah bagi sebagian orang cacing di anggap sepele dan menjinikan, namun di balik semua itu cacing tanah banyak sekali manfaatnya mau itu untuk pakan ternak dan kecantikan Bagi pemula di sarankan pemeliharaan dimulai yang dengannya jumlah 200 ekor saja dulu. bibit cacing sebanyk ini dalam waktu 1 tahun saja telah mampu menghasilkan 200.000 ekor cacing pertahunnya malah mampu lebih. seusai bertambah tidak sedikit kamu mampu langsung pisahkan sebagian cacing yang dengannya mengalihkan ke bak pemeliharaan yng lain.
Itulah penerapan tips yng baik dalam membudidayakan cacing tanah yang dengannya mengombinasikan system 2 tips antara bak 1 dan bak cadangan yng telah di sebutkan
Lihat pula: Budidaya cacing sutra
System Pengembangbiakan Cacing
Seusai pembuatan sangkar sudah selesai di buat dan bibit cacing tanah telah di bisa,tahap selanjutnya tinggal memasukan bibit kedalam media, jangan sekalian memasukan bibit ke dalam media secara langsung hal ini mampu menghasilkan kematian dan stress pada bibit cacing,masukanlah tidak banyak demi tidak banyak.
Seusai selesai pantau bibit yng telah di letakan di media minimal 2 jam sekali. Umumnya ada yng berkeliaran keluar media,ataupun ada yng meninggal andaikan ada yng meninggal segeralah Buang. Pemantauan indukan cacing ini berlangsung selama 12 jam, andai indukan telah tak ada yng keluar dari tempat media ini berguna cacing-cacing telah mulai menyukai tempatnya
Perkawinan ataupun Reproduksi Cacing Tanah
Bagi agan-agan yng belum mengetahui wacana jenis kelamin cacing tanah ini dia hal yng Amat luar biasa, hewan cacing tanah mempunyai 2 jenis alat kelamin ganda yakni jantan dan betina pada satu tubuh,karena hewan ini salah satunya dalam golongan (hermaphrodite). walapun demikian hewan ini pula tak mampu membuahi dirinya sendiri. Perlu butuh perkawinan masing-masing antara cacing tanah, yang dengannya demikian maka akan menghasilkan satu kokon yng berisi telur. Kokon akan tampak keliatan yang dengannya bentuk lonjong dan besarnya 1/3 hampir lebih besar kepala batang korek api. Seusai koko-kokon sukses di keluarkan oleh indukan cacing secepatnya agan meletakkan di tempat yng lembab dan akan menetap dalam waktu 14 s/d 21 hari. Setiap kokon akan menghasilkan cacing sebanyk 2-20 ekor, rata-rata 4 ekor.Dalam rentang waktu 15-21 hari kokon akan menetas.
Pemeliharaan yang dengannya Memberikan Pakan
Telah saya jelaskan tadi di atas kenapa cacing Amat menyukai bahan makanan yng organic, karena cacing tanah dasarnya memang tak memiliki gigi dan system pencernaan di dalam tubuhnya pula Amat simpel, untuk itu pemberian pakan yng diberikan Perlu benar benar yng lunak agar bisa bisa dicerna yang dengannya gampang, berikanlah pakan dalam bentuk bubur yang dengannya kandungan bahan padat minimal 20 % dan 80% air. budidaya cacing tanah bagi sebagian orang cacing di anggap sepele dan menjinikan, namun di balik semua itu cacing tanah banyak sekali manfaatnya mau itu untuk pakan ternak dan kecantikan Adapun beberapa jenis pakan yng Amat memberi pengaruh populasi cacing,agar bisa laju pertumbuhan dan laju perkembangbiakan cacing tanah cepat
Bahan Pakan Berasal dari Tumbuhan
Cacing tanah Amat menyukai jenis tumbuh-tumbuhan yng memiliki kadar air tinggi semisal selada daun lamtoro dan kol, sayuran ini adalah bahan pakan yng Amat disukai cacing tanah. Didalamnya tidak sedikit memiliki kandungan vitamin + protein dan pula mineral yng Amat baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan cacing tanah.
Akan tetapi tak seluruh jenis sayuran yng memiliki kadar air tinggi di sukai cacing tanah sayuran yng tak di sukai cacing diantaranya yakni: daun akasia,daun kemangi,daun pinus,daun kayu suren,daun kayu putih dan daun jeruk, lantaran daun-daun yang telah di sebutkan memiliki kandungan tannin yng mempunyai bau Amat tajam yng tak di sukai oleh hewan cacing
Dedak padi, Ampas singkong, Ampas tahu, Batang pisang ini Amat baik dipakai menjadi pakan cacing tanah lantaran tidak sedikit memiliki kandungan mineral, protein dan vitamin.
Pakan Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Reproduksi
Pakan reproduksi ini bertujuan supaya bisa merangsang kokon agar bisa pepulasi cacing jadi semakin tidak sedikit dan dibawah ini saya berikan sesuatu yang di sembunyikan pakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk reproduksi cacing tanah
Gunakanlah kotoran ternak supaya reproduksi cacing lebih maksimal agan bisa memberikan pakan yang dengannya kotoran ternak dalam 1 jenis hewan 100% tanpa campuran yang dengannya kotoran hewan lainya.ataupun agan pula mampu mengkombinasikan yang dengannya mencampur kotoran ternak lainya,missal kotoran sapi,ayam,kambing.
Adapun pakan reproduksi yang dengannya mengkombinasikan antara kotoran ternak yang dengannya kompos. Yang dengannya komposisi 30% kotoran ternak dan 70% kompos yang dengannya perbandingan dan kombinasi semisal ini kotoran ternak mensuplai prtein dan mineral dan kompos mensuplai vitamin ini mampu menaikan perkembangan cacing supaya tumbuh yang dengannya cepat.
Pemberian kompos pula mampu di berikan secara 100% yang dengannya campuran kompos batang pisang dan ampas tahu 1:1 Dan campur secara merata.
Pakan Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Penggemukan
Adapun pemberian pakan agar bisa cacing cepat gemuk yakni yang dengannya mengkombinasikan kotoran ternak yang dengannya daun lamtoro yang dengannya perbandingan 1:1 yang dengannya berat cacing tanah
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemberian pakan agan cukup memberikanya 1xdalam 24 jam yang dengannya perbandingan andai membudidayakan cacing seberat 3kg maka pakan yng di berikan 3kg mampu di lebihkan 5 ons supaya cacing bisa memakan secara merata.
Pemberian pakan Perlu di tabur rata pada tiap media dan sisakan ruang /2bagian peti seusai itu tutup media yang dengannya bahan plastic gelap ataupun mampu yang dengannya dedaunan supaya sinar tak menembus media.
Penggantian media cacing tanah
Dalam membudidayakan cacing tanah penggantian media pula Perlu di perhatikan, Penggantian media rata-rata di lakukan dalam waktu 2 Minggu sekali pada tatkala itu media telah menjadi tanah ataupun kascing (bekas cacing), kamu pula mampu melihat pada media andai sudah tidak sedikit telur yng disebut kokon maka segeralah ubah media yang dengannya yng baru. Hal ini bertujuan agar bisa cacing tetap mampu berkembang biak jadi secepatnya pisahkanlah antara telur cacing, anakan, dan induk ketempat media yng berbeda.
Proses Kelahiran Cacing Tanah
Seusai kokon-kokon di pisahkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tahap selanjutunya yakni kelahiran agan Perlu mempersiapkan media khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk sarang kokonm,agan mampu membuatnya mempergunakan media yang dengannya bahan kotoran hewan dedaunan,buah-buah yng telah membusuk dan limbah keluarga yang dengannya campuran kertas.
Seusai bahan-bahan di atas telah terkumpul potong-potong menjadi ukuran 2,5-3,5 cm lantas di tambah yang dengannya air aduk hingga bahan merata.andai telah tercampur seluruh bahan tadi lantas masukan kotoran hewan yang dengannya perbandingan 8:4 bagi atau bisa juga dikatakan untuk bahan campuran.
Hama dan Penyakit Cacing Tanah
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai kesuksesan dalam budidaya cacing tanah agan Perlu memperhatikan hama cacing tanah karena hama-hama ini yng mampu bikin merusak keberhasilan budidaya cacing.hama yng menyerang diantaranya yakni: semut, kumbang,lintah
Semut merah, semut ini akan menyerang pada pakan cacing tanah yng memiliki kandungan karbohidrat dan lemak. Padahal bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu menghasilkan cacing-cacing yng gemuk Amat butuh kedua zat ini. pencegahan agan mampu melakukan yang dengannya memberikan air di sekitar wadah pemeliharaan agar bisa semut-semut tak mampu menerobos masuk kedalam media
Lintah hama yng satu ini butuh di perhatikan secara jeli kapanpun hama yng bernama lintah ini mampu masuk ke dalam wadah kapanpun tanpa di duga-duga.litah ini bisa membunuh cacing tanah yang dengannya menghisap darah hingga habis, tips pencegahanya merupakan yang dengannya menaburkan tembakau di atas media
Hama kumbang Amat suka sekali yang dengannya media cacing tanah bagi atau bisa juga dikatakan untuk sarang bertelur,disaat telur-telur kumbang menetas dan larvanya akan mencari makan yng ada di media cacing tanah, namun hama yng satu ini Amat jarang sekali di temukan di media yang dengannya jumlah yng tidak sedikit ,namun andaikan keliatan kumbang berkeliaran di media buanglah segera dan bila butuh matikan biar tak kembali lagi.
Dan jenis-jenis hewan yng Amat menyukai cacing merupakan bebek, entog, kadal,angsa dan ular. Hewan-hewan yang telah di sebutkan agan bisa mencegah yang dengannya di buatkan pagar keliling ukuran 30cm agar bisa hewan yang telah di sebutkan tak mampu masuk.
Masa Panen Cacing Tanah
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisnis budidaya cacing tanah dari kokon sampai-sampai menjadi cacing mampu di panen dalam usia minimal 2,5 – 8 bulan, dari cacing tanah yng telah mencapai umur 2,5-3,5 bulan umumnya di perjual belikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk di jadikan bibit(indukan cacing tanah) dan cacing tanah yng berusia 3,5 bulan, tidak sedikit para peternak budidaya ikan lele yng membelinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk di jadikan bahan baku campuran pellet
Dan cacing tanah yng mencapai umur 7-8 bulan ini di perjual belikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembuatan bahan kosmetik dan industri menjadi bahan obat
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tips pemanenan cacing tanah agar bisa cacing keluar dari tanah agan cukup melakukan penerangan pada media yng akan di panen, yang dengannya tips semisal ini cacing-cacing akan keluar yang dengannya sedirinya karena dasarnya memang cacing Amat sensitif yang dengannya cahaya dan hawa panas
Dalam rangka panen cacing tanah lakukanlah 2 tahapan penyortiran unggul dan menengah, penyortiran jenis unggul merupakan dimana masa pemanenan cacing tanah telah mencapai ukuran maximal yng telah memiliki panjang 7-10 cm.
Dan bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis menengan yakni cacing di panen yang dengannya berukuran 4-6cm,dalam pemanenan ukuran ini Amat cocok di jadikan pakan ternak maupun pemancingan. Dan yng mencapai ukuran 7-10 telah saya terangkan tadi di atas
Nah itulah tidak banyak pemaparan tips budidaya cacing tanah mulai dari awal sampai-sampai proses panen sekian dan tunggu artikel-artikel lainya dari budidaya7.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://budidaya7.blogspot.com/2016/09/budidaya-cacing-tanah.html.

Seputar Cara Budidaya Cacing Tanah Terbaru Secara Lengkap dan Benar

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Budidaya Cacing Tanah Terbaru Secara Lengkap dan Benar