Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang dan Merawat Burayak, Usaha Sampingan

- September 14, 2017

Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang dan Merawat Burayak, Usaha Sampingan

 
Di artikel ini saya akan memposting bagaimana tips budidaya ikan cupang, yng adalah satu dari sekian banyaknya ikan hias yng gampang dipelihara. Budidaya ikan cupang tak memerlukan tempat luas dan modal yng besar. Mampu di lakukan menjadi bisnis rumahan yng menguntungkan, dan Amat cocok buat kamu yng super sibuk yang dengannya pekerjaan lain kamu, lantaran bisnis ini tak butuh waktu yng terlalu menekan pada ke hidup-an kamu.
Jadi saya intro berlebi dahulu mengenai ikan cupang ini, supaya nantinya kamu mempunyai pengetahuan cukup ihwal bisnis yng kamu jalani ini. Ikan cupang merupakan ikan air tawar dari daerah tropis. Tidak sedikit didapati di perairan Asia Tenggara, salah satunya negara kita ini, Indonesia.
Di alam bebas ikan ini hidup berkelompok. Habitatnya tidak sedikit di temukan di rawa-rawa, danau, dan sungai yng arusnya tenang. Ikan yng tidak sedikit peminatnya ini pula salah satunya bisnis yng menjanjikan loh. Lantaran peminatnya tergolong tak mengenal kalangan, entah itu anak-anak sampai-sampai orang dewasa sekalipun (salah satunya penulis sendiri). Andai kamu tertarik, lihat pula tulisan atau artikel saya ihwal bisnis kreatif berbudidaya jamur tiram hasil melimpah.
Baiklah, barangkali cukup itu saja intro ihwal ikan cupang ini, dan langsung saja kita menuju bahasan utama dari tulisan atau artikel ini. Simak baik-baik cara di bawah, dan siapa tau kamu tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencobanya.
Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang dan Merawat Burayak, Usaha Sampingan
sumber: google.com

Berikut langkah-langkah bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidaya ikan cupang yang dengannya perawatannya. 1. Siapkan Indukan Cupang
Indukan cupang yng benar'' siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk di budidaya umumnya usia 4-8 bulan. Dan ciri-ciri bagi atau bisa juga dikatakan untuk cupang jantan yng telah siap kawin itu semisal:
  • Tidak sedikit mengeluarkan busa, umumnya menempel di dinding aquarium.
  • Warna lebih mencolok dan gelap.
  • Badan dan sirip telah besar dan lebar.
  • Terlihat proaktif dan galak andai disandingkan yang dengannya ikan cupang yng lain.
Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk ciri-ciri ikan cupang betinayang telah siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibudidayakan yakni antara lain semisal berikut: lihat pula: kesempatan bisnis menjanjikan dari budidaya ikan gurame
  • Badan terlihat besar, itu dikarenakan bagian perut telah buncit, yng menandakan ikan telah tidak sedikit sel telur yng siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk di buahi.
  • Warna kusam dan tak menarik. Lantaran ikan cupang betina memanglah jauh berbeda andai dibandingkan yang dengannya ikan cupang jantan.

2. Siapkan Wadah Pemijahan
Wadah bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemijahan cupang itu tak butuh besar, cukup akuarium mini ataupun toples, dan mampu pula baskom. Terserah kamu mau pilih yng mana. lantas isi wadah yang dengannya air secukupnya, dan jangan tidak ingat, kamu mampu menaruh tanaman air semisal enceng gondok agar bisa nantinya bisa menjadi tempat busa pejantan.
3. Penjodohan Ikan Cupang
Proses selanjutnya merupakan menjodohkan berlebi dahulu cupang jantan dan betina, supaya nantinya cupang tak berkelahi disaat telah di jadikan dalam satu wadah.
Pertama kamu masukkan ikan cupang jantan ke dalam wadah pemijahan yng sudah di sediakan, andai wadah yng kamu genakan toples kaca bening, maka kamu butuh 2 buah toples kaca bening, yng satunya buat si betina.
Dekatkan kedua toples dalam beberapa hari, supaya kedua indukan saling mengenal dulu. Dan andai si jantan telah mengumpulkan busa yng tidak sedikit, dan kelihatan kedua indukan telah saling merespon, masukkan cupang betina ke dalam wadah pejantan secara pelan''.
Dan tunggu sampai-sampai beberapa hari sampai-sampai busa si jantan terisi yang dengannya telur putih kecil-kecil. Dan itulah hasil telur dari ikan cupang ini. Andai Busa telah terisi yang dengannya telur, dan si betina di kejar'' percis cupang jantan, maka kamu Perlu segera mengangkat cupang betina ke wadah yng lain. Biarkan cupang jantan yng melindungi telur cupang sampai-sampai menjadi burayak.
4. Telur Menetas dan Merawat Burayak
Andai telur telah menetas dan menjadi burayak seluruh (ini umumnya cuma butuh waktu satu hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk telur menetas menjadi burayak), pejantan jangan dulu di pindahkan ke tempat lain, lantaran burayak masih belum mampu berenang bebas dan Suka jatuh ke dasar wadah. Dan disinilah pejantan beraksi menjadi bapak dari burayak, ia akan membawa burayak ke atas lagi supaya burayak memperoleh oksigen.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakan, burayak yng masih berumur 1 sampai-sampai 2 hari masih mempunyai simpanan nutrisi pada tubuhnya, jadi selama 2 hari yang telah di sebutkan tak usah diberi pakan. Dan seusai umur 3 hari keatas, kamu mampu memberikan burayak pakan berupa kutu air. Andai kamu kesulitan menjumpai kutu air, kamu mampu mempergunakan telur ayam rebus, dan diambil kuning telurnya saja. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakan anakan ikan cupang yng berumur satu minggu bisa dikasih makan air kol (air hasil rendaman sayur kol) lantaran air hasil rendaman sayur kol memiliki kandungan plankton ataupun mampu pula diberi makan jentik nyamuk yng telah disaring. Dan pada waktu ini, angkat pejantan ikan cupang, dan pindahkan ketempat lain. Seputar usaha bisnis ikan, saya rekomendasikan Usaha beternak lele yang dengannya kolam terpal.
Merawat Ikan Cupang
Andai anakan cupang telah berumur satu bulan keatas, kamu Perlu memisahkan anakan cupang supaya tak saling serang satu percis lain. Pisahkan pada wadah-wadah kecil semisal botol obat ataupun botol minuman yng terbuat dari kaca.
Pemberian pakan tak butuh sering-sering, cukup 2 kali sehari. Dan bagi atau bisa juga dikatakan untuk makanan ikan cupang dewasa, kamu mampu mempergunakan konsentrat ataupun voer ikan hias yng tidak sedikit dijual di toko ikan hias terdekat. Kasih pula pakan alami ikan berupa cuk nyamuk ataupun cacing sutera.
Sekian tulisan atau artikel ihwal tips gampang budidaya ikan cupang ini. Andai kamu terasa tertarik yang dengannya tulisan atau artikel ini, silahkan kamu share ke sosial media kamu. Siapa tahu sahabat kamu yng lagi butuh ide bisa terinspirasi dari tulisan atau artikel yng kamu share ini. Sekalian itu salah satunya penyemangat saya bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih baik lagi dan terus mengupdate blog ini yang dengannya artikel-artikel bisnis lain-lainnya.

Sumber rujukan dan gambar : http://usaha-ternakbudidaya.blogspot.com/2014/12/cara-mudah-budidaya-ikan-cupang-dan.html.

Seputar Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang dan Merawat Burayak, Usaha Sampingan

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang dan Merawat Burayak, Usaha Sampingan