Cara Mengatasi Amonia Pada Kandang Ayam

- Agustus 30, 2017

Cara Mengatasi Amonia Pada Kandang Ayam

 
Ternak Pertama - Cara Mengatasi Amonia Pada Kandang Ayam - Masalah klasik pada peternakan ayam merupakan bau yng berasal dari kotoran serta pertumbuhan lalat yng tak terkendali. Bau kotoran mampu memicu timbulnya masalah sosial, khususnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk sangkar yng dekat yang dengannya hunian/perumahan. Kasus yng tidak sedikit dijumpai di tempat peternakan yakni peternakan terancam ditutup lantaran masalah bau serta lalat menimbulkan ketidaknyamanan warga atau juga bisa dikatakan masyarakat sekitar, belum lagi yang dengannya munculnya aneka macam penyakit pernapasan yng menimpa ayam akibat dipicu oleh bau sangkar yang telah di sebutkan.
Penyebab Bau Kandang Pada peternakan ayam, sangkar yng berbau menyengat utamanya bersumber dari gas amonia (NH3) yng diperoleh kotoran ayam. Walau sebetulnya dari kotoran ayam mampu terurai gas beracun lain semisal H2S, CO2, serta metana, akan tetapi di antara gas beracun yang telah di sebutkan yng paling tidak sedikit memicu masalah bagi kebugaran atau kesehatan serta produktivitas ayam, dan pemukiman merupakan amonia. Pendapat dari hasil penelitian, dalam satu hari, seekor ayam rata-rata mampu mengeluarkan kotoran sebanyk 0,15 kg, serta dari total kotoran yang telah di sebutkan umumnya terkandung nitrogen 2,94%. Sisa nitrogen ini dia yng nantinya akan menjadi sumber amonia.
Cara Mengatasi Amonia Pada Kandang Ayam
Cara Mengatasi Amonia Pada Kandang Ayam
Selain faktor suhu serta kelembaban, ada faktor lain yng turut dan menaikan akumulasi gas amonia, di antaranya akibat sirkulasi udara dalam sangkar yng tak lancar, populasi ayam yng terlalu padat, dan manajemen pemeliharaan ayam yng tidak lebih baik.
Kasus yng tidak sedikit dijumpai antara lain pada sangkar postal kotoran ayam menumpuk sampai-sampai berminggu-minggu, padahal alas kandangnya tipis serta telah Amat lembab/belum diganti ataupun ditambah litter baru. Demikian pula pada sangkar layer produksi (sangkar batre) terkadang kotoran di kolong sangkar menumpuk serta di kenai air, baik air minum ataupun air hujan, menjadikan memicu bau yng Amat menyengat.
Pengaruh Amonia Terhadap Kebugaran atau kesehatan Ternak Gas amonia memiliki daya iritasi tinggi bagi ternak, lebih-lebih ternak ayam, menjadikan mampu menimbulkan infeksi penyakit pernapasan serta menurunkan produktivitas ternak.


Bagaimana mengatasi amonia serta lalat di sangkar?


Peternak Perlu mampu mengendalikan kadar amonia di sangkar melalui aneka macam tindakan antara lain:

Cegah fenomena wet dropping (kotoran basah) ataupun diare

Amonia akan cepat terbentuk andai kondisi kotoran basah serta lembab. Cara pencegahannya yakni yang dengannya:
  • Mengatasi kasus infeksi pencernaan (penyakit necrotic entritis, koksidiosis, colibacillosis, dll) yng menyerang ayam yang dengannya segera
  • Menyesuaikan asupan protein serta garam dalam ransum yang dengannya kebutuhan ayam.

Perbaiki manajemen pemeliharaan
Tatakelola pemeliharaan ternak butuh diperbaiki semisal pemilihan liter yng baik, tatacara pemberian minum, mengatur kepadatan sangkar, mengatur sirkulasi udara agar bisa udara lancar dll. Lakukan manajemen pemeliharaan secara terpadu antara lain yang dengannya mengatur sirkulasi udara (membuka tirai sangkar), menambah sekam baru (bagi atau bisa juga dikatakan untuk sangkar postal), memberikan kapur lantas mengeruk kotoran ayam (bagi atau bisa juga dikatakan untuk sangkar panggung), serta mempergunakan bahan tertentu yng bisa atau mampu bekerja mengurangi amonia semisal MEGA FreshTM ataupun GAFPROTECTM yng bisa atau mampu mengurangi Amoniak, MUSCAGAVTM, TOP KILLERTM, ataupun RALAT (Racun Lalat)TM,yng adalah obat anti lalat. Andai diharapkan genakan CRD-PlusTM baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk pencegahan ataupun pengobatan penyakit pernafasan serta pencernaan. Obat-obat yang telah di sebutkan tersedia di ternakpertama.com
Kesimpulan Kualitas udara Amat memberi pengaruh kondisi lingkungan dunia secara luas dan mengganggu kenyamanan hidup ayam di dalam sangkar. Andai kualitas udara baik, maka ayam pun mampu tumbuh serta berproduksi yang dengannya baik. Demikian juga sebaliknya. Oleh lantaran itu, peternak wajib mengurangi konsentrasi gas amonia yng bisa atau mampu menurunkan kualitas udara di lingkungan sangkar.
Tulisan atau artikel terkait:
  • Bahaya Amonia Terhadap Ayam Petelur serta Broiler

Produk Ternak Pertama :
  • Jual Pullet Mempunyai kualitas Super
  • Jual Kandang Baterai Ayam Petelur Murah Anti Karat
  • Jual Sarana serta Prasarana Unggas Mempunyai kualitas
  • Jual Pakan Ayam Broiler
Andai Berminat serta butuh bantuan kami dalam hal pembelian produk peternakan, kami siap membantu kamu yang dengannya senang hati melalui

  • Email : ternakpertamaku@gmail.com

*Setiap Pembelian produk akan disertai bonus Ebook Peternakan serta Konsultasi Gratis FS 8:16 AM

Sumber rujukan dan gambar : http://www.ternakpertama.com/2016/11/cara-mengatasi-amonia-pada-kandang-ayam.html.

Seputar Cara Mengatasi Amonia Pada Kandang Ayam

Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Cari Artikel Selain Cara Mengatasi Amonia Pada Kandang Ayam